Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen yang bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui pembelajaran menggunakan etnosains. Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design dengan sampel penelitian berjumlah 37 orang siswa kelas IX di salah satu SMP Negeri Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022 yang dipilih menggunakan teknik probality sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes yang terdiri dari 10 butir soal dalam bentuk essay. Data dianalisis dengan menghitung data skor rata-rata gain (N-gain) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang diukur dengan menggunakan microsoft excel. Data hasil penelitian kemudian dianalisis secara statistik dengan melakukan pengujian terhadap nilai pretest dan posttest siswa dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t berpasangan (paired sample t-test) dengan menggunakan progam IBM SPSS statistic versi 25. Hasil rata-rata N-gain yang diperoleh adalah 0,33 dan  berada pada kategori peningkatan sedang. Hasil uji hipotesis pada uji-t diketahui taraf signifikannya sebesar 0,001, lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yang berarti bahwa H0 ditolak. Hasil uji ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan etnosains dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA menggunakan etnosains dalam pembuatan tapai dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi bidang pangan.


 


Kata kunci : Pembelajaran Etnosains, Hasil Belajar Siswa, Bioteknologi


 


ABSTRACT


 


This research is a pre-experimental quasi research that aims to describe the improvement of learning outcomes through ethnoscience-based science learning. The research design used was a one group pretest-posttest design with a research sample of 37 grade IX students at one of the Bengkulu City State Junior High Schools for the 2021/2022 academic year which were selected using a probability sampling technique. The data collection technique was carried out using a test consisting of 10 questions in the form of an essay. The data were analyzed by calculating the average gain score (N-gain) to determine the increase in student learning outcomes as measured by using Microsoft Excel. The research data were then analyzed statistically by testing the students' pretest and posttest scores by performing a normality test, homogeneity test, and paired sample t-test using the IBM SPSS statistic version 25 program. The average results were N The gain obtained is 0.33 and is in the moderate increase category. The results of hypothesis testing on the t-test are known to have a significance level of 0.01, smaller than a significance level of 0.05, which means that H0 is rejected. The results of this test indicate that ethnoscience-based science learning can improve student learning outcomes with a significant difference between before and after learning. The results of this study indicate that ethnoscience-based science learning in the manufacture of tapai can improve student learning outcomes in biotechnology materials in the food sector.


 


Keywords: Ethnoscience Learning, Student Learning Outcomes, Biotechnology

Article Details

How to Cite
Rosa, A., Nirwana, N., Setiawan, I., Wardana, R. W., & Sakti, I. (2022). PENGGUNAAN ETNOSAINS DALAM PEMBUATAN TAPAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BIOTEKNOLOGI BIDANG PANGAN KELAS IX SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(1), 23–29. https://doi.org/10.33369/diksains.3.1.23-29

References

  1. Arlianovita, D., Setiawan, B., & Sudibyo, E. (2015). Pendekatan Etnosains dalam Proses Pembuatan Tempe terhadap Kemampuan Literasi Sains. Seminar Nasional Fisika Dan Pembelajarannya, 101–107.
  2. Astuti, B., & Linuwih, S. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Etnosains Tema Pemanasan Global untuk Peserta Didik SMP Kelas VII. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(1), 53–59.
  3. Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). MELALUI PEMBELAJARAN SAINTIFIK membentuk siswa untuk dapat menghadapi Co-operation and Development ) merupakan melakukan Programme for International Student Assesstment ( PISA ) setiap tiga tahun dalam Pasal 3 UU No . 20 tentang Sistem tentang pengembangan manusia yang. 04(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91
  4. Dinissjah, M. J., Nirwana, N., & Risdianto, E. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Etnosains Dalam Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 99–104. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.99-104
  5. Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113
  6. Nailiyah, M. R., Subiki, & Wahyuni, S. (2016). Pengembangan Modul Ipa Tematik Berbasis Etnosains Kabupaten Jember Pada Tema Budidaya Tanaman Tembakau Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember, 5(3), 261–269.
  7. Perangkat, P., Ipa, P., & Di, T. (2012). Journal of Innovative Science Education. 1(1).
  8. Rosyidah, A. N., Sudarmin, & Siadi, K. (2013). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Etnosains Zat Aditif Dalam Bahan Makanan Untuk Kelas Viii Smp Negeri 1 Pegandon Kendal. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(1), 133–139.
  9. Shidiq, A. R. I. S., Ulimaz, A., Si, S., & Pd, M. (n.d.). Related papers.
  10. Syafei, I. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 133–140. https://doi.org/10.15575/psy.v2i2.454
  11. Wati, E. (2021). Studi Literatur : Etnosains Dalam Pembelajaran Sains. Skripsi, 1.