Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD berbasis discovery learning berbantuan virtual laboratory PhET pada materi kalor untuk SMP kelas VII. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) model 4-D, dengan pembatasan isi pada tahap develop yaitu uji penggunaan produk secara terbatas oleh peserta didik, sedangkan tahap disseminate yaitu penyebaran hasil penelitian yang dipublikasi dalam jurnal ilmiah dan sosial media berupa link. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan angket yang diberikan kepada guru dan peserta didik. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli dan angket respon peserta didik untuk mengetahui kelayakan serta respon peserta didik terhadap E-LKPD yang dikembangkan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Validasi produk E-LKPD dilakukan oleh 2 ahli materi, 2 ahli media dan 2 praktisi. Uji penggunaan E-LKPD dilakukan di SMPN 1 Kota Bengkulu dengan subyek penelitian yang terdiri dari 20 peserta didik kelas VII. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan memperoleh rata-rata penilaian sebesar 0,97 dalam kategori validitas tinggi. Sedangkan respon peserta didik terhadap bahan ajar E-LKPD diperoleh persentase rata-rata sebesar 94,32% dalam kategori sangat baik. Simpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan dinyatakan layak oleh tim ahli dan mendapat respon positif dari peserta didik untuk dilanjutkan dalam uji coba skala luas untuk melihat efektivitas produk.


 


Kata kunci : E-LKPD, Articulate Storyline, Discovery Learning, Virtual Laboratory PhET.


 


ABSTRACT


 


This study aims to produce an E-LKPD based on discovery learning assisted by a virtual laboratory PhET on heat material for VII grade of Junior High School (SMP). The research’s type applied is a 4-D model of Research and Development, with content restrictions at the develop stage, namely testing the use of products on a limited basis by students, while the disseminate stage is the dissemination of research results published in scientific journals and social media in the form of links. Data collection techniques used were in the form of interviews and questionnaires given to teachers and students. The instrument for data collection were experts’ validation sheets and students’ response questionnaires to determine the feasibility and also student responses to the developed E-LKPD. The data analysis technique was carried out in a qualitative descriptive manner. E-LKPD product validation was carried out by 2 material experts, 2 media experts and 2 practitioners. The test on the use of E-LKPD was carried out at SMPN 1 Bengkulu City with research subjects consisting of 20 students from VII grade. Based on the results of the study, it can be concluded that the developed E-LKPD has obtained an average rating of 0.97 in the high validity category. Meanwhile, the students' responses to the E-LKPD teaching materials obtained an average percentage of 94.32% in the very good category. The conclusions of the results in this study have indicated that the developed E-LKPD was declared feasible by a team of experts and have received a positive response from students to be continued in a large-scale trial to evaluate the effectiveness of the product.


 


Keywords: Articulate Storyline, Discovery Learning, E-LKPD, Virtual Laboratory PhET.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pangesti, F. P., Karyadi, B., Uliyandari, M., Sutarno, S., & Nirwana, N. (2022). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN VIRTUAL LABORATORY PhET PADA MATERI KALOR UNTUK SMP KELAS VII. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.33369/diksains.3.1.30-38

Referensi

  1. Adyan, Faiz Brikinzky, Andik Purwanto, dan Nirwana Nirwana. 2019. “Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Discovery Learning Berbantuan Virtual Laboratory.” Jurnal Kumparan Fisika 2(3): 153–60.
  2. Karyadi, B., A. Ruyani, Sipriyadi, dan H. Johan. 2018. “Impact of Outdoor Learning by Step Introduction, Exploration, and Interpretation (IEI) Based on Environment on Students’ Critical Thinking.” Journal of Physics: Conference Series 1116(5).
  3. Mustika, Reni, Abdul Rahman Singkam, dan Bhakti Karyadi. 2019. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Lingkungan Sekitar Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Smp Tentang Konsep Identifikasi Makhluk Hidup.” Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 3(2): 174–84.
  4. Perdana, Akbar, Siswoyo Siswoyo, dan Sunaryo Sunaryo. 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning Berbantuan Phet Interactive Simulations Pada Materi Hukum Newton.” WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika) 2(1).
  5. Pratiwi, S N., Cari, C., Aminah, N, S. 2019. “Pembelajaran IPA Abad 21 Dengan Literasi Sains Siswa.” Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (jmpf) 9: 34–42.
  6. Prianoto, Alfa Dina, dan Fakhili Gulo. 2017. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (lkpd) Interaktif Kimia Untuk Pembelajaran Struktur Atom Di Kelas X SMA.” Jurnal Penelitian Kimia 4: 88–96.
  7. Prihatiningtyas, S., Prastowo, T., dan Jatmiko, B. 2013. “Implementasi Simulasi Phet Dan Kit Sederhana Untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pokok Bahasan Alat Optik.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 2(1): 18–22.
  8. Putri, Ardelia Nabila, Vina Serevina, dan Agus Setyo Budi. 2019. “Lembar Kerja Elektronik Peserta Didik Dilengkapi Simulasi Phet Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa Sma.” VIII: 135–42.
  9. Sintia, R., A. Abdurrahman, dan I. Wahyudi. 2015. “Pengembangan Lks Model Discovery Learning Melalui Pendekatan Saintifik Materi Suhu Dan Kalor.” Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung 3(2): 119696.
  10. Uliyandari, Mellyta, dan Elly Efrida Lubis. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Dan Media Alat Peraga (Gunung Berapi) Pada Mata Pelajaran IPA SDN 013 Bengkulu Utara.” PENDIPA Journal of Science Education 4(2): 74–78.
  11. Ulyana. 2019. “Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran Pengembangan Video Pembelajaran Kalor Untuk Siswa Kelas Vii.” Jinotepe (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran) 5(2) 81–86.
  12. Wuryaningsih, Retna et al. 2014. “Penerapan Pembelajaran Fisika Dengan Media Simulasi PhET Pada Pokok Bahasan Gaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA SMPN 6 Yogyakarta.” (April): 400–402.
  13. Yulia, Irma, Connie Connie, dan Eko Risdianto. 2018. “Pengembangan LKPD Berbasis Inquiry Berbantuan Simulasi Phet Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Gelombang Cahaya Di Kelas XI MIPA SMAN 2 Kota Bengkulu.” Jurnal Kumparan Fisika 1(3): 64–70.