Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku saku kura-kura Sumatera yang layak dan baik untuk peserta didik. Pengambilan data kura kura Sumatera dilakukan di area konservasi kura kura Universitas Bengkulu dan sumber belajar ilmu hayati (SBIH). Media pembelajaran buku saku yang disusun terkait Kompetensi dasar (KD) 3.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian didapat 10 spesies kura kura Sumatera hasil dari klasifikasi dan karakteristik yaitu: Kura Batok/ (Caura amboinensis), Kura Duri/ (Heosemysspinosa), Kura Ceper/ (Notochelys platyota), Kura pipi putih/(Siebenrockiella crassiocollis), Kura Baning Coklat/ (Manouria emy)s, Kura Daun/ (Cyclemys dentata), Kura Byuku/ (Orlitia borneensis), Kura Raksasa Cantor/ (Pelochelys cantorii), Labi hutan/ (Dogania subplana), Labi Bulus/ (Amyda  cartilagenia). Uji kelayakan media pembelajaran berupa buku saku ini di dilakukan oleh validator ahli materi dan ahli media, ahli validator materi menilai sangat valid (0,87%) dan ahli validator media menilai sangat valid (0,9,5). Dengan uji keterbacaan terhadap 11 peserta didik di SMPN 13 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil validasi tersebut, media pembelajaran buku saku yang dikembangkan ini sangat valid.


Kata kunci : Mengklasifikasi Mahluk hidup, Karakteristik Kura kura Sumatera, Media Pembelajaran Buku saku.


 


ABSTRACT


 


This study aims to produce a suitable and good Sumatran tortoise pocket book product for students. Data collection for Sumatran tortoises was carried out at the Bengkulu University turtle conservation area and life science learning resource (SBIH). Pocket book learning media arranged related (KD) 3.2 Classifying living things and objects based on the observed characteristics. Based on the research results obtained 10 species of Sumatran tortoise as a result of classification and characteristics that is: Kura Batok/ (Caura amboinensis), Kura Duri/ (Heosemysspinosa), Kura Ceper/ (Notochelys platyota), Kura pipi putih/ (Siebenrockiella crassiocollis), Kura Baning Coklat/ (Manouria emys), Kura Daun/ (Cyclemys dentata), Kura Byuku/ (Orlitia borneensis), Kura Raksasa Cantor/ (Pelochelys cantorii), Labi hutan/ (Dogania subplana), Labi Bulus/(Amyda  cartilagenia). The feasibility test of the learning media in the form of a pocket book was carried out by material expert validators and media experts, material validator experts rated it very valid (0.87%) and media validator experts rated it very valid (0.9,5). With a readability test on 11 students at SMPN 13 Bengkulu City. Based on the validation results, the developed pocket book learning media is very valid.


 


Keywords : Classifying Living Things, Characteristics of Sumatran Tortoises, Pocket Book Learning Media.

Article Details

How to Cite
Priadi, U., Ruyani, A., Parlindungan, D., Sutarno, S., & Karyadi, B. (2022). PENGEMBANGAN BUKU SAKU KURA-KURA SUMATERA BERDASARKAN KOLEKSI HIDUP DI UNIVERSITAS BENGKULU GUNA MEMBANTU PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMP. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(1), 39–48. https://doi.org/10.33369/diksains.3.1.39-48

References

  1. Arianti, Y., Ruyani, A., Jumiarni, D., Rahman, A., Ansori, I., & Abas, A. (2022). Pembuatan Buku Saku Berdasarkan Keragaman Kura-Kura Sumatera di Universitas Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 107-116.
  2. Asyhari, A., & Silvia, H. (2016).Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13
  3. Awaludin, M. T., & Rostikawati, R. T. (2020). Pengembangan Buku Saku Materi Mamalia Di Taman Margasatwa Ragunan Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 54-60.
  4. Bella, A., Ruyani, A., & Yennita, Y. (2020). LKPD Berbasis Discovery Learning Berdasarkan Keragaman Kura-kura Sumatera di Universitas Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 4(1), 40- 46..
  5. Hidayati, N., Sulistyani, D., & Rahardjo, D. T. (2013). Perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pocket book dan tanpa pocket book pada materi kinematika gerak melingkar kelas X. 1(1), 164–172.
  6. Karyadi, B., Ruyani, A., Sundaryono, A., Parlidungan, D., & Aswin, P. (2021, March). The Heosemys Spinosa Monitoring Model in Conservation Areas as the Conservation Practicum for Postgraduate Science Education in Bengkulu University.In International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020) (pp. 103-107).Atlantis Press.
  7. Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI.Jurnal Media Infotama, 14(1).
  8. Nurhayati, E. (2019). Penerapan buku saku dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pasca gempa bumi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 94-99.
  9. Trisna, D. M., Ruyani, A., & Yennita, Y. (2018). Pengembanagn Lembar Kerja Peserta Didik Untuk Menilai Kecendrungan Berprilaku Konservasi Kurakura. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 102-107.