Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik sumber belajar yang berupa LKPD berbasis literasi sains, dan untuk mengetahui kelayakan dari LKPD, serta untuk mengethui respon siswa terhadap LKPD berbasis literasi sains yang dikembangkan. Dari penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis literasi sains pada materi nutrisi kelas VIII yang dapat membuat siswa tetarik untuk belajar dan lebih mudah dalam memahami suatu materi. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model 4D (define, design, develop,dan disseminate) yang dibatasi sampai 3D (define, design, develop). Untuk kelayakan dari para ahli menggunakan rumus aiken v dan realibilitas. Data berasal dari proses validasi oleh ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa. Dari hasil rekapitulasi yang didapat dari data untuk kesepakatan ahli menunjukan kriteria Valid dan untuk reliabilitas berada pada katagori baik sekali.
Kata kunci: LKPD, Literasi sains, Gizi dan Kesehatan.
ABSTRACT
This research is research development ( R &D) which aims to describe the characteristics of learning resources in the form of student worksheets based on scientific literacy and to find out the feasibility of the student worksheets and to find out student responses to the developed scientific literacy-based student worksheets. From this research resulted of student worksheets based on science literature on nutrition materials for class VIII which can make students interested in learning and easier to understand a material. This development research was carried out using a 4D model (define, design, development,dan disseminate) limited to 3D (define, design, development). For the feasibility of the experts using the AIken v formula and reliability. The data comes from a validation process by design experts, materials experts, and linguists. From the recapitulation results obtained from the data for expert agreement, it shows that the criteria are valid and for reliability is in the very good category.
Keywords: student worksheet, scientific literacy, nutrition and health.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2022 Authors

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
DIKSAINS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
- Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Melalui Pembelajaran Saintifik membentuk siswa untuk dapat menghadapi Co-operation and Development ) merupakan melakukan Programme for International Student Assesstment ( PISA ) setiap tiga tahun dalam Pasal 3 UU No . 20 tentang Sistem tentang pengembanga. 04(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91
- Azmy, B., & Juniarso, T. (2020). Instrumen Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 10(1), 1–10. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v10i1.6097
- Ekantini, A., & Wilujeng, I. (2018). The development of science student worksheet based on education for environmental sustainable development to enhance scientific literacy. Universal Journal of Educational Research, 6(6), 1339–1347. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060625
- Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Efektivitas virtual lab berbasis STEM dalam meningkatkan literasi sains siswa dengan perbedaan gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 190. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8570
- Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612
- Shaleha, U., Hairida, & Melati, H. A. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (e-lkpd) berbasis literasi sains pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Untan, 1(1), 18–26. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/EduChem
- Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D (Retno Ayu Kusumaningtyas (ed.)). Bumi Aksara.
- Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
- Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. BioEdu, 10(3), 605–616.
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Melalui Pembelajaran Saintifik membentuk siswa untuk dapat menghadapi Co-operation and Development ) merupakan melakukan Programme for International Student Assesstment ( PISA ) setiap tiga tahun dalam Pasal 3 UU No . 20 tentang Sistem tentang pengembanga. 04(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91
Azmy, B., & Juniarso, T. (2020). Instrumen Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 10(1), 1–10. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v10i1.6097
Ekantini, A., & Wilujeng, I. (2018). The development of science student worksheet based on education for environmental sustainable development to enhance scientific literacy. Universal Journal of Educational Research, 6(6), 1339–1347. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060625
Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Efektivitas virtual lab berbasis STEM dalam meningkatkan literasi sains siswa dengan perbedaan gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 190. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8570
Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612
Shaleha, U., Hairida, & Melati, H. A. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (e-lkpd) berbasis literasi sains pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Untan, 1(1), 18–26. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/EduChem
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D (Retno Ayu Kusumaningtyas (ed.)). Bumi Aksara.
Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. BioEdu, 10(3), 605–616.