Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D) yang bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik sumber belajar yang berupa LKPD berbasis literasi sains, dan untuk mengetahui kelayakan dari LKPD, serta untuk mengethui respon siswa terhadap LKPD berbasis literasi sains yang dikembangkan. Dari penelitian ini menghasilkan LKPD berbasis literasi sains pada materi nutrisi kelas VIII yang dapat membuat siswa tetarik untuk belajar dan lebih mudah dalam memahami suatu materi. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan model 4D (define, design, develop,dan disseminate)  yang dibatasi sampai 3D (define, design, develop). Untuk kelayakan dari para ahli menggunakan rumus aiken v dan realibilitas. Data berasal dari proses validasi  oleh ahli desain, ahli materi, dan ahli bahasa. Dari  hasil rekapitulasi  yang didapat dari data untuk kesepakatan ahli menunjukan kriteria Valid dan untuk reliabilitas berada pada katagori baik sekali.


                                                                                                                                      


Kata  kunci: LKPD, Literasi sains, Gizi dan Kesehatan.


 


ABSTRACT


 


This research is research development  ( R &D) which aims to describe the characteristics of learning resources in the form of student worksheets based on scientific literacy and to find out the feasibility of the student worksheets and to find out student responses to the developed scientific literacy-based student worksheets. From this research resulted of student worksheets based on science literature on nutrition materials for class VIII which can make students interested in learning and easier to understand a material. This development research was carried out using a 4D model (define, design, development,dan disseminate) limited to 3D (define, design, development). For the feasibility of the experts using the AIken v formula and reliability. The data comes from a validation process by design experts, materials experts, and linguists. From the recapitulation results obtained from the data for expert agreement, it shows that the criteria are valid and for reliability is in the very good category.


 


Keywords: student worksheet, scientific literacy, nutrition and health.

Article Details

How to Cite
Putri, J. A., Winarni, E. W., Yani, A. P., Karyadi, B., & Setiawan, I. (2022). PENGEMBAGAN LKPD BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI NUTRISI KELAS VIII. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(1), 49–56. https://doi.org/10.33369/diksains.3.1.49-56

References

  1. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
  2. Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Melalui Pembelajaran Saintifik membentuk siswa untuk dapat menghadapi Co-operation and Development ) merupakan melakukan Programme for International Student Assesstment ( PISA ) setiap tiga tahun dalam Pasal 3 UU No . 20 tentang Sistem tentang pengembanga. 04(2), 179–191. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91
  3. Azmy, B., & Juniarso, T. (2020). Instrumen Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 10(1), 1–10. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v10i1.6097
  4. Ekantini, A., & Wilujeng, I. (2018). The development of science student worksheet based on education for environmental sustainable development to enhance scientific literacy. Universal Journal of Educational Research, 6(6), 1339–1347. https://doi.org/10.13189/ujer.2018.060625
  5. Ismail, I., Permanasari, A., & Setiawan, W. (2016). Efektivitas virtual lab berbasis STEM dalam meningkatkan literasi sains siswa dengan perbedaan gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 190. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8570
  6. Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9(1), 34–42. https://jurnal.uns.ac.id/jmpf/article/view/31612
  7. Shaleha, U., Hairida, & Melati, H. A. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik (e-lkpd) berbasis literasi sains pada materi pencemaran lingkungan. Jurnal Untan, 1(1), 18–26. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/EduChem
  8. Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D (Retno Ayu Kusumaningtyas (ed.)). Bumi Aksara.
  9. Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592
  10. Zahroh, D. A., & Yuliani. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. BioEdu, 10(3), 605–616.