Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Metode Analisis ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan siswa dan guru terhadap bahan ajar Handout berbasis model pembelajaran kontekstual dan kooperatif (KOKO) pada materi sistem organisasi kehidupan. Model analisis kebutuhan yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan membagikan lembar instrumen angket kebutuhan kepada siswa kelas VII dan kepada guru IPA SMPN 1 Kota Bengkulu. Selanjutnya menganalisis kebutuhan pengembangaan terhadap bahan ajar Handout materi Sistem Organisasi Kehidupan dan mempublikasikan artikel ilmiah pada jurnal nasional. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pengembangan Handout materi ajar sistem Organisasi Kehidupan berbasis pembelajaran KOKO (Kontekstual dan Kooperatif) diperoleh hasil rata-rata tanggapan 20 siswa dari kebutuhan siswa sebesar 78%. Kemudian berdasarkan analisis kebutuhan guru terhadap kebutuhan akan pengembangan bahan ajar Handout yaitu diperoleh hasil rata-rata sebesar 90%.


 


Kata  kunci : Analisis Kebutuhan, Handout, Pembelajaran KOKO  


 


ABSTRACT


 


This analysis aims to determine the needs of students and teachers for the Handout teaching materials based on the contextual and cooperative learning model (KOKO) on the material organization of life systems. The needs analysis model used in this study was to distribute needs questionnaires to seventh grade students and to science teachers at SMPN 1 Bengkulu City. Furthermore, analyzing the need for development of teaching materials Handout material on the Organization of Life System and publishing scientific articles in national journals. Based on the results of the needs analysis of the development of handouts for teaching materials for the Life Organization system based on KOKO (Contextual and Cooperative) learning, it was found that the average response of 20 students from student needs was 78%. Then based on the analysis of teacher needs on the need for the development of Handout teaching materials, the average result is 90%.


 


Keywords : Handout, KOKO Learning, Needs Analysis

Article Details

How to Cite
Apriska, H., Wardana, R. W., Sutarno, S., Nursaadah, E., & Nirwana, N. (2022). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN HANDOUT MATERI AJAR SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN BERBASIS PEMBELAJARAN KOKO (KONTEKSTUAL DAN KOOPERATIF). DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(1), 57–61. https://doi.org/10.33369/diksains.3.1.57-61

References

  1. Ananda, R. (2020). Desain Handout Berbasis Kontekstual sebagai Media Pembelajaran Biologi untuk Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Jambi. In Journal of Chemical Information and Modeling.
  2. Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  3. Fauziya, D. S. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Literasi. Prosiding Riksa Bahasa X.
  4. Hidayat, N., & Khotimah, H. (2019). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.988
  5. Marzuki, I., & Hakim, L. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Perspektif Al-Qur’an. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14(02), 39–52. https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.900
  6. Pratama, R., Alamsyah, M., & Noer, S. (2022). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Modul dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 2(1), 7. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v2i1.9769
  7. Putri, & Sutarno., (2012). Penerapan Kelompok Kooperatif Berbantuan Multimedia. (July).
  8. Rahmayani, F., Hindun, I., & Miftachul Hudha, A. (2015). Pengembangan Handout Berbasis Kontekstual Pada Pelajaran Biologi Materi Bioteknologi Untuk Siswa Kelas Xii Smk Negeri 02 Batu. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(1), 47–59. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i1.2302
  9. Sanjaya, W. (2007). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajarane. Jakarta: Prenada Media Groub.
  10. Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407