Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Saat ini sumber belajar tentang pemanfaatan  limbah  masih sangat minim terutama pada tingkat SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan sumber belajar berbasis Informasi Teknologi sebagai sumber belajar tentang pemanfaatan limbah lingkungan. Penggunaan metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriftif kuantitatif melalui wawancara terhadap guru fisika  menggunakan teknik purposive sampling. Sampel  yang digunakan untuk mendapatkan data adalah respon siswa SMA  dipilih secara acak di kelas XI SMA Negeri 9 Kota Lubuklinggau sebanyak 24 orang respon. Data hasil kusioner ini diolah dan dijadikan bentuk presentase berupa tabel.  Analisis kebutuhan media teknologi informasi sebagai sumber belajar tentang pemanfaatan limbah lingkungan sangat dibutuhkan oleh siswa dan siswa merasa tertarik dengan penggunaan Informasi Teknologi berbasis lingkungan sebagai media dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada presentase rata-rata terhadap media pembelajaran berbasis elektronik sebesar 83,75%. Hasil analisis kebutuhan siswa akan digunakan untuk perancangan media pembelajaran Informasi Teknologi berupa e-modul sebagai sumber belajar tentang pemanfaatan limbah lingkungan terhadap siswa SMA


 


Kata  kunci : Informasi Teknologi, limbah lingkungan, Media pembelajaran


 


ABSTRACT


 


Currently, learning resources about waste utilization are still minimal, especially at the high school level. This study aims to analyze the needs of learning resources based on Information Technology Based Media as a source of learning about the utilization of environmental waste. The method used in this study used a quantitative descriptive method through interviews with physics teachers using a purposive sampling technique. The sample used to obtain the data was the responses of high school students randomly selected in class XI of Lubuklinggau State Senior High School as many as 24 respondents. The data from this questionnaire were processed and used as a percentage in the form of tables and graphs. Analysis of the needs of IT-Based Media as a source of learning about the use of environmental waste is needed by students and students feel attracted to the use of Information Technology-Based Media based on environment as a medium in learning. This can be seen based on the percentage of agreeing statements on making learning media 83,75%. The results of the analysis of student needs will be used to design Information Technology-Based media learning media as a source of learning about the use of environmental waste for high school students.


 


Keywords: Information technology, environmental waste,  Instructional Media

Article Details

How to Cite
Lasriani, L., Karyadi, B., & Wardana, R. W. (2023). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR FISIKA TENTANG PEMANFAATAN LIMBAH LINGKUNGAN BAGI SISWA SMA. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(2), 118–123. https://doi.org/10.33369/diksains.3.2.118-123

References

  1. Anshori, S. (2020). “Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya” Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya, 4(1), 88–100. http://194.59.165.171/index.php/CC/article/download/70/114
  2. Apriana, D., Zohrani, Z., & Hudri, M. U. (2021). Pengolahan Sampah Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Abdi …, 02(1), 31–37. http://www.e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/abdipopulika/article/view/3100
  3. Arni, Labania, H. M., & Nismayanti, A. (2014). Studi Uji Karakteristik Fisis Briket Bioarang sebagai Sumber Energi Alternatif. Online Jurnal of Natural Science, 3(March), 89–98. file:///C:/Users/ACER/Downloads/12.pdf
  4. Eny, W. (2013). Analisis potensi lokal untuk mengembangkan bahan ajar biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 01(04), 16–25. https://media.neliti.com/media/publications/122254-ID-analisis-potensi-lokal-untuk-mengembangk.pdf
  5. Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/1084/660
  6. Fitriana, W., & Febrina, W. (2021). Analisis Potensi Briket Bio-Arang Sebagai Sumber Energi Terbarukan. Jurnal Teknik Pertanian Lampung (Journal of Agricultural Engineering), 10(2), 147–154. https://doi.org/10.23960/jtep-l.v10i2.147-154
  7. Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Developing Interactive Chemistry E-Modul For The Second Grade Students of Senior High School. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. file:///C:/Users/ACER/Downloads/15424-59499-3-PB (1).pdf
  8. Hersandi, M., Supriyadi, B., & Yushardi. (2014). Pengaruh bentuk elemen pemanas terhadap jumlah kalor yang dihasilkan. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 23–27. file:///C:/Users/ACER/Downloads/23233-301-51006-1-10-20210215.pdf
  9. Indarwati, S., Respati, S. M. B., & Darmanto, D. (2019). Kebutuhan Daya Pada Air Conditioner Saat Terjadi Perbedaan Suhu Dan Kelembaban. Jurnal Ilmiah Momentum, 15(1), 91–95. https://doi.org/10.36499/jim.v15i1.2666
  10. Lestari, N. D., & Toyib, M. (2017). Limbah Lingkungan Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Universitas PGRI Palembang. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 227–240. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/1795
  11. Nasution, M. K. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. Corresspondence: Mardiah Kalsum Nasution, Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. E-mail. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–15. https://core.ac.uk/download/pdf/267962028.pdf
  12. Nasution, Z. A., & Rambe, S. M. (2011). Pengaruh temperatur terhadap pembentukan pori arang cangkang sawit sebagai adsorbansi effect of temperature for palm shell pore forming as adsorbance. Dinamika Penelitian Industri, 22(1), 48–53. http://ejournal.kemenperin.go.id/dpi/article/view/548/512
  13. Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, 1(November), 289–302. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/viewFile/1076/773
  14. Salmina, S. (2017). Studi Pemanfaatan Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit Oleh Masyarakat Di Jorong Koto Sawah Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang. Jurnal Spasial, 3(2), 33–40. https://doi.org/10.22202/js.v3i2.1604
  15. Siburian, V. F., Putri, D. H., & Medriati, R. (2022). Pengembangan E-Modul Materi Fluida Dinamis Berbantuan Flip Pdf Professional Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Amplitudo: Jurnal Ilmu Pembelajaran Fisika, 1(2), 192–201. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jipf/article/view/17161
  16. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung). CV. Alfabeta.
  17. Suryani, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Berbasis It. Sejarah Dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, Dan Pengajarannya, 10(2), 186–196. https://doi.org/10.17977/um020v10i22016p186
  18. Susanto, A., Dan, ), Yanto, T., Jurusan, ), Pertanian, T., Ketapang, P., Pascasarjana, ), Universitas, P., & Soedirman, J. (2013). Pembuatan Briket Bioarang Dari Cangkang Dan Tandan Kosong Kelapa Sawit Bioarang Briquette Makings From Cangkang and Oils Palm Empty Bunch. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, VI(2), 68–81. file:///C:/Users/ACER/Downloads/13516-26506-1-SM (15).pdf
  19. Sutirman, S. (2015). Aplikasi Teknologi Informasi dalam Pendidikan. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 3(2), 1–11. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v3i2.3800
  20. Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4(1), 220–234. https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2119
  21. Tarigan, E. E. (2019). Pembelajaran Melalui Media Berbasis It Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(1), 987–990. http://digilib.unimed.ac.id/37317/2/68.-Ester.pdf