Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang terjadi dalam ketrampilan proses fisika siswa pada konsep kalor dan pengukuran antara siswa yang menggunakan pembelajaran dengan mini labs dan pembelajaran demonstrasi serta mengetahui manakah diantara pembelajaran dengan mini labs dan pembelajaran demonstrasi yang lebih tinggi dalam meningkatkan ketrampilan proses. Penelitian ini tergolong dalam quasi eksperimen, yang melibatkan variabel perlakuan  berupa ketrampilan proses (processing skill) pada pembelajaran Mini Labs dan pembelajaran demonstrasi untuk materi pokok pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Nanggung tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 5 kelas. Penelitian ini melibatkan 2 kelas eksperimen yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan pre test, penilaian ketrampilan proses pada materi kalor, penilaian ketrampilan proses pada materi pengukuran dan post test. Sedangkan teknik analisis data uji hipotesis menggunakan uji MANOVA dengan SPSS. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil penelitian yaitu: (1) Ada perbedaan yang signifikan dalam ketrampilan proses fisika siswa pada materi kalor dan pengukuran antara siswa yang menggunakan pembelajaran mini labs dan pembelajaran demonstrasi, dilihat dari nilai rata-rata kelompok pembelajaran mini labs adalah 73,76 dan kelompok pembelajaran demonstrasi adalah 66,88 dan fhitung berdasarkan prosedur Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root adalah lebih besar dari ftabel (fhitung  =12.259 > 4,043); (2) Pembelajaran dengan mini labs lebih tinggi dibandingkan pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan ketrampilan proses dilihat dari nilai peningkatan kelompok pembelajaran mini labs yang tergolong kategori sedang sedangkan dan kelompok pembelajaran demonstrasi tergolong kategori rendah. Penilaian terhadap ketrampilan proses siswa pada kegiatan pembelajaran pengukuran mendapatkan hasil bahwa siswa dari kelompok mini labs memperoleh lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran demonstrasi.


 


Kata Kunci : ketrampilan proses (processing skill) , mini labs, demonstrasi.


 


ABSTRACT


 


This study aims to determine the differences that occur in the process of students' physics skills on the concept of heat and measurement between students who use learning with mini labs and demonstration learning and to find out which learning with mini labs and demonstration learning is higher in improving process skills. This research is classified as a quasi-experimental study, which involves the treatment variable in the form of processing skills in Mini Labs learning and disclosure learning for measuring subject matter. The population in this study were all class X students of SMA Negeri 1 Nanggung for the 2022/2023 academic year, consisting of 5 classes. This research involved 2 experimental classes which were selected by proportional random sampling technique. The data collection technique used the pre test, the process of assessing skills in the heat material, the process of assessing skills in measuring the material and the post test. While the data analysis technique to test the hypothesis using the MANOVA test with SPSS. Based on the analysis of the data obtained by the research results, namely: (1) There is a significant difference in students' physics process skills in heat and measurement material between students using mini labs learning and demonstration learning, seen from the average value of the mini labs learning group is 73, 76 and the demonstration learning group is 66.88 and fcount based on Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, and Roy's Largest Root procedures is greater than ftable (fcount = 12.259 > 4.043); (2) Learning with mini labs is higher than demonstration learning in improving process skills seen from the value of the increase in the mini labs learning group which is classified as medium category while the demonstration learning group is classified as low category. The assessment of process skills in learning measurement activities resulted in that students from the mini lab group obtained better results than demonstration learning.


 


Keywords: process skills, mini labs, demonstrations.

Article Details

How to Cite
Afrizal, F. (2023). PERBEDAAN PENINGKATAN KETRAMPILAN PROSES (PROCESSING SKILL) MELALUI PEMBELAJARAN MINI LABS DENGAN PEMBELAJARAN DEMONSTRASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NANGGUNG. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 3(2), 149–155. https://doi.org/10.33369/diksains.3.2.149-155

References

  1. Bidayah, I. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(2), 107–114. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i2.21
  2. Drs. Zainal Arifin, M. P. (2012). EVALUASI PEMBELAJARAN (Cetakan ke). Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/44822784/34-Evaluasi-Pembelajaran-libre.pdf?1460907861=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DEVALUASI_PEMBELAJARAN.pdf&Expires=1688888604&Signature=EV~TmEbZ6aYPCqjZQgV6PJu~m7TLESrDNlm7ZHSBEaA-Cq0s4xatuwXxO9H4EqaHM9EkoumKUmEVKzq6EV3rhgprA0vtKRo~zLUAugb3ohxP3Unb5NXYSaiPyna35cZRyvtu480BV0zpSwALKHlYnj1RNX~iQHe1BHLnE5Lw-qPz49FOMgQf5tOmfn~CRrvZWZTpCS4qjjuCvM4SgyfnaZ0u3V5IvssM1it5UiWN3wM0hYtv99FYSO92mBLYvsH0ZVkRtfkDJ0LCy-Iql9UNBJXiE-Xy8CeLsuOfAxGkOU6idVC0iO4N3El0oAZ691mRYP1tviFuQIHtPVK8zokoKg__&Key-Pair-Id=APKAJLOHF5GGSLRBV4ZA
  3. Elis Ratnawulan & A. Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum 2013 (ke 1). Pustaka Setia.
  4. Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN InSTAD TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF FISIKA DI SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 202. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7507
  5. Guswita, S., Anggoro, B. S., Haka, N. B., & Handoko, A. (2018). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas XI Mata Pelajaran Biologi Di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(2), 249–258. https://doi.org/10.24042/biosfer.v9i2.4025
  6. Hulwani, A., Susilawati, S., & Kosim, K. (2019). Pengaruh Model Perolehan Konsep Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 319–326. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1377
  7. Ilmi, N., Desnita, D., Handoko, E., & Zelda, B. (2016). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Pembelajaran Fisika Sma. V, SNF2016-RND-57-SNF2016-RND-62. https://doi.org/10.21009/0305010213
  8. Muhlis, F. (2015). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Konflik Kognitif Berbasis Laboratorium Mini Dalam Pembelajaran Fisika (Penelitian Evaluasi Di SMP Negeri 1 Bulango Utara Tahun Ajaran 2014/2015) Fahima Muhlis 1. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Konflik Kognitif Berbasis Laboratorium Mini Dalam Pembelajaran Fisika, Vol 4 No 2(JURNAL ILMIAH WAHANA PENDIDIKAN), 8. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/30
  9. Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.34
  10. Purnomo, H. (2019). Psikologi Pendidikan (T. Wahyono (ed.); 1st ed.). LP3M UMY. https://doi.org/9786237054184
  11. Puspaningsih, A. R., Tjahjadarmawan, E., & Krisdianti, N. R. (2021). Ilmu Pengetahuan Alam (A. P. Dkk (ed.); ke 1). https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/IPA-BS-KLS-X.pdf
  12. Sari, A. T., Bektiarso, S., & Yushardi. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fisika Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 145.
  13. Sari, P. (2019). Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Dalam Memilih Media. Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 42–57. https://www.ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/7/8
  14. Siregar, H. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dan Model Pembelajaran Individual Dengan Menggunakan Mini Lab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sma Swasta Medan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 7(4), 429–433. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v7i4.8117