Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kelayakan E-Booklet sebagai media interaktif menggunakan Flip PDF Corporate materi sistem ekskresi manusia kelas VIII, 2) Mendeskripsikan persepsi peserta didik terhadap E-Booklet sebagai media interaktif menggunakan Flip PDF Corporate materi sistem ekskresi manusia kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D). Penelitian ini menggunakan model ADDIE, dengan tahapan: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development. Kelayakan E-Booklet berdasarkan hasil validasi ahli 2 orang (dosen) dan 2 orang praktisi (guru). Persepsi peserta didik terhadap E-Booklet dengan memberikan angket kepada peserta didik. Hasil kelayakan E-Booklet sebesar 95,91% termasuk kategori sangat layak. Hasil persepsi E-Booklet sebesar 87,98% termasuk kategori sangat baik. Dapat disimpulkan E-Booklet sebagai media interaktif menggunakan Flip PDF Corporate materi sistem ekskresi manusia kelas VIII ini sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.


 


Kata kunci:E-Booklet, Flip PDF Corporate, Sistem Ekskresi Manusia


 


ABSTRACT


 


This study aims to: 1) Describe the feasibility of the E-Booklet as an interactive medium using Flip PDF Corporate material on the human excretion system class VIII, 2) Describe students' perceptions of the E-Booklet as an interactive medium using Flip PDF Corporate material on the human excretion system class VIII. The research method used is Research and Development (R & D). This study uses the ADDIE model, with stages: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development. The feasibility of the E-Booklet is based on the results of the validation of 2 experts (lecturers) and 2 practitioners (teachers). Students' perceptions of the E-Booklet by giving questionnaires to students. The e-Booklet eligibility result of 95.91% is in the very feasible category. The results of the perception of the E-Booklet of 87.98% are in the very good category. It can be concluded that the E-Booklet as an interactive media using Flip PDF Corporate material on the human excretory system class VIII is very suitable for use as a learning medium.


 


Keywords: E-Booklet, Flip PDF Corporate, human Excretory System

Article Details

How to Cite
Tungga, N. K., Medriati, R., Parlindungan, D., Yani, A. P., & Wardana, R. W. (2025). PENGEMBANGAN E-BOOKLET SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLIP PDF CORPORATE MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 5(2), 105–115. https://doi.org/10.33369/diksains.5.2.105-115

References

  1. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Azizah, N., & Iswari, R. S. (2021). The Development of Research-Based E-Booklet as Biotechnology Material Supplements to Improve Analytical Capabilities. Jurnal of Biology Education, 10(2), 237–243.
  3. Hendrianti, S. D., Hidayat, S., & Suherman. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker Materi Identifikasi Karir Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 178–184.
  4. Masyithah, D. C., Jufrida, & Pathon, H. (2017). Pengembangan Multimedia Fisika Berbasis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Materi Fluida Dinamis untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal EduFisika, 2(1), 51–60.
  5. Pujiasih, P., Isnaeni, W., & Ridlo, S. (2021). Android-Based E-Booklet Development t o Train Students’ Critical Thinking And Attitude of Caring for Environment. Journal of Innovative Science Education, 10(1), 95–101.
  6. Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.
  7. Puspitasari, R., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis HOTS Berbantuan FlipBook. Jurnal Kumparan FIsika, 3(3), 247–254.
  8. Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, dan Persepsi Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 721–724.
  9. Riduwan. (2013). Skala Pengukuran variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
  10. Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas Dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet Untuk Siswa SMA / MA Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosia, 1(1), 43–59.
  11. Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengakajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10–18.
  12. Subaedah, S. (2018). Fakultas tarbiyah dan keguruan uin alauddin makassar 2018. UIN Alauddin Makasar.
  13. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
  14. Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. G. (2017). Problems Faced by the Teacher in Maximizing the Use of Learning Media in Padang. 24(1), 60–66.
  15. Wicaksono, Y. A. A., & Kuswati, N. (2022). Pengembangan Flipbook pada Materi Sistem Ekskresi Manusia untuk Melatih Keterampilan Literasi Digitasl Siswa Kelas XI SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 502–514.