Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada System Ekskresi kulit pada manusia untuk peserta didik SMP, 2) Mengetahui hasil respon peserta didik terhadap E-LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) peserta didik di SMPN 01 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Namun penelitian ini hanya terbatas pada tahap Develop. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Lembar angket wawancara, 2) Lembar angket  validasi  ahli  materi  dan  ahli  media,  3)  Lembar  angket  respon  peserta  didik.  Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa hasil rata-rata uji validasi ahli materi 96% dengan kategori sangat valid. Sedangkan pada uji validasi media mendapatkan hasil rata-rata 95% dengan kategori sangat valid. Pada uji respon peserta didik mendapatkan hasil rata-rata 83,2% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji validasi dapat disimpulkan bahwa E-LKPD yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Berdasarkan hasil uji respon peserta didik mendapatkan kategori sangat baik hal ini dapat diartikan bahwa sebagian peserta didik memberikan respon sangat baik terhadap E-LKPD.


 


Kata kunci: E-lkpd, contextual teaching and learning, system ekskresi kulit manusia


 


ABSTRACT


 


This study aims to: 1) Determine the feasibility of E-LKPD based on Contextual Teaching and Learning (CTL) in the Human Skin Excretory System for junior high school students, 2) Know the results of student responses to E-LKPD based on Contextual Teaching and Learning (CTL) students at SMPN 01 Bengkulu City. The method used in this study is Research and Development (R&D) using a 4D model (Define, Design, Develop, Disseminate). However, this research is only limited to the Development stage. The instruments used in this study are: 1) Interview questionnaire sheet, 2) Material expert and media expert validation questionnaire sheet, 3) Student response questionnaire sheet.  The results of this study showed that the average result of the material expert validation test was 96% with a very valid category. Meanwhile, the media validation test obtained an average result of 95% with a very valid category. In the response test, students got an average result of 83.2% in the very good category. Based on the results of the validation test, it can be concluded that the E-LKPD developed is feasible to be tested. Based on the results of the student response test getting a very good category, this can be interpreted that some students give a very good response to E-LKPD.


 


Keywords: E-lkpd, contextual teaching and learning, human skin excretory system

Article Details

How to Cite
Yanti, I. V., Yani, A. P., Wardana, R. W., Sutarno, S., & Uliyandari, M. (2025). E-LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK SISWA SMP PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KULIT MANUSIA. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 5(2), 116–125. https://doi.org/10.33369/diksains.5.2.116-125

References

  1. Apriska, H., Wardana, R.W., Sutarno, Nursaadah, E. 2022. Analisis Kebutuhan Pengembangan Handout Materi Ajar Sistem Organisasi Kehidupan Berbasis Pembelajaran Koko. 3, 57–61.
  2. Azizah, M.I. 2022. Pengembangan E-Lkpd Berbasis Think Pair Share Pada Materi Sistem Gerak Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas Xi. Bioedu. Vol. 11 No. 2
  3. Farameta E., Yani A.P, dan Singkam, A.R. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Keragaman Tanaman Obat Di Desa Margomulyo Bengkulu Tengah.Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 5 (1): 74-82 (Mei 2021). 5(1), 74–82.
  4. Hermanto, M. 2021. Pendekatan Contextual Teaching and Learning Pada Siswa SMP. Pusat penembangan dan penelitian Indonesia.
  5. Indriani, F. F., & Sakti, N. C. 2022. Pengembangan e-LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(1), 65–77. https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6414
  6. Khodizah, S., Lufri, Helendra, & Yogica, R. 2022. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA. Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 17(1), 100–112.
  7. Lase, N. K., & Zai, N. 2022. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Sistem Ekskresi Manusia di Kelas VIII SMP Negeri 3 Idanogawo. Jurnal Pendidikan Minda, 3(2), 99–113. http://www.ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/view/462%0Ahttp://www.ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/mindafkip/article/download/462/412
  8. Marlina. 2022. Pengembangan Lkpd Online Berbantuan Live Worksheet Pada Materi Permutasi Kombinasi. JOEAI (Journal of Education and Instruction) Volume 5, Nomor 1,
  9. Panjaitan, D. J. 2016. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Mahasiswa Semester. UMNAW (Universitas Muslim Nusantara Al Washliya), 1(1), 1–10. http://repository.una.ac.id/id/eprint/40
  10. Ponidi, dkk. 2021. Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Jawa Barat. Adab.
  11. Prasetyo, E. B., & Cahyaka, H. W. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Savi Menggunakan Media Maket Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Atap di Kelas XII-TGB 2 SMK Negeri Kudu. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2), 161–167.
  12. Puspita, V., & Dewi, I. P. 2021. Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
  13. Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.
  14. Sari, I. P., Samiha, Y. T., Habisukan, U. H., & Wigati, I. 2019. Review : Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik ( E-Lkpd ) Menggunakan Model Addie. 68–75.
  15. Yusvin, F. A., & Bunga, Y. N. 2021. Pengembangan LKPD Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Maumere. Spizaetus: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 2(3), 36. https://doi.org/10.55241/spibio.v2i3.35
  16. Zakaria, L. M. A., Purwoko, A. A., & Hadisaputra, S. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Brain Based Learning: Validitas dan Reliabilitas. Jurnal Pijar Mipa, 15(5), 554–557. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i5.2258