Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis POE2WE pada materi Bioteknologi bagi
peserta didik tingkat SMP. Jenis penelitian ini adalah Reseach and Developmnet dengan model 4D (Define, Design,
Develop, Disseminate) dan hanya dibatasi pada 3D atau hanya pada tahap Develop saja. Teknik pengumpulan data
penilitian ini yaitu observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data LKPD ini dianalisis secara deskriptif. Uji
validasi LKPD meliputi aspek materi, penyajian tampilan, dan bahasa yang dilakukan oleh dua validator dan dua
praktisi. Hasil uji validasi LKPD yang dilakukan terhadap validator ahli dan praktisi memperoleh persentase rata-rata
92,5%. Dan dari hasil respon yang telah dilakukan terhadap 10 peserta didik SMP Negeri 21 Bengkulu Utara
mendapat rerata persentase skor sebesar 93.75%. Dapat disimpulkan bahan LKPD berbasis POE2WE (Prediction,
Observation, Explanation, Elaboration, Write, Evaluation) pada materi Bioteknologi ini sangat layak untuk digunakan
sebagai bahan belajar siswa.
Kata kunci : LKPD, POE2WE, bioteknologi
ABSTRACT
This research aims to develop POE2WE-based LKPD on Biotechnology material for junior high school students. This
type of research is Research and Developmnet with 4D models (Define, Design, Develop, Disseminate) and is only
limited to 3D or only at the Develop stage. The data collection techniques of this research are observation, interviews
and questionnaires. The data analysisis technuque of this LKPD was analyzed descriptively. The LKPD validation test
includes aspects of material, presentation, display, and language carried out by two validators and two practitioners.
The results of the LKPD validation test conducted on expert validators and practitioners obtained an average
percentage of 92.5%. And from the response thathas been carried out to 10 students of SMP Negeri 21 Bengkulu Utara
got an average percentage score of 93.75%. It can be concluded that the POE2WE-based LKPD material (Prediction,
Observation, Explanation, Elaboration, Write, Evaluation) in the Biotechnology is very feasible to be used as student
learning material.
Keywords : LKPD, POE2WE, Biotechnology
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Elysabet Yulianingsih, Nirwana, Ariefa Primair Yani, Bhakti Karyadi, Aprina Defianti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
DIKSAINS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Andi Prastowo. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
- Anggrella, D. P., Rahmasiwi, A., & Purbowati, D. (2021). Eksplorasi Kegiatan Praktikum IPA PGMI Selama Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.30998/sap.v6i1.9612
- Dwi Yulianti. (2016). Pembelajaran Direct Inovatif. Media Akademi.
- Jayanti, I. B. R., Suyidno, S., & Hartini, S. (2014). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dan Media Pembelajaran Inkuiri Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i1.802
- Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
- Pendidikan, D. (2011). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Secara Terpadu. Pusat Kurikulum , Balitbang Depdiknas.
- Nana. 2014. Pengembangan Model POE2WE dalam Pembelajaran Fisika SMA. (2014). Universitas Sebelas Maret.
- Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan penilaian. Rajawali Pers.
- Sukoharjo, F. (2012). Pedoman Guru Menuju Pembelajaran Tuntas. CV Sindunata.
- Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969
- Sunyono. (2015). Model Pembelajaran Multipel Representasi; Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi. Media Akademi.
- Wardhani, Agustin Krisna, dkk. 2017. Pengantar Bioteknologi. Malang. UB Press
- Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa Smp Pada Materi Kalor. EDUSAINS, 8(1), 1–7.
- Yan Piter Basman Ziraluo. (2002). Pembelajaran Biologi : Implementasi dan Pengembangan. Forum Pemuda Aswaja.
- Zahro, U. L., Serevina, V., & Astra, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Fisika Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 4–9. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4906
Referensi
Andi Prastowo. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.
Anggrella, D. P., Rahmasiwi, A., & Purbowati, D. (2021). Eksplorasi Kegiatan Praktikum IPA PGMI Selama Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.30998/sap.v6i1.9612
Dwi Yulianti. (2016). Pembelajaran Direct Inovatif. Media Akademi.
Jayanti, I. B. R., Suyidno, S., & Hartini, S. (2014). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Dan Media Pembelajaran Inkuiri Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v2i1.802
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945
Pendidikan, D. (2011). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Secara Terpadu. Pusat Kurikulum , Balitbang Depdiknas.
Nana. 2014. Pengembangan Model POE2WE dalam Pembelajaran Fisika SMA. (2014). Universitas Sebelas Maret.
Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan penilaian. Rajawali Pers.
Sukoharjo, F. (2012). Pedoman Guru Menuju Pembelajaran Tuntas. CV Sindunata.
Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969
Sunyono. (2015). Model Pembelajaran Multipel Representasi; Pembelajaran Empat Fase dengan Lima Kegiatan: Orientasi, Eksplorasi Imajinatif, Internalisasi, dan Evaluasi. Media Akademi.
Wardhani, Agustin Krisna, dkk. 2017. Pengantar Bioteknologi. Malang. UB Press
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2016). Analisis Kemampuan Literasi Sains Pada Aspek Pengetahuan Dan Kompetensi Sains Siswa Smp Pada Materi Kalor. EDUSAINS, 8(1), 1–7.
Yan Piter Basman Ziraluo. (2002). Pembelajaran Biologi : Implementasi dan Pengembangan. Forum Pemuda Aswaja.
Zahro, U. L., Serevina, V., & Astra, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Fisika Dengan Menggunakan Strategi Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (React) Berbasis Karakter Pada Pokok Bahasan Hukum Newton. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 4–9. https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4906