Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK


 


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan handout KOKO (Kontekstual dan Kooperatif) pada materi sistem organisasi kehidupan terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMPN 9 Kota Bengkulu. Penelitian menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Bengkulu dengan sampel kelas VII A dan VII C. Penentuan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian berupa lembar tes yang berbentuk soal essay. Hasil belajar siswa berdasarkan analisis independent sample t-tes diperoleh nilai thitung ˃ ttabel = 5,512 ˃ 2,001 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji peningkatan hasil belajar siswa dengan  uji N-gain diperoleh bahwa nilai N-gain kelas eskperimen lebih tinggi daripada nilai N-gain kelas kontrol dengan  rata-rata N-gain score kelas eskperimen 0.7 dan kelas kontrol 0.5. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan handout berbasis KOKO (Kontekstual dan Kooperatif) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada aspek kognitif.


 


Kata kunci : Handout, KOKO, Hasil Belajar Aspek Kognitif, dan Sistem Organisasi Kehidupan


 


 


ABSTRACT


The research aims to determine the effect of the use of the KOKO (Contextual and Cooperative) handout on the material of life organization systems on student learning outcomes in class VII of SMPN 9 Bengkulu City. Research using a non-equivalent control group design The population in this study were students of class VII at SMP Negeri 9 in Bengkulu City, with a sample of students in classes VII A and VII C. The sample was determined using a purposive sampling technique. The instrument of the research is a test sheet in the form of essay questions. Student learning outcomes based on independent sample t-test analysis obtained tcount ˃ ttable = 5.512 ˃  2.001, so that H0 was rejected and Ha was accepted. Based on the test for improving student learning outcomes with the N-gain test, it was found that the N-gain score for the experimental class was higher than the N-gain score for the control class, with an average N-gain score of 0.7 for the experimental class and 0.5 for the control class. The results of the study concluded that there was an effect of the use of KOKO-based handouts (Contextual and Cooperative) on the learning outcomes of class VII students in the cognitive aspect.


Keywords: Handout, KOKO, Cognitive-Aspect Learning Outcomes, And Life Organization Systems

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Puspita Sari, H., Nirwana, N., Defianti, A., Wardana, R. W., & Sutarno, S. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN HANDOUT BERBASIS KOKO (KONTEKSTUAL DAN KOOPERATIF) PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 5(1), 53–61. https://doi.org/10.33369/diksains.5.1.53-61

Referensi

  1. Apriska, H., Wardana, R.W., Sutarno., Nursaadah E., Nirwana. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Handout Materi Ajar Sistem Organisasi Kehidupan Berbasis Pembelajaran KOKO (Kontekstual Dan Kooperatif) . Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains. 3 (2) : 57-61.
  2. Aqib Z. (2013). Model-Model, Media, Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrana Widya.
  3. Defianti, A., & Putri, D. H. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Case Method untuk Melatihkan Keterampilan Berkomunikasi Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 14(1), 107–112.
  4. Eliyanti, Hasanuddin, dan Mudatsir. (2018). Penerapan Handout Berbasis Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, And Society) Pada Materi Bioteknologi Terhadap Hasil Belajar Siswa MAS Darul Ihsan Aceh Besar. Jurnal Biotik, 6(2), 105–109.
  5. Fauziah, Y., Syafii, W., Firdaus, L. N & Zainun. (2018). Handout Pembelajaran IPA Biologi SMP Berbasis Riset Morfologi Akar Tumbuhan Lahan Gambut Pasca Kebakaran. Jurnal Pembelajaran Biologi, 1–7.
  6. Hamalik, P. D. O. (2019). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
  7. Magdalena, I., Sundari, T., Nurkamilah, S & Amalia, D. A. (2020). Analisis bahan ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2 (2).
  8. Maslani. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Siswa Melalui Permainan ( Game ) Ranking I Pada Materi Norma Dalam Kehidupan Bersama di Kelas VII A Smpn 4 Pelaihari. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6 (3).
  9. Nirwana & Hanafie, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Cooperatif Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Smp Negeri 2 Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 4 (2).
  10. Nurrafida, S. T., & Qosyim, A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Gerak Manusia Setelah Diterapkan Model Collaborative Learning. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains. 7(3), 333–337.
  11. Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Kencana Prenada Media Group.
  12. Riskayanti & Asri, W.K. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tea Party Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(1).
  13. Sutarno, M & Putri D. H. (2012). Penerapan Kelompok Kooperatif Berbantuan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penalaran Sains dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. 13, 978–979.
  14. Rahman, A., Hastuti, U. S., & Rohman, F. (2019). Pengaruh Penggunaan Handout Antagonisme dalam Pembelajaran Biologi terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Pendidikan, 4, 1056–1059.
  15. Setiawan P & Sudana I. D. N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Imiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 238–247.
  16. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  17. Wati, W., Haryanto, S & Supriyoko. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Kimia di SMAN 1 Sanden, Bantul, Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, V, 83–89.