Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Peran teknologi sangat penting dalam meningkatkan proses kualitas pendidikan. Hal ini menjadikan guru harus terus adaptif dan berinovatif dalam menyajikan pembelajaran di kelas. Salah satunya dengan menggunakan video animasi menggunakan canva. Adapun tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan terkait analisis repsons siswa terhadap media video animasi menggunakan aplikasi canva pada materi getaran dan gelombang kelas VIII SMP. Metode yang digunakan yakni survei dengan pendekatan kuantitatif berupa angket yang diberikan kepada 36 siswa kelas VIII-A SMP Islam Kunir Kabupaten Lumajang. Teknik pengolahan data menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian hasil respons siswa pada media video animasi menggunakan canva mencakup empat indikator yakni, tampilan media, kesesuaian materi dengan capaian dan tujuan pembelajaran, kualitas isi, dan komunikasi audio visual. Secara keseluruhan perolehan respons siswa terhadap media  video animasi mendapatkan rata-rata 89% dengan kriteria sangat menarik. Artinya tampilan media pada video animasi menggunakan aplikasi canva sudah sangat menarik, proporsional dan tidak berlebihan, memuat kejelasan materi pembelajaran dengan capaian dan tujuan pembelajaran, keruntutan dan kesistematisan materi dalam video yang ditulis sangat jelas dan detail, serta komunikasi audio visual yang bagus dalam video, sehingga menjadikan siswa tidak bosan dalam belajar materi getaran dan gelombang.


 


Kata  kunci­ — Canva, Getaran dan Gelombang, Media, Video Animasi


 


ABSTRACT


 


The role of technology is very important in improving the quality of education process. This requires teachers to continue to be adaptive and innovative in presenting learning in class. One of them is by using animated videos using Canva. The aim of this research is to describe the analysis of student responses to animated video media using the Canva application on vibration and wave material for class VIII SMP. The method used was a survey with a quantitative approach in the form of a questionnaire given to 36 students in class VIII-A of Kunir Islamic Middle School, Lumajang Regency. The data processing technique uses quantitative descriptive analysis methods. The research results show that assessing the results of student responses to animated video media using Canva includes four indicators, namely, media appearance, suitability of the material to learning outcomes and objectives, content quality, and audio-visual communication. Overall, student responses to animated video media received an average of 89% with very interesting criteria. This means that the media display in animated videos using the Canva application is very attractive, proportional and not excessive, contains clarity of learning material with learning achievements and objectives, consistency and systematicity of the material in the written video which is very clear and detailed, as well as good audio-visual communication in the video, so that students don't get bored when learning about vibrations and waves.


 


Keywords: Canva, Vibrations and Waves, Media, Animation Video

Article Details

How to Cite
Rifa’i, M. R., Mudakir, I., & Wahyuni, S. (2024). ANALISIS RESPONS SISWA TERHADAP MEDIA VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SMP. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 4(2), 155–162. https://doi.org/10.33369/diksains.4.2.155-162

References

  1. Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  2. Burhayani, Nuridah, S., Sautra Andi Muh Akbar, Sarumaha, Y. A., & Anyan. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 166–172. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/ondex/php/jrpp
  3. Chan, A. H., Kok, E. Y. Y., Razali, M. A. M., Lawrie, G. A., & Wang, J. T. H. (2022). Student Perceptions and Engagement in Video-based Learning for Microbiology Education. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 30(3), 2–18. https://doi.org/10.30722/IJISME.30.03.001
  4. Dahliani, L. (2023). Media Pembelajaran Pertumbuhan Tanaman Hidroponik Menggunakan Demonstrasi dan Discovery Learning Berbasis Aplikasi Canva: Studi Kasus di Era Digital. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 1(3), 144–151. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.295
  5. Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik SMP/MTS. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49–63. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.75
  6. Galatsopoulou, F., Kenterelidou, C., Kotsakis, R., & Matsiola, M. (2022). Examining Students’ Perceptions towards Video-Based and Video-Assisted Active Learning Scenarios in Journalism and Communication Courses. Education Sciences, 12(2). https://doi.org/10.3390/educsci12020074
  7. Haerunnisa, H., Prasetyaningsih, P., & Biru, L. T. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Konsep Getaran dan Gelombang. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 428–433. https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.428-433
  8. Khotimah, A. H., & Rizal, M. S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Pengerjaan Proyek Vlog pada Materi Teks Berita. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(April), 68–74.
  9. Kohar, D. (2022). Respon Peserta Didik Terhadap Model Pembelajaran Berbasis Otak (MPBO) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 36–51. https://doi.org/10.33369/diksa.v8i1.22656
  10. Kusumawardhani, M. L., Prihandono, T., & Anggraeni, F. K. A. (2022). Analisis Respon Peserta Didik Terhadap Media Video Animasi Menggunakan Sparkol Videoscribe Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 11. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i1.30401
  11. Lestari, D., Safitri, N., & Mirawati, M. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Aplikasi Canva Subtema Keragaman Suku Bangsa Dan Agama Di Negeriku. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 2128–2136.
  12. Muchlis, A. F. (2023). Metode Penelitian Survei-Kuesioner untuk Kesesakan dan Privasi pada Hunian Asrama. Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia, 12(3), 154–163. https://doi.org/10.32315/jlbi.v12i3.252
  13. Mulya, N. (2024). Persepsi Guru Terhadap Penggunaan Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Al-Madaris Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 4(2), 50–57. https://doi.org/10.47887/amd.v4i2.142
  14. Nidya Nina Ichiana, Abdul Razzaq, & Andi Kamal Ahmad. (2023). Pembelajaran Geometri Berbantuan Goegebra untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Mipa, 13(4), 1162–1173. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i4.1389
  15. Nurillahwaty, E. (2021). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
  16. Perez-Navarro, A., Garcia, V., & Conesa, J. (2021). Students Perception of Videos in Introductory Physics Courses of Engineering in Face-to-Face and Online Environments. Multimedia Tools and Applications, 80(1), 1009–1028. https://doi.org/10.1007/s11042-020-09665-0
  17. Pertiwi, G. M. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berbasis Canva Pada Materi Sistem Pernapasan Pada Manusia Terintegrasi Ayat Al-Quran. Skripsi : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. http://repository.uin-suska.ac.id/74527/%0Ahttp://repository.uin-suska.ac.id/74527/1/Gusti Manja Pertiwi - Skripsi .pdf
  18. Putri, M. Z. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Pada Tema 9 Subtema 2 Siswa Kelas V SDIT Almadinah Dumai (Vol. 7, Issue 3). (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
  19. Rahmawati, D., & Fadlillah, M. (2024). Analisis Penggunaan LKPD Berbasis Sikap Peduli Lingkungan Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(1), 156–164.
  20. Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 3(01), 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01
  21. Sablić, M., Mirosavljević, A., & Škugor, A. (2021). Video-Based Learning (VBL)—Past, Present and Future: an Overview of the Research Published from 2008 to 2019. Technology, Knowledge and Learning, 26(4), 1061–1077. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09455-5
  22. Safaruddin, S., Amran, A., Triandana, J., Arif, M., & R. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 11–17. https://eprints.umm.ac.id/33739/%0Ahttps://eprints.umm.ac.id/33739/1/jiptummpp-gdl-ikanirmala-43503-1-pendahul-n.pdf
  23. Sari, W. N., Intani, A. N., & Aeni, A. N. (2024). Pengembangan Video Animasi Berbasis Canva Sebagai Media Pembelajaran PAI SD Kelas 3. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 11(2), 397-409. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 11(12), 379–409.
  24. Siswanjaya, S. (2021). Penggunaan Canva pada Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan dan Motivasi Menulis Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 421–442. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.259
  25. Susanto, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Connecting, Orgainizing, Reflecting, Extending (CORE) Berbantuan dengan Metode Mind Mapping dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA yang Memuat Getaran dan Gelombang pada Siswa Kelas VIII-A Semester 2 SMP Negeri 1 Kauman Tul. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 2(3), 475–480. https://doi.org/10.28926/jtpdm.v2i3.530
  26. Tani, M., Manuguerra, M., & Khan, S. (2022). Can videos affect learning outcomes? Evidence from an actual learning environment. Educational Technology Research and Development, 70(5), 1675–1693. https://doi.org/10.1007/s11423-022-10147-3
  27. Tejaningtyas, R., Wibawa, S., & Khosiyono, B. H. C. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Platform Doratoon pada Materi Menulis Puisi Kelas IV SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(I), 5536–5545. http://e-journal.iaknambon.ac.id/index.php/IT/article/view/141
  28. Tri Wulandari, & Adam Mudinillah. (2022). Efektivitas Penggunaan Aplikasi CANVA sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 2(1), 102–118. https://doi.org/10.32665/jurmia.v2i1.245
  29. Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks. Cendekia, 15(1), 128–144. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.Selama
  30. Yogi, I. K. N. D., Sudiana, I. N., & Putrayasa, I. B. (2024). Media Video Pembelajaran IPAS Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Materi Perubahan Wujud Zat. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 8(1), 111–123.