Main Article Content

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan hubungan persepsi siswa tentang lingkungan belajar terhadap hasil belajar kognitif IPA, 2) mendeksripsikan hubungan persepsi siswa tentang gaya mengajar guru terhadap hasil belajar kognitif IPA, dan 3) mendeskripsikan hubungan persepsi siswa tentang lingkungan belajar dan  gaya mengajar guru terhadap hasil belajar kognitif IPA. Jenis penelitian kuantitatif non eksperimen korelasional dengan teknik analisis regresi ganda. Teknik pengumpulan data melalui angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang lingkungan belajar dan hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran IPA, 2) ada hubungan yang signifikan antara gaya mengajar guru dan hasil belajar kognitif siswa mata pelajaran IPA, dan 3) tidak ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang lingkungan belajar dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar kognitif siswa. Simpulan dari penelitian bahwa banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar seorang siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal tidak hanya lingkungan belajar dan gaya mengajar guru saja.


 


Kata kunci: Lingkungan; Belajar; Gaya; Mengajar; Kognitif.


 


ABSTRACT


 


This research aims to: 1) describe the relationship of student perceptions of the learning environment to cognitive learning outcomes, 2) describe the relationship of student perceptions of teacher teaching styles to science cognitive learning outcomes, and 3) describe the relationship between student perceptions of the learning environment and teacher teaching styles to cognitive learning outcomes. The type of research is quantitative non-experimental correlational with multiple regression analysis techniques. The results showed: 1) there was no significant relationship between students' perceptions of the learning environment and cognitive learning outcomes of science students, 2) there was a significant relationship between teachers' teaching styles and cognitive learning outcomes of science students, and 3) there was no significant relationship between students' perceptions of the learning environment and teachers' teaching styles on the cognitive learning outcomes of science students. The conclusion that many factors influence the success of be student.


 


Keywords: Environment; Learning; Style; Teaching; Cognitive.

Article Details

Author Biography

Alya Salasavira, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Prodi Pendidikan IPA

How to Cite
Salasavira, A., & Sartika, S. B. (2024). PERSEPSI SISWA TENTANG LINGKUNGAN BELAJAR DAN GAYA MENGAJAR GURU: HUBUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATA PELAJARAN IPA SMP. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 4(2), 81–92. https://doi.org/10.33369/diksains.4.2.81-92

References

  1. Afsan, M. (2017). Hubungan Gaya Mengajar Guru Fisika dengan Hasil Belajar Fisika MTs Madani Alauddin Paopao Kab. Gowa. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 1– 125.
  2. Anjar, R. (2022). Hubungan Gaya Mengajar Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. הארץ, (8.5.2017), 1– 184.
  3. Feriady, M., & St. Sunarto, H. (2012). Pengaruh Persepsi Siwa Tentang Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Minat Belajar Ips Kelas VIII SMP N 3 Purbalingga. Economic Education Analysis Journal, 1(2), 1–7.
  4. Fitriana, R. (n.d.). Studi Komparasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Nahwu Kelas Vll B dan C Di MTS Maarif Balong, 21(1), 1–75.
  5. Ihsan, A. (2020). Hubungan Persepsi Siswa tentang Lingkungan Belajar IPA Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII di smp Sepuluh Nopember Sidoarjo. Skripsi, 7(2), 1–68. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/11375/1/PERPUS PUSAT.pdf
  6. Jufrida, J., Basuki, F. R., Pangestu, M. D., & Djati Prasetya, N. A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ipa dan Literasi Sains Di Smp Negeri 1 Muaro Jambi. EduFisika, 4(02), 1–38. https://doi.org/10.22437/edufisika.v4i02.6188
  7. Khumaero, lathifah alKhumaero, & Arie, S. (2017). Pengaruh Gaya Belajar Guru, Disiplin Belajar, Dan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 1(1), 1–13.
  8. Maulidah, Z. N. U. R. (2022). Pelajaran IPA Kelas Ix di MTS Nurul Islam, 1–82.
  9. Meidinasari, C., Sabdaningtyas, L., & Sugiman. (2019). Pengaruh lingkungan belajar di sekolah dan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas v. Skripsi, 8(5), 1–13.
  10. Mursabdo, W. (2021). Pengaruh Persepsi Siswa atas Kreativitas Guru dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA. Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 217–225. https://doi.org/10.32585/edudikara.v6i3.253
  11. Nurhidaya, H., St., M., & Nurul, M. (2021). Penerapan Metode Reward And Punishment Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas The Application of Reward and Punishment Methods to Improve Learning Outcomes of Fifth Grade Elementary School Students in Barru District, 1(2), 132–143.
  12. Palupi, R., Anitah, S., & Budiyono. (2014). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru dalam Mengelola Kegiatan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII di SMPN N 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 157–170.
  13. Putri, N. rizka. (2015). Pengaruh Lingkungan Belajar di Kelas Terhadap Hasil Belajar Sisswa pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di SMK Bina Mandiri Indonesia Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Независимое Военное Обозрение, (16.1.2015), 1–14.
  14. Sari, N., & Sartika, S. B. (2021). Korelasi Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Pada Mata Pelajaran Ipa Smp. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.24929/lensa.v11i1.114
  15. Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 1–16. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i1.8293
  16. Sunarti, S. (2018). Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik, Instalasi Tenaga Listrik, dan Instalasi Motor Listrik Siswa Kelas XII Titl - 1 SMK Negeri 5 Jakarta. Journal of Controlled Release, 11(2), 1– 125.
  17. Syafitri, F. R. (2020). Pengaruh Keterampilan Dasar Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Fisika. Pendas Mahakam: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 99–105. https://doi.org/10.24903/pm.v5i2.644
  18. Titin, W. (2014). Hubungan Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dengan Ketuntasan. Implementation Science, 39(1), 1–154. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.biochi.2015.03.025
  19. Ulum, M. M. (2016). Hubungan Antara Persepsi Siswa tentang Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar dan Sikap Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri di Kabupaten Pinrang.
  20. Utami, D. B., & Ernawati, T. (2017). Hubungan Antara Fasilitas Belajar dan Lingkungan Belajar Dengan Hasil Belajar IPA. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(1), 18–25.
  21. Wulandari, A., & Sumadi. (n.d.). Hubungan antara Minat, Lingkungan, dan Persepsi Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Fisika, 1–9.