Main Article Content

Abstract

Indonesia sedang menghadapi tantangan besar terkait kualitas sumber daya manusia dengan prevalensi balita stunting sebesar 9,5 persen pada tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis upaya pemerintah daerah dalam penanggulangan stunting di Kota Bengkulu. Masalah penelitian yang diketengahkan dalam penelitian ini adalah bagaimana peta dis-agregasi keluarga miskin transient dan kronis dalam menyumbang angka stunting di Kota Bengkulu? Berapa persen kontribusi keluarga miskin transient pada angka anak stunting di Kota Bengkulu? Penelitian untuk mengetahui peta dis-agregasi belum pernah dilakukan. Penelitian-penelitian sebelumnya hanya sampai pada kesimpulan bahwa anak-anak penderita stunting adalah anak-anak yang berasal dari keluarga miskin. Tidak ada penjelasan lanjutan mengenai apakah dari keluarga miskin transient atau kronis? Dengan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini mencatat bahwa dari total jumlah anak penderita stunting di Kota Bengkulu, 60 persen berasal dari rumah tangga miskin kronis. Data ini menunjukkan bahwa meskipun dalam kondisi yang lebih baik dari rumah tangga miskin kronis, rumah tangga miskin transient memberi kontribusi yang cukup signifikan pada angka stunting di Kota Bengkulu, yaitu sebesar 40 persen. Dengan demikian fokus dan strategi penanganan masalah stunting oleh pemerintah khususnya Pemerintah Kota Bengkulu tidak cukup hanya pada rumah tangga miskin kronis saja tetapi sebaiknya memasukkan rumah tangga miskin transient ke dalamnya.

 

Keywords

Stunting Kebijakan Publik Miskin Transient

Article Details

Author Biography

Djonet Santoso, University of Bengkulu

Lecturer in the Department of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, University of Bengkulu.
How to Cite
Santoso, D. (2022). DIS-AGREGASI KONTRIBUSI RUMAH TANGGA MISKIN PADA ANGKA STUNTING DI DI KOTA BENGKULU. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Kebijakan Publik (DMKP), 2(2), 10–17. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/dinamikapublik/article/view/23050

References

  1. Agustino, Leo. 2019. Dasar-dasar kebijakan publik. Bandung : CV ALFABETA.
  2. Creswell, John W. 2013. Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. 3rd ed. Thousand Oaks California: Sage Publications.
  3. Achmad Fawaid (penterjemah). 2013. “Research design: Pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Nugroho, Riant. 2009. Kebijakan publik: formulasi, implementasi, dan evaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
  5. Subarsono, Agustinus. 2015. Analisis kebijakan public: Konsep, teori dan aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.