Main Article Content

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pelaksanaan Pembelian Kendaraan Oprasional Dinas Melalui Aplikasi Elektronik (E-katalog) Di Dinas Lingkungan Hidup Dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan” tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan pembelian kendaraan operasional dinas melalui aplikasi elektronik Di Dinas Lingkungan Hidup Dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan . Jenis penelitian di dalam skripsi ini yaitu penelitian deskriptif yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori pengadaan barang yang dikemukakan oleh Kalakota dan Robinson yang terdiri dari tiga dimensi yaitu Pemesanan, Pemenuhan, dan Pembayaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Pelaksanaan Pembelian kendaraan operasional dinas melalui aplikasi elektronik (E-katalog) di Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan sudah berjalan dengan baik ,namun masih terdapat kendala dalam pemenuhan barang yang ada pada e-katalog oleh penyedia. Dinas Lingkungan Hidup Dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan  melakukan pemesanan barang sebanyak sembilan buah kendaraan yaitu enam kendaraan roda dua dan tiga kendaraan roda empat. dalam pemenuhan pemesanan barang oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan belum terpenuhi semua oleh penyedia yang ada pada e-katalog yang disebabkan oleh tidak tayangnya barang yang dibeli. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Pelaksanaan Pembelian kendaraan operasional dinas melalui aplikasi elektronik e-katalog di Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Provinsi Sumatera Selatan sudah terlaksana dengan baik namun masih terdapat kendala pada aspek pemenuhannya. Saran dari peneliti adalah kepada pejabat pengadaan untuk meningkatkan lagi ketersediaan barang pada e-katalog

Keywords

Analisis Pelaksanaan Pengadaan Barang

Article Details

Author Biography

Januar Eko Aryansah, Universitas Sriwijaya

Jurusan Ilmu Administrasi Publik  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 

How to Cite
fadillah, sarah salsa, & Eko Aryansah, J. (2022). ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELIAN KENDARAAN DINAS MELALUI E-KATALOG DI DINAS LINGKUNGAN HIDUP DAN PERTANAHAN PROVINSI SUMATERA SELATAN. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Kebijakan Publik (DMKP), 2(2), 18–24. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/dinamikapublik/article/view/23188

References

  1. Pustaka yang berupa majalah/jurnal imiah:
  2. Adi, C. S. (2017). Analisis Penerapan E-Procurement Menggunakan Sistem Pengadaan Secara Elektronik. Perbendaharaan, Keuangan Negara Dan Kebijakan Publik , 3.
  3. Cahyani, R. S. (2017). Analisis Penerapan E-Procurement Dalam Efektifitas Pengadaan Barang Dan Jasa Pada Pt Inalum (Persero). 8.
  4. Faisal, M. (2017). Implementasi E-Procurement Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pengadaan Barang Dan Jasa Di Disfaslanal. Strategi Pertahanan Laut Vol 3 .
  5. Heriawati, L. (2018). Pengaruh Penerapan E-Procurement Dan Good Governance Terhadap Kinerja Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Pandeglang2.
  6. Hidayat, R. (2015). Penerapan E-Procurement Dalam Proses Pengadaan Barang Dan Jasa Pemerintah Guna Mendukung Ketahanan Tata Pemerintahan Daerah. Ketahanan Nasional , 122.
  7. Michael Nelsen Lumintang, V. A. (2020). Analisis Pelaksanaan Pengadaan Barang Dan Jasa Secara Elektronik (E-Procurement) Di Lpse Kabupaten Minahasa Tenggara. Pembangunan Ekonomi Dan Pembangunan Daerah , 107
  8. Rahmalina, N. (2018). Analisis Pelaksanaan Pengadaan Barang Secara Eletronik Di Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin.
  9. Riswanti, R. M. (2018). Efektivitas E-Procurement Dalam Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Di Kabupaten Kulon Progo Tahun 2016-2017. 25.
  10. Pustaka yang berupa judul buku:
  11. Malik, A. (2017). Teori Pengadaan Barang Dan Jasa. 2.
  12. Spian, A. (2014). Dasar – Dasar Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. In Media
  13. Sutedi, A.(2012). Pengadaan Barang & Jasa dan Berbagai Permasalahannya.Sinar Grafika
  14. Pustaka yang berupa peraturan:
  15. Peraturan Pemerintah No 06 Tahun 2006 Tentang Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah
  16. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Penjualan Barang Milik Negara/Daerah Berupa Kendaraan Perorangan Dinas.
  17. Peraturan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Republik IndonesiaNomor 12 Tahun 2021 4 Tahun 2017 Ta Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Melalui Penyedian.
  18. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.
  19. PERMENDAGRI No 17 Tahun 2007 Tentang Barang Milik Negara/Daerah
  20. Undang-undang No 54 Tahun 2010 Tentang pengadaan barang/jasa Pemerintah nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.