Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan menentukan daya tarik produk untuk menggunakan GoPay. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online melalui google form yang disebarkan kepada 204 responden dari kalangan pelajar/mahasiswa, pekerja serta ibu rumah tangga. Data kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif persepsi kemanfaatan terhadap daya tarik produk, pengaruh positif persepsi kemudahan terhadap daya tarik produk penggunaan produk dan pengaruh positif secara simultan persepsi kemanfaatan dan persepsi kemudahan terhadap daya tarik produk untuk menggunakan GoPay.

Article Details

How to Cite
Mariam, S., Firdaus, R. F., Rohmat, R., & Yusuf, A. (2021). ANALISIS PENGARUH PERSEPSI KEMANFAATAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP DAYA TARIK PENGGUNAAN GOPAY. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(1), 21–32. https://doi.org/10.33369/insight.16.1.21-32

References

  1. Anggono, B. N. T., Istiatin, & A B, H. S. (2020). PERSEPSI KEMUDAHAN, RESIKO DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN GOPAY (Studi kasus pada Mahasiswa UNIBA Surakarta). Jurnal Ilmiah Ekonomi, 15(1), 144–153.
  2. Ashghar, S. A., & Nurlatifah, H. (2020). Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use , Perceived Usefulness , dan Perceived Risk terhadap Keinginan Membeli Kembali melalui e-Trust dan s-Satisfaction. 1(1), 40–52.
  3. Febriayani, D. A. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Online Pada Mahasiswa UST Yogyakarta Pengguna Zalora. Jurnal Ekobis Dewantara, 1(11), 10–19.
  4. Gojek.com. (2019). Kenali GoPay di aplikasi Gojek Customer Anda Lebih Dalam. Driver.Go-Jek.Com. https://driver.go-jek.com/s/article/Kenali-GO-PAY-di-aplikasi-GO-JEK-Customer-Anda-Lebih-Dalam-1536822069768
  5. Kumala, D. C., Pranata, J. W., & Thio, S. (2020). Pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, trust , dan security terhadap minat penggunaan gopay pada generasi x di surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, 6(1), 19–29. https://doi.org/10.9744/jmhot.6.1.19
  6. Prabawalingga, I. G. N. M., & Yadnyana, I. K. (2016). Persepsi Kemanfaatan dan Persepsi Kemudahan dengan Minat Penggunaan sebagai Variabel Intervening terhadap Perilaku Penggunaan Sistem. E-Journal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(10), 3359–3390.
  7. Pradana, A. W., Susilo, H., & Riyadi. (2016). PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEMANFAATAN, DAN SIKAP PENGGUNAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN IFS SOFTWARE (Studi Pada Departemen Pengadaan Barang dan Jasa PT. Petrokimia Gresik). 30(1), 1–9.
  8. Santhika, E. (2018). Gopay Masalah, Pengguna Gojek Disarankan Bayar Tunai. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180511163142-185-297475/gopay-masalah-pengguna-gojek-disarankan-bayar-tunai
  9. Satriadi, G. A., & Soesanto, H. (2016). Quality Terhadap Daya Tarik Produk Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli. DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 5(2), 1–11.
  10. Setyawati, R. E. (2020). PENGARUH PERCEIVED USEFULLNESS, PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION TO USE DENGAN ATITTUDE TOWARDS USING SEBAGAI (STUDI KASUS PADA GOPAY DIKOTA YOGYAKARTA). Ekobis Dewantara, 3(1), 39–51.
  11. Subekti, R. (2020). Pengguna Aktif Gojek Capai 20 Juta Orang | Republika Online. https://republika.co.id/berita/qej9xx423/pengguna-aktif-gojek-capai-20-juta-orang
  12. Ulurrosyad, M. F., & Jayanto, P. Y. (2020). Faktor-Faktor Dalam Menggunakan E-Money (Gopay) Pada Masyarakat Muslim di Kota Semarang. Moneter - Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 105–112. https://doi.org/10.31294/moneter.v7i1.7634
  13. Wibowo, S. F., Rosmauli, D., & Suhud, U. (2015). PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI KEMUDAHAN, FITUR LAYANAN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-MONEY CARD (STUDI PADA PENGGUNA JASA COMMUTERLINE DI JAKARTA). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 6(1), 440–456.