Main Article Content

Abstract

This study aims to examine the effect of promotions, prices and tourist facilities on the satisfaction of visitors to Padang's Sweet Air Coast. This type of research is quantitative. Sampling using the Slovin formula so that the number of samples obtained is 100 people. The types of data used in this research are quantitative and qualitative data. While the data sources are primary and secondary data sources. The data analysis technique uses validity and reliability tests using the SPSS version 16.00 program. The hypothesis was tested using the t test at = 0.05. The results of this study indicate that promotion and price have a positive and significant effect on visitor satisfaction of Padang Air Sweet Beach tourism. Meanwhile, tourist facilities have no significant effect on the satisfaction of visitors to the Padang Air Sweet Beach tourism.

Article Details

Author Biography

Rifki Wahyudi, STIE "KBP" Padang

STIE "KBP" PADANG , B
How to Cite
Wahyudi, R., & Yusra, I. (2021). PENGARUH PROMOSI, HARGA DAN FASILITAS WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG WISATA PANTAI AIR MANIS PADANG. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 16(2), 193–210. https://doi.org/10.33369/insight.16.2.193-210

References

  1. Aprianto, R. (2016). Pengaruh Promosi dan Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko BNJ Elektronik Kota Lubuk Linggau. Buletin Bisnis & Manajemen, 02(01), 41–63.
  2. Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098
  3. Hartini, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Konsumen untuk Menginap di Hotel Sakura Palangkaraya. Al - Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(April), 404–408.
  4. Irfan, A. M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas yang diberikan Kenari Waterpark Bontang terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 82–97.
  5. Isnana, Iranita, & Sofia, M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung di New Marjoly Beach and Resort dengan Kepuasan Pengunjung sebagai Variabel Intervening. Repository Umrah, 1–18. http://repository.umrah.ac.id/2580/
  6. Mardiyani, Y., & Murwatiningsih. (2015). Pengaruh Fasilitas dan Promosi terhadap Kepuasan Pengunjung melalui Keputusan Berkunjung sebagai Variabel Intervening pada Objek Wisata Kota Semarang. Management Analysis Journal, 4(1), 65–75.
  7. Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI. Jurnal Ekonomi, 7(2), 113–125.
  8. Nawari, & Mahfudho, N. L. (2019). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga Tiket terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Education Gondang Outbond (Wego) Lamongan. J-MACC, Journal of Management and Accounting, 2(1), 72–86.
  9. Ofela, H. (2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kkepuasan Konsumen Kebab Kingabi. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(1), 1–15.
  10. Pantilu, D., Koleangan, R. A. ., & Roring, F. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan pada Warunk Bendito Kawasan Megamas Manado. Jurnal EMBA, 6(4), 3723–3732.
  11. Sirait, H. (2018). Pengaruh Harga dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Bukit Gibeon Kecamatan Ajibata Kabupaten Toba Samosir. Jurnal PLANS : Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 13(1). https://doi.org/10.24114/plans.v13i1.9815
  12. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis (S. Y. Suryandari (ed.); 3rd ed.). Alfabeta.
  13. Triandini, R., & Yusrini, L. (2018). Pengaruh Lokasi dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pengunjung di Panorama Pabangbon Leuwiliang Bogor. Jurnal EDUTURISMA, III(1), 1–20.
  14. Utari, W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Varian Obat dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pelanggan Apotek Yakersuda Bangkalan. Jurnal NeO-Bis, 8(1).