Main Article Content

Abstract

Research the act of this class carried out of date 01 February 2018 – 08 March 2018aims to (1) enhance the capacity of ask a student to lose their; (2) increase yields of of students to study, declaration of relinquishing his her to see liveliness of teachers and students in the process of learning to promote disorder to. A subject in this research is a student X MIPA 1 SMAN 09 city Bengkulu school year 2017/2018 on the subject of redox reactions, which amounted to 28 students. The research results show that the implementation of learning cooperative type time token can improve the ability ask students, improve learning outcomes students, and improving liveliness teachers and students in learning in subject matter reaction redoks the result of which have be completed in cycle 3rd. On the ability of cycle I ask students 75 % rate of C1, 15 % rate of C2, 10 % rate of C3 and 28,57 % student learning. Cycle II ask students 65,22 % rate of C1, 21,74 % rate of C2, 13.04 % rate of C3 with 64,29 % student learning. The cycle III ask student 4,35 % rate of C1, 78,26 % rate of C2, and 17,39 % rate of C3, with 89,29 % student learning (who has achieved indicators of the quality of the success of research and KKM). To liveliness teachers from the cycle I, II, and III each 25, 27, and 30, while liveliness students in each 21, 24, and 28

Article Details

How to Cite
Damayanti, U., Bahar, A., & Rohiat, S. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MIPA 1 SMAN 09 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2017/2018. ALOTROP, 4(1). https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13693

References

  1. Clorawati,A.R., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir., Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia Di SMA Negeri Sekota Bengkulu, Alotrop, 2017 :1(2): 132-135.
  2. Mulyani, D., Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar, Konselor, 2013 : 2(1) : 27-31.
  3. Sunhaji.,Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Jurnal Kependidikan, 2014 : 2 (2) : 30-46
  4. Nurhasanah, S., A. Sobandi., Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa, Jurnal pendidikan manajemen perkantoran, 2016 : 1(1) : 135 - 142
  5. Santi, O. S., Perbedaan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Saintifik Dan Pendekatan Keterampilan Proses Pada Mata Pelajaran IPA, Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2017: 1(1): 81-88.
  6. Kirom, A., Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural, al-Murabbi, 2017:3(1): 69-80.
  7. Abdullah., Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa
  8. Edureligia , 2017: 1 (1): 45-62
  9. Akhwan, M., Peningkatan dan Standarisasi Mutu Pendidikan Tinjauan atas UU, Kurikulum dan Kemampuan Guru, JPI FIAI Jurusan Tarbiyah , 2003: 8(6): 36-45.
  10. Lestari, I.A, Hermansyah Amir, Salastri RohiatHubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia, Alotrop, 2017:1(2): 113-116.
  11. Warsono, S., Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Belajar Siswa, Manajer Pendidikan, 2016: 10 ( 5) : 469-476.
  12. Meilan, W., Salastri Rohiat,Hermansyah Amir. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Call Card Dan Truth And Dare , Alotrop. 2017: 1(1): 39-43.
  13. Lolotandung, R., Ruminiati, A. Rosyid Al Atok, Pendekatan SAVI Terhadap
  14. Keaktifan Bertanya Dan Mengemukakan Ide Siswa Dalam PRoses Pembelajaran, Prosiding TEP & PDs Transformasi Pendidikan Abad 21 Tema: 6 Nomor: 43 , Mei 2017, ISBN: 978-602 - 71836-6-7, Halaman: 901 – 907.
  15. Nasution, M., Keterampilan Guru Dalam Bertanya Pada Pembelajaran Matematika Mariam Nasution, Logaritma: Jurnal Ilmuilmu Pendidikan dan Sains , 2019: 7(1): 83-96
  16. Prilanita,Y.N., Sukirno, Peningkatan Keterampilan Bertanya Siswa melalui Faktor Pembentuknya, Jurnal Cakrawala Pendidikan , 2017: 36 (2) : 244-256.
  17. Syofiana,N., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir., Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (MM) Dan Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Kimia Di Kelas X IPA MAN 1 Kota Bengkulu, Alotrop, 2018 : 2(2): 122-
  18. Gayatri, E.R.P, Amrul Bahar, Dewi Handayani, Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle(5E) Dan Two Syay Two Stray, Alotrop , 2017: 1(1): 71-74.
  19. Nurwati, Penerapan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Pencapaian Hasil Belajar Fisika Kelas X SMA Tridharma MKGR Makassar, Jurnal Pendidikan Fisika, 2013 (1): 3 : 236-243.
  20. Hayati, B., Johni Azmi, Rasmiwetti, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Termokimia Di Kelas XI IPA Sman 2 Pekanbaru, Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  21. Universitas Riau , October 2015 : 1-8.
  22. Sari, D., Usmadi, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Disertai Pemberian Kuis Dalam Pembelajaran Matematika, Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam , 2017: 4 (2) : 29 - 38
  23. Son, R.S.S., Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2019: 9(3):284-291.
  24. Rodhi, A., Media Visual - Kinestetik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa, al Mah?ra Jurnal Pendidikan Bahasa
  25. Arab, 2016: 2(2): 271 - 292.
  26. Effendi, T.R., Suhendar, Aa Juhanda, Analisis Jenis Pertanyaan Yang Diajukan Mahasiswa Magang Di SMA Kota Sukabumi Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Pada Konsep Pencemaran Lingkungan, Journal of
  27. Biology Education , 2018 : 1 (1) : 57-68
  28. Tanjung, Y.I., Abu Bakar, Pengembangan Instrumen Tes Fisika Berbasis Dimensi Pengetahuan Konseptual Dari Taksonomi Bloom Revisi, Jurnal Pendidikan Fisika, 2019: 8(2): 141- 148
  29. Rosmaini S, Darmawati , Ria Puspita Sari, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII 3 SMP Negeri 32 Pekanbaru
  30. Tahun Pelajaran 2011/2012 , Jurnal Biogenesis,2011: 8(1): 54-66.