Main Article Content
Abstract
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Winarti, Affa Ardhi Saputri., Pengembangan Modul Fisika Berbasis
- Metakognisi Pada Materi Pokok Elastisitas Dan Gerak Harmonik
- Sederhana, Jurnal Psikologi Integratif 2013 : 1(1): 187 – 195.
- Febrina, E., Mukhidin, Metakognitif Sebagai Keterampilan Berfikir Tingkat
- Tinggi Pada Pembelajaran Abad 21, Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2019 : 6(1): 25-32.
- Dosoete, A.,.Evaluating and Improving The Mathematics Teaching-Learning Process Through Metacognition. Electronic Journal of Research in
- Educational Psychology., 2007: 5(13):705-730.
- Sholihah, U., Membangun Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah
- Matematika, TA’ALLUM, 2016:4(1): 83-100.
- Herlanti, Y., Kesadaran Metakognitif Dan Pengetahuan Metakognitif Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Dalam Mempersiapkan etercapaian Standar Kelulusan Pada Kurikulum 2013, Cakrawala Pendidikan,2015: 34(3): 357– 367.
- Sastrawati, E., Muhammad Rusdi, Syamsurizal., Problem-Based Learning,
- Strategi Metakognisi, Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa, TeknoPedagogi, 2011 : 1(2): 1-14.
- Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Http://disdik.jabarprov. Go.id/product/19/peraturan-menteripendidikan-nasional-41-tahun-2007.
- Hasbullah,Yogi Wiratomo, Eva Yuni Rahmawati, Pengembangan LKS
- Pemecahan Masalah Matematika Bilingual Berdasarkan Strategi
- Metakognitif untuk SMP Kelas VII. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika ,
- , 2(1): 31-35.
- Iskandar, S..M., Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas, RUDIO, 2014 : 2(2): 13-20.
- Novita, T., Wahyu Widada, Saleh Haji, Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa SMA dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika Rejang Lebong, Jurnal
- Pendidikan Matematika Raflesia 2018:3 (1): 41-54.
- Pujiank, S., Jamaluddin, Gito Hadiprayitno, Kemampuan Metakognisi
- Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram,
- Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 2016: 1 (10):
- -2022.
- Mutaqwiyati,I., Nurhamidah, Hermansyah Amir, Penerapan Model
- Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Dengan Menggunakan
- Media Audio-visual Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan
- Hasil Belajar Siswa Di SMA N 09 Kota Bengkulu , Alotrop, 2018: 2(2): 184-190.
- Nurmahanani, I ., Penerapan Strategi Metakognisi Dan Berpikir Kritis Dalam Menulis Argumentasi Pada Mahasiswa PGSD UPI Kampus Purwakarta, Metodi Didaktik , 2016: 10(2): 9-20.
- Susilo,A., Siswandari, Bandi, Pengembangan Modul Berbasis
- Pembelajaran Saintifik Untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta
- Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N I
- Slogohimo, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 2014: 26 (1): 50-56.
- Adamura, F., Titin Masfingatin, Pengembangan Perangkat Pembelajaran
- Berdasarkan Masalah Materi Geometri Non Euclides Untuk Melatihkan
- Berpikir Kritis Dan Kreatif, Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 2015:
- (1):14-24.
- Ernawati , I., Totok Sukardiyono, Uji Kelayakan Media Pembelajaran
- Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server, Electronics,
- Informatics, and Vocational Education, 2017: 2(2): 204-210.
- Gustinasari, M., Lufri, Ardi, Pengembangan Modul Pembelajaran
- Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA
- Bioeducation Journal , 2017: 1(1): 60-73.
- Haji, S., Membangun Karater Bangsa Melalui Penerapan Etnomatematika
- Bengkulu Dalam Pendidikan Matematika. Proseding Seminar
- Pendidikan Matematika. Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP
- Universitas Bengkulu, 2011. ISBN 976-502-19285-0-9: 9-13.
- Fatmawati, L., Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Model Learning
- Cycle Untuk Mendukung Kompetensi Profesional Mahasiswa PGSD,
- Elementary School , 2016: 3 (1): 123-134.
References
Winarti, Affa Ardhi Saputri., Pengembangan Modul Fisika Berbasis
Metakognisi Pada Materi Pokok Elastisitas Dan Gerak Harmonik
Sederhana, Jurnal Psikologi Integratif 2013 : 1(1): 187 – 195.
Febrina, E., Mukhidin, Metakognitif Sebagai Keterampilan Berfikir Tingkat
Tinggi Pada Pembelajaran Abad 21, Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2019 : 6(1): 25-32.
Dosoete, A.,.Evaluating and Improving The Mathematics Teaching-Learning Process Through Metacognition. Electronic Journal of Research in
Educational Psychology., 2007: 5(13):705-730.
Sholihah, U., Membangun Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah
Matematika, TA’ALLUM, 2016:4(1): 83-100.
Herlanti, Y., Kesadaran Metakognitif Dan Pengetahuan Metakognitif Peserta Didik Sekolah Menengah Atas Dalam Mempersiapkan etercapaian Standar Kelulusan Pada Kurikulum 2013, Cakrawala Pendidikan,2015: 34(3): 357– 367.
Sastrawati, E., Muhammad Rusdi, Syamsurizal., Problem-Based Learning,
Strategi Metakognisi, Dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa, TeknoPedagogi, 2011 : 1(2): 1-14.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Http://disdik.jabarprov. Go.id/product/19/peraturan-menteripendidikan-nasional-41-tahun-2007.
Hasbullah,Yogi Wiratomo, Eva Yuni Rahmawati, Pengembangan LKS
Pemecahan Masalah Matematika Bilingual Berdasarkan Strategi
Metakognitif untuk SMP Kelas VII. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika ,
, 2(1): 31-35.
Iskandar, S..M., Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Sains Di Kelas, RUDIO, 2014 : 2(2): 13-20.
Novita, T., Wahyu Widada, Saleh Haji, Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika siswa SMA dalam pembelajaran matematika berorientasi etnomatematika Rejang Lebong, Jurnal
Pendidikan Matematika Raflesia 2018:3 (1): 41-54.
Pujiank, S., Jamaluddin, Gito Hadiprayitno, Kemampuan Metakognisi
Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mataram,
Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan , 2016: 1 (10):
-2022.
Mutaqwiyati,I., Nurhamidah, Hermansyah Amir, Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) Dengan Menggunakan
Media Audio-visual Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan
Hasil Belajar Siswa Di SMA N 09 Kota Bengkulu , Alotrop, 2018: 2(2): 184-190.
Nurmahanani, I ., Penerapan Strategi Metakognisi Dan Berpikir Kritis Dalam Menulis Argumentasi Pada Mahasiswa PGSD UPI Kampus Purwakarta, Metodi Didaktik , 2016: 10(2): 9-20.
Susilo,A., Siswandari, Bandi, Pengembangan Modul Berbasis
Pembelajaran Saintifik Untuk Peningkatan Kemampuan Mencipta
Siswa Dalam Proses Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XII SMA N I
Slogohimo, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 2014: 26 (1): 50-56.
Adamura, F., Titin Masfingatin, Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Berdasarkan Masalah Materi Geometri Non Euclides Untuk Melatihkan
Berpikir Kritis Dan Kreatif, Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 2015:
(1):14-24.
Ernawati , I., Totok Sukardiyono, Uji Kelayakan Media Pembelajaran
Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server, Electronics,
Informatics, and Vocational Education, 2017: 2(2): 204-210.
Gustinasari, M., Lufri, Ardi, Pengembangan Modul Pembelajaran
Berbasis Konsep Disertai Contoh pada Materi Sel untuk Siswa SMA
Bioeducation Journal , 2017: 1(1): 60-73.
Haji, S., Membangun Karater Bangsa Melalui Penerapan Etnomatematika
Bengkulu Dalam Pendidikan Matematika. Proseding Seminar
Pendidikan Matematika. Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP
Universitas Bengkulu, 2011. ISBN 976-502-19285-0-9: 9-13.
Fatmawati, L., Pengembangan Bahan Ajar IPS Berbasis Model Learning
Cycle Untuk Mendukung Kompetensi Profesional Mahasiswa PGSD,
Elementary School , 2016: 3 (1): 123-134.