Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan minat dan hasil belajar kimia siswa dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan model pembelajaran Think Pair Share pada materi persamaan reaksi kimia di SMAN 8 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari - April 2019. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIA dengan jumlah populasi 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan setelah uji homogenitas dan normalitas maka terpilih kelas X MIA 2 yang menerapkan model Team Assisted Individualization dan X MIA 3 yang menerapkan model Think Pair Share sebagai sampel penelitian dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 68 siswa. Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas,uji N-Gain Score dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa penerapan model Team Assisted Individualization mampu memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dari model Think Pair Share. Data hasil belajar kimia siswa diperoleh dari nilai pretest dan postest dengan selisih hasil belajar untuk kelas eksperimen I adalah 59,411 dan kelas eksperimen II adalah 57,647, berdasarkan nilai pretest dan postest didapatkan perolehan nilai N-Gain Score pada kelas eksperimen 1 besar 0,765 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,707. Sedangkan minat belajar kimia siswa pada kedua kelas memperoleh persentase sebesar 81,272% untuk model pembelajaran Team Assisted Individualization dan 76,647% untuk model pembelajaran Think Pair Share. Hasil uji t pada aspek kognitif didapatkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,013 dan pada aspek afektif minat belajr sebesar 0,000. Hal tersebut menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada minat dan hasil belajar kimia yang menerapkan model pembelajaran Team Assisted Individualization dan Think Pair Share

Keywords

Minat Belajar Hasil Belajar Team Assisted Individualization Think Pair Share

Article Details

How to Cite
Napitupuluh, E., Elvia, R., & Rohiat, S. (2021). PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA. ALOTROP, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16478

References

  1. Prasetyo, E., Budi Utami, dan Haryono. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi dengan media LKS Bebasis Model Latihan Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar siswa Kelas X MIPA 1 Pada Materi Stokiometri Di SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. 2018. Jurnal Pendidikan Kimia, 2018, 7(2):217-225
  2. Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta. Bandung. ISBN: 9397362597.
  3. Hidayat, R., Maria Erna, dan R Usman Rery, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia di Kelas X MIA SMAN 2 Tambang, Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan , 2017, 4(1): 1-8
  4. Rusman. 2013. Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi kedua. Jakarta:Rajawali Pers. ISBN: 978-979-769-460-9
  5. Hadi, N.P.S., Mohammad Masykuri dan Haryono, Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Materi Hidrokarbon Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan Media Interaktif. Jurnal Pendidikan Kimia. 2018, 7(1):146-153
  6. Handayani , R.S., Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair-Share Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SDN Malangga Selatan Tolitoli Jurnal Kreatif Tadulako Online , 2016, 4 (11): 109-118
  7. Arki, A.K.H., Army Auliah, dan Iwan Dini. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa). Jurnal Chemica. 18(2):71-79.
  8. Jaya, H., dan Muhammad Danial, Pengaruh KEG Dalam Pembelajaran Kooperatif TPS Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Sistem Koloid. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia( JPPK), 2014, 1(1):29-34.
  9. Kurniasari, E.F., dan Eunice Widyanti Setyaningtyas. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) dengan Teknik Gallery Walk. Journal of Education Research and Evaluation, 2017, 1(2): 120-127
  10. Hariyati, E., Mardiyana dan Budi Usodo. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dan Problem Based Learning (PBL) Pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Multiple Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2013, 1 (7) :721 - 731.
  11. Sitanggang, L.J., Mohammad Masykuri, dan Ashadi. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Berbantuan Buku Saku Pada Materi Redoks Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MIA 5 SMA Negeri 2 Boyolali. Jurnal Pendidikan Kimia. , 2018, 7(2): 252-258.
  12. Alfahmi, A.M., dan Ganes Gunansyah, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think Pair Share)
  13. Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS DI Sekolah Dasar, Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2014, 2 (2): 1-11.
  14. Shoimin, A.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. ISBN: 9793572536