Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan hasil belajar antara kelas yang menerapkan model pembelajaran Two stay two stray dengan kelas yang menerapkan model Group investigation pada materii perkembangan teori atom di kelas X IPA SMA Negeri 9 kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian dengan jenis eksperimen semu.Analisis data yang digunakan adalah rata-rata (mean), uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji U). Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPA sebanyak tiga kelas. Sampel pada penelitian ini sebanyak dua kelas, yaitu kelas X IPA 2 sebagai kelas eksperimen I dan kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen II.Data hasil belajar kimia siswa diperoleh dari nilai pretes dan postes. Hasil dari nilai rata-rata pretes dan postes sebesar 33,751 dan 74,643 untuk kelas exsperimen I sedangkan pada kelas exsperimen II nilai pretest dan postest sebesar 30,385 dan 72,308 dengan  rata-rata nilai selisih untuk kelas two stay two stray dan group investigation adalah sebesar 41,072 dan 41,923. Data tersebut menyimpulkan bahwa kelas eksperimen II lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan pada kelas eksperimen II meskipun nilai rata-rata yang diperoleh dari kedua kelas masih dibawah setandar KKM.Berdasarkan hasil uji  Hipotesis (uji U) dengan taraf signifikansi < 0,05 didapatkan nilai signifikansi hitunga sebesar 0,466. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran two stay two stray dengan model pembelajaran group investigation.

Article Details

How to Cite
Krisma, A. H., Handayani, D., & Nurhamidah, N. (2021). PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KOPERASI TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA. ALOTROP, 5(1), 19–26. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16482

References

  1. Gasong, Dina. 2018. Belajar dan Pembelajaran.Yogyakarta : Deepublish. ISBN :978-602-475-164-7
  2. Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo. ISBN :978-979-670-156-8
  3. Nur, Muhammad Irwan., Moh. Salam dan Hasnawati. 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Tongkuno. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika. 4 (1): 99-112
  4. Sari, L.W. Cawang dan Rizmahardian. 2017. Aktivitas Belajar siswa Pada Materi Struktur AtomKelas X MIA Sekolah Menengah Atas Negri 4 Pontianak. Ar-Razi Jurnal Ilmiah. 5(1) : 45-53
  5. Rohmah, Zein Fikri., Triyanto dan Laila Fitriana. 2018. Eksperimentasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dengan Pendekatan Savi Pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Kelas Viii Smp Negeri 2 Jaten Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM). 2 (3) : 187-193
  6. Nino, R.D.F, Budijanto dan Ach. Amirudin. 2017, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Transformasi Pendidikan Abad 21. 4 (3) : 431-434
  7. Maspupah, Meti., Ara Hidayat dan Rosiana Latifa. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition (Circ) Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Xi Ipa Sman 1 Bojongsoang Pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Program Studi Pendidikan Biologi. 8(1) : 34-42
  8. Faelasofi, Rahma., Yunni Arnida dan Ana Istiani. 2015. Metode Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal e-Du Math. 1(2) : 122-136
  9. Apriliani, Dewi., Dkk. 2019. Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran TSTS Brbantu media Tengram.Jurnal Pendidikan. 2(1) : 94
  10. Yuniharto, Bonifatius Sigit dan Maria Melani Ikasusanti. 2019. Peningkatan Minat Belajar dan Kreativitas siswa Kelas III A SDN Maguwoharjo I Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI PadaMateri Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Jurnal Elementry. 1(2) : 24
  11. Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Inovasi Pembelajaran.Jakarta : Bumi Aksara. ISBN: 978-602-217-399-1
  12. Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Karya. ISBN : 978-979-518-852-0
  13. Slameto.2010. Belajar Dan Paktor-Paktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. ISBN : 978-979-518-166-8
  14. Sudjana. 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. ISBN: 979-514-000-0