Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengindentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa pada materi reaksi reduksi oksidasi (redoks) di MAN 1 Kota Bengkulu berdasarkan indikator dari facione yang dilakukan pada bulan Maret – Agustus 2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA MAN 1 Kota Bengkulu berjumlah 220 siswa. Sampel penelitian sebanyak 112 siswa. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal uraian, rubrik penilaian dan pedoman penskoran serta instumen non tes berupa lembar validasi ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa di kelas XI MIPA MAN 1 Kota Bengkulu pada materi reaksi reduksi oksidasi yaitu memiliki kemampuan sangat kritis dengan persentase 4%, memiliki kemampuan kritis dengan persentase 22%, memiliki kemampuan cukup kritis dengan persentase 18%, memiliki kemampuan kurang kritis dengan persentase 47% dan memiliki kemampuan tidak kritis dengan persentase 9%. Skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 56,14 yang berada pada kategori cukup kritis. Untuk hasil persentase berdasarkan tiap indikator dari facione yaitu, indikator interpretasi sebesar 40% termasuk dalam kategori kurang kritis, indikator inferensi sebesar 67% termasuk dalam kategori kritis, indikator eksplansi sebesar 63% termasuk dalam kategori cukup kritis, indikator self regulation sebesar 70% termasuk dalam kategori kritis, indikator analisis sebesar 56% termasuk dalam kategori cukup kritis, indikator evaluasi sebesar 40% termasuk dalam kategori kurang kritis.

Article Details

How to Cite
Andraini, M. R., Rohiat, S., & Elvia, R. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI REAKSI REDUKSI OKSIDASI (REDOKS) DI MAN 1 KOTA BENGKULU. ALOTROP, 5(1), 35–41. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16484

References

  1. Ainiyah, N., Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Ulum, 2013, 13(1): 25-38
  2. Lestari, S., Peran Teknologi Dalam Pendidikan Di Era Globalisasi, edureligia , 2018, 2 (2): 94-100
  3. Anwar, R., Hal-Hal Yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013 , Humaniora 2014, 5 (1): 97-106
  4. Clorawati,A.R., Salastri Rohiat dan Hermansyah Amir. Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia di SMA Negeri Sekota Bengkulu.Alotrop, 2017:1(2):132-135
  5. Cahyono, B., Analisis Ketrampilan Berfikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Ditinjau Perbedaan Gender, Aksioma, 2017, 8(1): 50-64.
  6. Yunita,S., Salastri Rohiat dan Hermansyah Amir, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kepahiang, Alotrop,2018:2(1):32-37
  7. Fernanda, A., Sri Haryani, Agung Tri Prasetya dan Mahmud Hilmi, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI Pada Materi Larutan Penyangga Dengan Model Pembelajaran Predict Observe Explain, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia,2019, 13 (1): 2326 – 2336
  8. Annuuru, T.A., Riche Cynthia Johan dan Mohammad Ali, Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger, Edutcehnologia, 2017, 3 (2): 136-144.
  9. Shanti, W.N., Dyahsih Alin Sholihah dan Adhetia Martyanti, Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Problem Posing, Literasi, 2017, 8(1): 49-59.
  10. Rahma, A.N., Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri
  11. Berpendekatan SETS Materi Kelarutan Dan HasilKali Kelarutan Untuk Menumbuhkan Keterampilan Berpikir
  12. Kritis Dan Empati Siswa Terhadap Lingkungan, Journal of Educational Research and Evaluation, 2012, 1(2): 133-138.
  13. Nindya Wulan Yunita, Hobri, Ervin Oktavianingtyas, Sunardi dan Erfan Yudianto, Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aritmetika Sosial Dalam Pembelajaran Berbasis Lesson Study For Learning Community Ditinjau Dari Kecerdasan Logis Matematis, Kadikma, 2018, 9 (3): 1-10.
  14. Darmaji, A., Dasar-Dasar Ontologis Pemahaman Hermeneutik Hans-Georg Gadamer, Refleksi, 2013, 13 (4): 469-494.
  15. Fatmawati , H., Mardiyana dan Triyanto, Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014), Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2014, 2(9): 899-910.
  16. Afrizon, R., Ratnawulan dan Ahmad Fauzi, Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang Pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem BASED Instruction, Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 2012, 1(1): 1-16.
  17. Mustafa, H., Perilaku Manusia Dalam Perspektif Psikologi Sosial, Jurnal Administrasi Bisnis, 2011, 7(2) :143 –156
  18. Sriyanti, L., 2011, Psikologi Belajar, STAIN Salatiga Press, ISBN : 978-602-99796-8-8.