Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pemanfaatan media presentasi online Prezi pada materi konsep mol terhadap hasil belajar siswa Kelas X MIPA SMA N 9 Bengkulu Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Data berupa N-Gain Score, lembar observasi guru, angket respon siswa. Analisis data menggunakan rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Data hasil belajar siswa diperoleh dari nilai pretest dan posttest dengan rata-rata 34,636 dan 71,545 untuk kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol 27,407 dan 61,407. Pemanfaatan media online Prezi mendapat nilai N-Gain Score sebesar 0,587 diperoleh dari rata-rata pretest dan posttest. Hasil observasi guru kimia pembelajaran berlangsung dengan baik dengan skor total 20. Respon siswa dari angket berisi 10 pernyataan sangat positif dengan persentase 81,93%. Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) dengan taraf signifikansi < 0,05 didapat nilai 0,000423. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran kimia yang menggunakan media presentasi online Prezi dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Keywords

Hasil belajar respon siswa media online presentasi Prezi pendekatan saintifik. Hasil belajar respon siswa media online presentasi Prezi pendekatan saintifik.

Article Details

How to Cite
Ikram, A. F. Z., Elvia, R., & Handayani, D. (2021). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PRESENTASI ONLINE PREZI PADA MATERI KONSEP MOL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Eksperimen di Kelas X MIPA SMAN 9 Bengkulu Utara). ALOTROP, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16488

References

  1. . Sanjaya, W., 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Pada Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana. ISBN: 979-3925-73-6
  2. . Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali. ISBN: 978-979-769-460-9
  3. . Utami, B. 2009. Kimia 1 : Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. ISBN: 978-979-068-179-8
  4. . Sumiati, 2016, Pengembangan LKS Dan Penerapannya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pokok Stoikiometri Siswa Kelas X SMAN 1 Batulayar Tahun Pelajaran 2015/2016, J. Pijar MIPA, 11 (2): 94-99
  5. . Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia. ISBN: 978-979-450-683-7
  6. . Epinur, Wildan Syahri dan Adriyani. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Pada Materi Elektrokimia Untuk Kelas XII SMA N 8 Kota Jambi Dengan Menggunakan Software Prezi. Jurnal Pendidikan Sosial Integritas Dan Kimia UNJA. 6 (1) 13-22
  7. . Arikunto, S., 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. ISBN: 979-526-467-2
  8. . Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. ISBN: 979-8433-64-0
  9. . Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya. ISBN: 979-514-000-0
  10. . Kadaruddin. 2016. Buku Referensi Media dan Multimedia Pembelajaran. Yogyakarta : Deepublish. ISBN: 978-602-280-957-9
  11. . Totiana, F., Elfi Susanti dan Tri Rejeki, 2012. Efektivitas Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Kimia USM. 1 (1) 74-79
  12. . Meltzer, D.E., 2002, “The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physics,” American Journal of Physics and Astronomy. 70 (12), 1260.
  13. . Haryoko, S., 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro UNM. 5 (1) 1-10.