Main Article Content
Abstract
Kimia sekolah di perguruan tinggi mempelajari dasar materi kimia untuk menjadi bekal di lapangan kerja nanti. Di dalam kimia sekolah, dibutuhkan pemahaman yang cukup kompleks untuk interkoneksi dari seluruh materi yang ada. Untuk pemahaman yang baik dalam menghubungkan tiga level representasi dari ilmu kimia maka digunakan mobile learning dengan pembuatan aplikasi berbasis android yang mudah diakses oleh seluruh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kebutuhan media pembelajaran berbasis android materi kimia sekolah pada perguruan tinggi, menganalisa efektivitas media pembelajaran berbasis android terhadap pembelajaran kimia sekolah. Model penelitian yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di Program studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Persentase kevalidan yang diperoleh dari ahli media sebesar 90,0%, ahli materi 83,75%, dan mahasiswa sebagai pengguna sebesar 90,0%. Persentase ini digolongkan dengan valid.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Mendikbud, (2013). Permendikbud nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi kurikulum. Mulyanto dan Leong, M.M. 2009. Tutorial membangun multimedia interaktif media pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya
- Jansoon, N., Coll, R., & Somsook, E. (2009). Understanding Mental Models Of Dilution in Thai Students. International Journal of Environmental & Science Education, 4 (2), 147-168
- Wiji, Liliasari, Sopandi, W., & Martoprawiro, M. A. K. (2014). Kemampuan Berpikir Logis dan Model Mental Kimia Sekolah Mahasiswa Calon Guru. Cakrawala Pendidikan, 1, 147-156
- Chittleborough, G. D. (2004). The Role of Teaching Models and Chemical Representation in Developing Students’ Mental models of Chemical Phenomena. (Thesis). Curtin University of Technology: tidak diterbitkan.
- Hosnan.M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
- Calimag, J. N., Mugel, P. A., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubquitous learning environment using android mobile application. International Journal of Research in Engineering & Technology , 2 (2), 119-128
- Wang, C.Y. (2007). The Role of Mental-Modeling Ability, Content Knowledge, and Mental Models in General Chemistry Students’ Understanding About Molecular Polarity. (Disertasi). Faculty of the Graduate School, University of Missouri, Columbia
- Anggraeni, R. D & Rudy Kustijono. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA) Vol 3 No 1, Juni 2013. ISSN: 2087-9946
- Borg, W. R. & Gall, M. D. (1989). Educational Research an Introduction. New York: Longman
- Jabbour, K. K. (2014). An Analysis of the effect of mobile learning on lebanse higher education. Informatics in Education, 13 (1), 1-15
References
Mendikbud, (2013). Permendikbud nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi kurikulum. Mulyanto dan Leong, M.M. 2009. Tutorial membangun multimedia interaktif media pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya
Jansoon, N., Coll, R., & Somsook, E. (2009). Understanding Mental Models Of Dilution in Thai Students. International Journal of Environmental & Science Education, 4 (2), 147-168
Wiji, Liliasari, Sopandi, W., & Martoprawiro, M. A. K. (2014). Kemampuan Berpikir Logis dan Model Mental Kimia Sekolah Mahasiswa Calon Guru. Cakrawala Pendidikan, 1, 147-156
Chittleborough, G. D. (2004). The Role of Teaching Models and Chemical Representation in Developing Students’ Mental models of Chemical Phenomena. (Thesis). Curtin University of Technology: tidak diterbitkan.
Hosnan.M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
Calimag, J. N., Mugel, P. A., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubquitous learning environment using android mobile application. International Journal of Research in Engineering & Technology , 2 (2), 119-128
Wang, C.Y. (2007). The Role of Mental-Modeling Ability, Content Knowledge, and Mental Models in General Chemistry Students’ Understanding About Molecular Polarity. (Disertasi). Faculty of the Graduate School, University of Missouri, Columbia
Anggraeni, R. D & Rudy Kustijono. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA) Vol 3 No 1, Juni 2013. ISSN: 2087-9946
Borg, W. R. & Gall, M. D. (1989). Educational Research an Introduction. New York: Longman
Jabbour, K. K. (2014). An Analysis of the effect of mobile learning on lebanse higher education. Informatics in Education, 13 (1), 1-15