Main Article Content

Abstract

Kimia sekolah di perguruan tinggi mempelajari dasar materi kimia untuk menjadi bekal di lapangan kerja nanti. Di dalam kimia sekolah,  dibutuhkan pemahaman yang cukup kompleks untuk interkoneksi dari seluruh materi yang ada. Untuk pemahaman yang baik dalam menghubungkan tiga level representasi dari ilmu kimia maka digunakan mobile learning dengan pembuatan aplikasi berbasis android yang mudah diakses oleh seluruh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan potensi dan kebutuhan media pembelajaran berbasis android materi kimia sekolah pada perguruan tinggi, menganalisa efektivitas media pembelajaran berbasis android terhadap pembelajaran kimia sekolah. Model penelitian yang diterapkan adalah penelitian dan pengembangan. Penelitian ini dilakukan di Program studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu. Persentase kevalidan yang diperoleh dari ahli media sebesar 90,0%, ahli materi 83,75%, dan mahasiswa sebagai pengguna sebesar 90,0%. Persentase ini digolongkan dengan valid.

Article Details

How to Cite
Amida, N., & Rohiat, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID MATERI KIMIA SEKOLAH PADA PERGURUAN TINGGI. ALOTROP, 5(1), 88–91. https://doi.org/10.33369/atp.v5i1.16491

References

  1. Mendikbud, (2013). Permendikbud nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi kurikulum. Mulyanto dan Leong, M.M. 2009. Tutorial membangun multimedia interaktif media pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Atma Jaya
  2. Jansoon, N., Coll, R., & Somsook, E. (2009). Understanding Mental Models Of Dilution in Thai Students. International Journal of Environmental & Science Education, 4 (2), 147-168
  3. Wiji, Liliasari, Sopandi, W., & Martoprawiro, M. A. K. (2014). Kemampuan Berpikir Logis dan Model Mental Kimia Sekolah Mahasiswa Calon Guru. Cakrawala Pendidikan, 1, 147-156
  4. Chittleborough, G. D. (2004). The Role of Teaching Models and Chemical Representation in Developing Students’ Mental models of Chemical Phenomena. (Thesis). Curtin University of Technology: tidak diterbitkan.
  5. Hosnan.M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia
  6. Calimag, J. N., Mugel, P. A., Conde, R. S., & Aquino, L. B. (2014). Ubquitous learning environment using android mobile application. International Journal of Research in Engineering & Technology , 2 (2), 119-128
  7. Wang, C.Y. (2007). The Role of Mental-Modeling Ability, Content Knowledge, and Mental Models in General Chemistry Students’ Understanding About Molecular Polarity. (Disertasi). Faculty of the Graduate School, University of Missouri, Columbia
  8. Anggraeni, R. D & Rudy Kustijono. (2013). Pengembangan Media Animasi Fisika Pada Materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA) Vol 3 No 1, Juni 2013. ISSN: 2087-9946
  9. Borg, W. R. & Gall, M. D. (1989). Educational Research an Introduction. New York: Longman
  10. Jabbour, K. K. (2014). An Analysis of the effect of mobile learning on lebanse higher education. Informatics in Education, 13 (1), 1-15