Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan representasi simbolik siswa kelas XI IPA SMA N 01 Padang Jaya pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa kelas XI IPA SMA N 01 Padang Jaya. Kemampuan representasi simbolik siswa diukur menggunakan tes tertulis berbentuk esai. Teknik analisis data didasarkan pada data yang telah dikumpulkan dari jawaban tes yang diberikan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi simbolik siswa kelas XI IPA SMA N 01 Padang Jaya pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan rendahnya persentase rata-rata kemampuan representasi simbolik siswa 40% (kategori kurang).
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Sappaile, N., Hubungan Pemahaman Konsep Perbandingan Dengan Hasil Belajar Kimia Materi Stoikiometri, JIP STKIP Kusuma Negara Jakarta , 2019, 10 (2) : 58-71.
- Indrayani , P., Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMA serta Upaya Perbaikannya dengan Pendekatan Mikroskopik , Jurnal Pendidikan Sains, 2013, 1(2): 208-216
- Yuniarti, E., Amrul Bahar dan Elvinawati, Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Konsep Redoks Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu, Alotrop, 2020, 4(1): 69-82
- Winarti, A., dan Sunarti, 2017, Strategi Belajar Mengajar Kimia. Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, ISBN: 978-602-60306-2-7
- Zidny, R., Wahyu Sopandi dan Ali Kusrijadi, Gambaran Level Submikroskopik Untuk Menunjukkan
- Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Kimia Dan Stoikiometri, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, , 2015, 1(1): 42-59
- Zuhroti, B., Siti Marfu’ah, dan Mohammad Sodiq Ibnu, Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikrokopik Dan Simbolik Siswa Pada Materi Asam -Basa, Jurnal Pembelajaran Kimia, 2018 , 3(2): 44-49.
- Marinda,L., Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar, An-Nisa”: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 2020, 13(1): 116-152.
- Muderawan, I.W., I Gusti Lanang Wiratma dan Muthia Zahra Nabila, Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan, Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2019, 3(1): 17-23.
- Sukmawati,W., Analisis level makroskopis , mikroskopis dan simbolik mahasiswa dalam memahami elektrokimia, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2019, 5 (2) : 195-204
- Aulia, N., Latifah Hanum dan Mukhlis, Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Kimia Berbasis Makroskopik dan Simbolik pada Materi Hukum Dasar dan Perhitungan Kimia di Kelas X SMA Negeri 1 Indrapuri, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) , 2017, 2 (4): 237-244.
- Sulaiman, N., Efektivitas Model Pembelajaran Novick dalam Pembelajaran Kimia Kelas XII IA2 SMAN 1 Donri - Donri (Studi pada Materi Pokok Gugus fungsi), Jurnal Chemica , 2012, 13 (2): 67 - 73
- Lestari, D., Zulfadli dan Ade Ismayani, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa di Kelas XI SMA Negeri 8 Banda Aceh,
- Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2017, 2 (3): 193-200.
- Aji, B.S., dan M. E Winarno, Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2016, 1(7): 1449- 1463
- Sanjiwani NLI., I.W, Muderawan dan I.K, Sudiana , Analisis Kesulitan Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 2 Banjar, Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2018, 2 (2): 75-84.
- Athaillah, Ibnu Khaldun dan Mursal, Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Laboratorium Virtual Pada Materi Listrik Dinamis Di SMA Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2017, 5 (1) : 114-119.
- Jelatu, S., dan Valeria Suryani Kurnila, Analisis Pemahaman Translasi Bentuk Verbal ke Visual pada Materi Trigonometri, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2019, 9(3): 191-202
- Romadiastri, Y., Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika Dalam Menyelesaikan Soal-soal Logika, Jurnal Phenomenon, 2012, 2 (1): 75-92.
- Ristiyani, E dan Evi Sapinatul Bahriah, Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di SMAN X Kota Tangerang Selatan, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2, (1): 18-29
References
Sappaile, N., Hubungan Pemahaman Konsep Perbandingan Dengan Hasil Belajar Kimia Materi Stoikiometri, JIP STKIP Kusuma Negara Jakarta , 2019, 10 (2) : 58-71.
Indrayani , P., Analisis Pemahaman Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Titrasi Asam-Basa Siswa Kelas XI IPA SMA serta Upaya Perbaikannya dengan Pendekatan Mikroskopik , Jurnal Pendidikan Sains, 2013, 1(2): 208-216
Yuniarti, E., Amrul Bahar dan Elvinawati, Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Konsep Redoks Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu, Alotrop, 2020, 4(1): 69-82
Winarti, A., dan Sunarti, 2017, Strategi Belajar Mengajar Kimia. Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, ISBN: 978-602-60306-2-7
Zidny, R., Wahyu Sopandi dan Ali Kusrijadi, Gambaran Level Submikroskopik Untuk Menunjukkan
Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Kimia Dan Stoikiometri, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, , 2015, 1(1): 42-59
Zuhroti, B., Siti Marfu’ah, dan Mohammad Sodiq Ibnu, Identifikasi Pemahaman Konsep Tingkat Representasi Makroskopik, Mikrokopik Dan Simbolik Siswa Pada Materi Asam -Basa, Jurnal Pembelajaran Kimia, 2018 , 3(2): 44-49.
Marinda,L., Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar, An-Nisa”: Jurnal Kajian Perempuan & Keislaman, 2020, 13(1): 116-152.
Muderawan, I.W., I Gusti Lanang Wiratma dan Muthia Zahra Nabila, Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan, Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2019, 3(1): 17-23.
Sukmawati,W., Analisis level makroskopis , mikroskopis dan simbolik mahasiswa dalam memahami elektrokimia, Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2019, 5 (2) : 195-204
Aulia, N., Latifah Hanum dan Mukhlis, Analisis Kemampuan Penyelesaian Soal Kimia Berbasis Makroskopik dan Simbolik pada Materi Hukum Dasar dan Perhitungan Kimia di Kelas X SMA Negeri 1 Indrapuri, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK) , 2017, 2 (4): 237-244.
Sulaiman, N., Efektivitas Model Pembelajaran Novick dalam Pembelajaran Kimia Kelas XII IA2 SMAN 1 Donri - Donri (Studi pada Materi Pokok Gugus fungsi), Jurnal Chemica , 2012, 13 (2): 67 - 73
Lestari, D., Zulfadli dan Ade Ismayani, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa di Kelas XI SMA Negeri 8 Banda Aceh,
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2017, 2 (3): 193-200.
Aji, B.S., dan M. E Winarno, Pengembangan Instrumen Penilaian Pengetahuan Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK) Kelas VIII Semester Gasal, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2016, 1(7): 1449- 1463
Sanjiwani NLI., I.W, Muderawan dan I.K, Sudiana , Analisis Kesulitan Belajar Kimia Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 2 Banjar, Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2018, 2 (2): 75-84.
Athaillah, Ibnu Khaldun dan Mursal, Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Laboratorium Virtual Pada Materi Listrik Dinamis Di SMA Negeri 1 Sukamakmur Aceh Besar, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2017, 5 (1) : 114-119.
Jelatu, S., dan Valeria Suryani Kurnila, Analisis Pemahaman Translasi Bentuk Verbal ke Visual pada Materi Trigonometri, Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2019, 9(3): 191-202
Romadiastri, Y., Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika Dalam Menyelesaikan Soal-soal Logika, Jurnal Phenomenon, 2012, 2 (1): 75-92.
Ristiyani, E dan Evi Sapinatul Bahriah, Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa Di SMAN X Kota Tangerang Selatan, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2, (1): 18-29