Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, respon siswa dan tingkat pemahaman siswa terhadap buku saku kimia berbasis mind mapping materi hidrolisis garam kelas XI MIPA SMAN 1 Bengkulu Tengah tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, model pengembangan yang digunakan yaitu 4D dengan batasan tahapan 3D (define, design, dan development). Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, angket validasi ahli materi dan media, respon siswa pada uji coba skala kecil dan skala besar, serta tes uji pemahaman siswa. Penelitin ini dilakukan pada tanggal 1 Januari-27 Februari 2019, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku saku kimia berbasis mind mapping yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak, menurut ahli materi dengan nilai rata-rata 93,6% dan pada ahli media diperoleh dengan nilai rata-rata 88,3%. Uji coba produk dilihat dari respon siswa pada uji coba skala kecil pada 9 orang siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 92,8% dengan kriteria sangat menarik dan uji coba skala besar pada 30 orang siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 90,7% dengan kriteria sangat menarik. Pada tes uji pemahaman siswa terhadap buku saku kimia yang dibuat diperoleh persentase sebesar 80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan buku saku kimia berbasis mind mapping yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar kimia pada materi hidrolisis garam.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta: Diva, Press. ISBN: 9786022551447
- Fibriani, L., Damris M., dan Risnita. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Kesetimbangan Kimia SMA. Edu-Sains. 2014: 3 (1): 1-5
- Retno, Ardina Titi Purbo., Sulistyo Saputro., dan Budi Utami. Pengembangan Media Pembelajaran Buletin dalam Bentuk Buku Saku Berbasis Hirarki Konsep untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Kimia. 2015: 4 (2): 74-81
- Kustandi, Cecep., dan Sutjipto Bambang. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. ISBN: 9789794506332
- Ami, M.S.,dan Susantini E. Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Journal Unessa. 2012: 1(2): 1-8
- Rahmawati, Nurul Laili., Sudarmin., dan Krispinus Kedati Pukan. Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Bilingual dengan Tema Bahan Kimia dalam Kehidupan Sebagai Bahan Ajar di MTs. Unnes Science Education Journal. 2013: 2 (1): 157-164
- Izza, H.N., Susilowati E., dan Haryono. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dilengkapi Media Buku Saku dan Mind Map Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi di SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2015: 4 (1): 189-195
- Hidayat, A., Saputro S. dan Sukardjo, J.S. Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum Hukum Dasar Kimia Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2015: 4 (2): 47-56
- Windura, Sutanto. 2013. Mind Map untuk Siawa, Guru dan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo. ISBN: 9786020227443
- Aqib, Zainal. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya. ISBN: 978-979-543-591-4
- Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. ISBN: 9786028479714
- Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ISBN: 979-8433-71-8
References
Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta: Diva, Press. ISBN: 9786022551447
Fibriani, L., Damris M., dan Risnita. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Kesetimbangan Kimia SMA. Edu-Sains. 2014: 3 (1): 1-5
Retno, Ardina Titi Purbo., Sulistyo Saputro., dan Budi Utami. Pengembangan Media Pembelajaran Buletin dalam Bentuk Buku Saku Berbasis Hirarki Konsep untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Kimia. 2015: 4 (2): 74-81
Kustandi, Cecep., dan Sutjipto Bambang. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. ISBN: 9789794506332
Ami, M.S.,dan Susantini E. Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Journal Unessa. 2012: 1(2): 1-8
Rahmawati, Nurul Laili., Sudarmin., dan Krispinus Kedati Pukan. Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Bilingual dengan Tema Bahan Kimia dalam Kehidupan Sebagai Bahan Ajar di MTs. Unnes Science Education Journal. 2013: 2 (1): 157-164
Izza, H.N., Susilowati E., dan Haryono. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dilengkapi Media Buku Saku dan Mind Map Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi di SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2015: 4 (1): 189-195
Hidayat, A., Saputro S. dan Sukardjo, J.S. Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum Hukum Dasar Kimia Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2015: 4 (2): 47-56
Windura, Sutanto. 2013. Mind Map untuk Siawa, Guru dan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo. ISBN: 9786020227443
Aqib, Zainal. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya. ISBN: 978-979-543-591-4
Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. ISBN: 9786028479714
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ISBN: 979-8433-71-8