Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, respon siswa dan tingkat pemahaman siswa terhadap buku saku kimia berbasis mind mapping materi hidrolisis garam kelas XI MIPA SMAN 1 Bengkulu Tengah tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, model pengembangan yang digunakan yaitu 4D dengan batasan tahapan 3D (define, design, dan development). Data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, angket validasi ahli materi dan media, respon siswa pada uji coba skala kecil dan skala besar, serta tes uji pemahaman siswa. Penelitin ini dilakukan pada tanggal 1 Januari-27 Februari 2019, hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan buku saku kimia berbasis mind mapping yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak, menurut ahli materi dengan nilai rata-rata 93,6% dan pada ahli media diperoleh dengan nilai rata-rata 88,3%. Uji coba produk dilihat dari respon siswa pada uji coba skala kecil pada 9 orang siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 92,8% dengan kriteria sangat menarik dan uji coba skala besar pada 30 orang siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 90,7% dengan kriteria sangat menarik. Pada tes uji pemahaman siswa terhadap buku saku kimia yang dibuat diperoleh persentase sebesar 80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukkan buku saku kimia berbasis mind mapping yang telah dikembangkan layak untuk digunakan sebagai sumber belajar kimia pada materi hidrolisis garam.

Article Details

How to Cite
Gustina, R., Bahar, A., & Amir, H. (2021). PENGEMBANGAN BUKU SAKU KIMIA BERBASIS MIND MAPPING MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI MIPA SMAN 1 BENGKULU TENGAH. ALOTROP, 5(2), 106–114. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.16699

References

  1. Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta: Diva, Press. ISBN: 9786022551447
  2. Fibriani, L., Damris M., dan Risnita. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta didik pada Materi Kesetimbangan Kimia SMA. Edu-Sains. 2014: 3 (1): 1-5
  3. Retno, Ardina Titi Purbo., Sulistyo Saputro., dan Budi Utami. Pengembangan Media Pembelajaran Buletin dalam Bentuk Buku Saku Berbasis Hirarki Konsep untuk Pembelajaran Kimia Kelas XI Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Kimia. 2015: 4 (2): 74-81
  4. Kustandi, Cecep., dan Sutjipto Bambang. 2013. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. ISBN: 9789794506332
  5. Ami, M.S.,dan Susantini E. Pengembangan Buku Saku Materi Sistem Ekskresi Manusia di SMA/MA Kelas XI. Journal Unessa. 2012: 1(2): 1-8
  6. Rahmawati, Nurul Laili., Sudarmin., dan Krispinus Kedati Pukan. Pengembangan Buku Saku IPA Terpadu Bilingual dengan Tema Bahan Kimia dalam Kehidupan Sebagai Bahan Ajar di MTs. Unnes Science Education Journal. 2013: 2 (1): 157-164
  7. Izza, H.N., Susilowati E., dan Haryono. Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Dilengkapi Media Buku Saku dan Mind Map Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas Xi di SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2015: 4 (1): 189-195
  8. Hidayat, A., Saputro S. dan Sukardjo, J.S. Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia Hukum Hukum Dasar Kimia Untuk Pembelajaran Kimia Kelas X SMAN 1 Boyolali dan SMAN 1 Teras. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2015: 4 (2): 47-56
  9. Windura, Sutanto. 2013. Mind Map untuk Siawa, Guru dan Orang Tua. Jakarta: Elex Media Komputindo. ISBN: 9786020227443
  10. Aqib, Zainal. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya. ISBN: 978-979-543-591-4
  11. Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar. ISBN: 9786028479714
  12. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ISBN: 979-8433-71-8