STUDI PERBANDINGAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING DAN ARTICULATION TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 8 KOTA BENGKULU

Meylinda Angraini(1), Sumpono Sumpono(2), Salastri Rohiat(3),
(1) , Indonesia
(2) Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Program Studi Pendidikan Kimia Jurusan PMIPA FKIP Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbandingan keaktifan dan hasil belajar siswa antara pembelajaran santifik menggunakan teknik mind mapping dan articulation pada materi titrasi asam basa di Kelas XI IPA di SMA Negeri 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian semu eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen I yang diberikan perlakuan pembelajaran saintifik menggunakan teknik mind mapping dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen II yang diberikan perlakuan pembelajaran saintifik menggunakan teknik articulation. Pengumpulan data keaktifan belajar siswa menggunakan lembar observasi sedangkan hasil belajar siswa menggunakan pretes dan postes. Analisa data yang digunakan yaitu nilai rata-rata, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data hasil belajar siswa diperoleh dari selisih pretes dan postes yaitu pada kelas eksperimen I adalah 50,31 dan kelas eksperimen II adalah 58,44. Sedangkan untuk keaktifan belajar siswa diperoleh hasil yaitu kelas eksperimen I sebesar 65,63 % dan kelas ekperimen II sebesar 83,33 %. Untuk mengukur perbedaan kedua teknik tersebut, dilakukanlah uji hipotesis pada keaktifan dan hasil belajar siswa menggunakan uji t dengat taraf signifikan (?=0,05), maka diperoleh nilai untuk kekaktifan belajar siswa thitung 2,67 dan ttabel 1,69, sedangkan untuk hasil belajar thitung 1,90 dan ttabel 1,67. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan dan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas yang menerapkan teknik pembelajaran mind mapping dengan kelas yang menerapkan teknik pembelajaran articulation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa dengan pembelajaran saintifik menggunakan teknik articulation lebih tinggi dibandingkan pembelajaraan saintifik menggunakan teknik mind mapping.


Keywords


Mind Mapping, Artikulasi, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar

References


Wijaya, E.Y., Dwi Agus Sudjimat dan Amat Nyoto, Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, Universitas Kanjuruhan Malang, 29 Mei 2016, Vol 1 Hal: 263-277

Kirom, A., Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural, Al-Murabbi : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2017, 3 (1): 69-80.

Prihartini, Y., Wahyudi, Nur Hasnah dan Muhmamad Ridha DS, Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi

Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop, Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, 19 (2): 79 – 88

Afandi, M., Evi Chamalah, dan Oktarina Puspita Wardani, 2013 , Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah, Semarang , Unissula Press , ISBN 978-602-7525-64-1

Wedi, A., Konsep Dan Masalah Penerapan Metode Pembelajaran: Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Konsistensi Teoretis-Praktis Penggunaan Metode Pembelajaran, Edcomtech, 2016, 1(1): 21-28.

Karuru, P., Persepsi Peserta Didik Terhadap Interaksi Pembelajaran IPA Fisika Di SMP Negeri 3 Mengkendek, Journal Neutrino , 2018, 1 (1): 5-16.

Shafa, Karakteristik Proses Pembelajaran Kurikulum 2013, Dinamika Ilmu , 2014, 14. (1): 81-95.

Pepi, Hermansyah Amir dan Rina Elvia, Perbandingan Hasil Belajar Kimia Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Jigsaw Dan Think Pair Share (TPS) Dengan Pendekatan Scientific Pada Kelas X IPA Di SMAN 3 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2018/2019 , Alotrop , 2019:3(2): 148-157

Farhurohman,O., Hakikat dan Penerapan Model Mind Mapping dalam Pembelajaran di SD/MI, Primary , 2016, 8 (1): 35-42.

Harini, L.P.I., dan Tjokorda Bagus Oka, Penggunaan Mind Map dalam Pembuktian Matematika, Jurnal Matematika , 2016, 6 (1): 56-67.

Rofisian,N., Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas IV SD, ?l-Midad : Jurnal PGMI, 2020,12 (2) : 102-114

Ferdian,F., Zaenal Arifin, Penerapan Metode Artikulasi Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa: Studi Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas X IPA 2 MA Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri, el Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education , 2019, 1(1): 17-30.

Suherman, A., Optimalisasi Penggunaan Metode Pembelajaran Learning Cycle “5E” dan Artikulasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 2018, 6(1): 11-20

Novela, M, Amrul Bahar dan Hermansyah Amir, Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Index Card Match dan Bamboo Dancing. Alotrop. 2017: 1(2) : 123-126.

Emda, A., Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran, Lantanida Journal, 2017, 5 (2): 93-196

Palili,S., Usaha Guru Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMPN 16 Makassar, Fitrah Jurnal Studi Pendidikan, 2017, 8 (1): 39-56.

Setiawan, A., dan Siti Alimah, Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinesthetic (VAK) Terhadap Keaktifan Siswa, Profesi Pendidikan Dasar, 2019, 6(1): 81-90.

Yastiari, D.M., Penerapan Model Pembelajaran Artikulasi dengan Media Gambar Guna Meningkatkan Prestasi Belajar IPA, International Journal of Elementary Education, 2019, 3(4): 431-438.

Aprinawati, I., Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu Volume , 2018, 2 (1): 140-147

Bermi, W., Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN Banyubiru Widodaren Ngawi, Jurnal Al-Lubab, 2018 , 4 (2): 103-117.

Kurniawati K.R.A., dan Habib Ratu Perwira Negara, Efektivitas Model Pembelajaran Artikulasi dan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar, Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2017, 1(1): 5-10

Supadmi, N.L., I Gusti Lanang Wiratma dan Luh Maharani Merta, Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X MIA,

Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2017, 1(2): 48-52.




DOI: https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.16700

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Meylinda Angraini, Sumpono Sumpono, Salastri Rohiat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Alotrop indexed by :

           

ALOTROP

Program Studi Pendidikan Kimia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 2
Jl WR Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : alotrop.fkip@unib.ac.id

View My Stats