Main Article Content

Abstract

Penelitianinimerupakanpenelitiandan pengembangan KIT Praktikum berbasis Guided Inquirypadamateri asam basa yangbertujuan mengetahuikelayakanKIT Praktikum dan mengetahui respon peserta didik terhadap KIT Praktikumyang dikembangkan.  KIT Praktikum ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 07 Mukomuko dengan subjek penelitian yaitu 12 siswa kelas XI MIPA 1. Dari hasil penelitian diperoleh (1) Tingkat kelayakan KIT Praktikumpada aspek materi yaitu 88,5%sedangkan dari aspek media yaitu 90%. Jika dirata-ratakan maka hasil persentase rata-rata tingkat kelayakan KIT praktikum yaitu 89,25%. Sehingga berdasarkan hasil validasi oleh validator KIT praktikum dinyatakan sangat valid, (2) Berdasarkan hasil ujicoba produk, hasil responpeserta didikdikelasterhadap KIT Praktikum berbasis Guided Inquirypadamateri asam basa memperolehpersentase90,83% yangtermasukkategorisangatmenarik. Hasil penelitianini menunjukkanKIT Praktikum berbasis Guided Inquirypadamateri asam basa yangtelahdikembangkansangatlayakdigunakan danlayak diterapkan padaprosespembelajaran.

Article Details

How to Cite
Jelita, Y., Handayani, D., & Amida, N. (2021). PENGEMBANGAN KIT (KOMPONEN INSTRUMEN TERPADU) PRAKTIKUM KIMIA BERBASISGUIDED INQUIRY PADA MATERI ASAM BASA. ALOTROP, 5(2), 149–158. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.17120

References

  1. Indraniyati, Abdul Hadjranul Fatah, dan Nopriawan Berkat Asi, Pemahaman Konsep Struktur Atom Setelah Pembelajaran Menggunakan Model Discovery Learning Berbantuan LKS pada Siswa Kelas X MIA-1 SMA Negeri 1 Paku, Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 2020, 11 (1): 180-192.
  2. Emda, A., Laboratorium Sebagai Sarana Pembelajaran Kimia Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Ketrampilan Kerja Ilmiah, Lantanida Journal, 2017, 5(1): 83-92.
  3. Kartini, K.S., Deskripsi Perkembangan Keterampilan Dasar Kerja Laboratorium Kimia Siswa SMA Negeri 1 Singaraja, Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 2018, 6(1): 21-31
  4. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2015, Revisi Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah (Renstra Ditjen Dikmen) 2015- 2019. Jakarta : Kemendikbud
  5. Maming, R., dan Ramlawati, Pengaruh Pemberian Tugas dalam Pembelajaran Generatif terhadap Penguasaan Konsep Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Mangkutana (Materi Pokok Larutan Asam dan Basa), Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 2017, 16(2): 61-70
  6. Subamia, I.D.P., I GA N Sri Wahyuni, dan Ni N Widiasih, Pengembangan KIT IPA Berorientasi Lingkungan Penunjang Praktikum Pada Pembelajaran IPA Sesuai Kurikulum 2013 Di SMPN 2 Singaraja, Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV Tahun 2014, Singaraja 11 Oktober 2014, Hal 239-249.
  7. Dasopang, K., dan Iis Siti Jahro, Pengembangan KIT Pembelajaran Dari Limbah Pada Materi Ikatan Kimia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 2020, 2(2): 116-120.
  8. Epinur, Afrida, Wilda Syahri, dan Ice Purwanti, Pengembangan KIT Praktikum Dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Materi Laju Reaksi Untuk Siswa SMA, Prosiding SEMIRATA 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura, Pontianak , 5-7 Mei 2015, Hal. 418 - 424
  9. Haryati, S., dan Djulia Onggo, Pembuatan Kit Praktikum Kimia Skala Kecil untuk Pembelajaran Reaksi kimia, Prosiding SNIPS 2016, Bandung , 21-22 Juli 2016 , Hal : 965-970.
  10. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2018, Bandung , Alfabeta, ISBN: 979-8433-71-8
  11. Cahyadi, R.A.H., Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model, HALAQA: Islamic Education Journal, 2019, 3(1): 35-43.
  12. Akbar, S., Instrumen Perangkat Pembelajaran, 2013, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. ISBN: 978-979-692-169-0.
  13. Sungkono, Pengembangan Intrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran, Majalah Ilmiah Pembelajaran,2012,2:1-16
  14. Zidny, R., Dirayati Yusrina1, Intan Aryoningtyas dan Nur Indah Elvina, Uji Kelayakan KIT Praktikum Pengujian Kepolaran Senyawa Dari Material Sederhana, Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 2017, 7 (1) : 52-58.
  15. Trimayanto S., dan Dian Novita, Uji Validitas KIT Praktikum Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Sub Materi Penentuan Persamaan Laju Reaksi, Unesa Journal of Chemical Education, 2019, 8(3): 404-410
  16. Ahadia., Wahono Widodo, dan Ismono, Kelayakan Kit Praktikum Sederhana sebagai Media Pembelajaran pada Materi Listrik Statis. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 2016 , 4(2): 1-7
  17. Ulfa, N., Hairida, dan Rahmat Rasmawan, Keterampilan Kerja Ilmiah Pada Materi Indikator Asam Basa Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa , 2016, 5(8): 1-10..
  18. Bhinnety, M., Struktur Dan Proses Memori, Buletin Psikologi , 2008, 16(2): 74 - 88
  19. Chotib, S.H., Prinsip Dasar Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran, Awwaliyah : Jurnal PGMI, 2018, 1(2): 109- 115.
  20. Choir, M., dan Yeni Anistyasari, Pengembangan Media Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar,Jurnal IT-Edu, 2017, 2 (1): 118-125
  21. Septiani, Y. D., Patricia Lubis, dan Dwi Ratnaningdyah, Pengaruh Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Alat Peraga Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika. , 2020, 1(1) : 45-50.
  22. Izzania, R.A., dan , Endah Widhihastuti, Potensi Penggunaan KIT Praktikum Dan Video Tutorial Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh , Journal of Chemistry In Education , 2020, 9 (2): 1-7