Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui distribusi dan perbandingan soal LOTS (Lower Order Thinking Skills), MOTS (Middle Order Thinking Skills), dan HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada buku teks kimia SMA kelas XI yang digunakan di SMA Negeri di Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2019/2020 berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif yang diadopsi dari penelitian yang dilakukan oleh Putri yang kemudian dimodifikasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari hingga Juli tahun 2020. Subjek dari penelitian ini adalah buku teks kimia kelas XI kurikulum 2013 yang paling banyak digunakan di SMA Negeri di Kota Bengkulu. Proses pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mengenai buku teks yang digunakan oleh gurus dan siswa sebagai sumber belajar pada sebelas SMA negeri yang ada di Kota Bengkulu. Adapun untuk tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tahap persiapan yang terdiri dari studi literatur dan penyusunan instrumen penelitian yang terdiri dari lembar wawancara dan lembar observasi yang berupa lembar analisis pengklasifikasian soal berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom . Tahap pelaksanaan yang terdiri dari pengkodean data dilakukan pada bulan februari 2020 dengan data awalnya adalah soal-soal yang terdapat pada buku teks kimia kelas XI yang berjumlah 169 soal, analisis soal berdasarkan taksonomi Bloom yang dilakukan pada Maret hingga Juni 2020, dan validasi hasil analisis pada bulan Juli 2020, yang mana validasi dilakukan oleh satu orang dosen kimia dan satu orang guru kimia SMA. Tahap akhir yaitu pengolahan hasil data penelitian dan penarikan kesimpulan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil validasi dari soal yang telah dianalisis. Pada hasil validasi didapatkan bahwa nilai koefisien kesepakatan antar validator yaitu 0,78 dengan kategori tinggi, sehingga hasil analisis sudah reliabel. Berdasarkan hasil analisis yang telah divalidasi, didapat bahwa soal dengan tingkat kognitif yang paling banyak yaitu tingkat C3 (mengaplikasikan) sebanyak 52,98%, lalu C2 (memahami) dengan 25%, tingkat C4 (menganalisis) dengan 17,85 %, dan tingkat C1 (mengingat) sebesar 4,17%, sedangkan soal dengan tingkat kognitif C5 (mengevaluasi) dan C6 (mengkreasi/ mencipta) tidak ditemukan. Dan perbandingan untuk soal kategori LOTS, MOTS, dan HOTS adalah 1 : 19 : 4. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa soal-soal yang terdapat pada buku teks kimia kelas XI yang digunakan di SMA Negeri di Kota Bengkulu masih kurang layak untuk digunakan sebagai alat evaluasi.

Article Details

How to Cite
Andari, D., Rohiat, S., & Nurhamidah, N. (2021). ANALISIS SOAL PADA BUKU TEKS KIMIA SMA KELAS XI BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM. ALOTROP, 5(2), 175–182. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.17139

References

  1. Pane, A., dan Muhammad Darwis Dasopang, Belajar Dan Pembelajaran, FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 2017, 3 (2): 333-352.
  2. Asmara, A.N., Penilaian Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kimia Materi Kimia Unsur Menggunakan Mind Map Di Kelas XII IPA Semester 1 SMA Negeri 1 Wonosari, , Lantanida Journal , 2015, 3 (1): 34-54.
  3. Ruwaida, H., Proses Kognitif Dalam Taksonomi Bloom Revisi : Analisis Kemampuan Mencipta (C6) Pada Pembelajaran Fikih Di MI Miftahul Anwar Desa Banua Lawas, Al-Madrasah : Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 2019, 4(1): 51-76.
  4. Effendi,R., Konsep Revisi Taksonomi Bloom Dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP, Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , 2017, 2 (1): 72 - 78.
  5. Sudjana, N., Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, 9th Ed, 2004, Bandung, PT Remaja Rosdakarya, ISBN 979-514-000-0
  6. Hasibuan, M.P., dan Ramlan Silaban, Analisis Kualitas Buku Ajar Kimia Berbasis Kurikulum 2013, Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA (JIPI), 2017, 1(2): 159-164.
  7. Priyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Edisi Revisi , 2008, Sidoarjo, Zifatama Publishing, ISBN : 978-602-6930-31-6
  8. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 2018, Bandung , Alfabeta, ISBN: 979-8433-71-8
  9. Budiastuti D., dan Agustinus Bandur, Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Dengan Analisis dengan NVIVO, SPSS dan AMOS, 2018, Jakarta, Penerbit Mitra Wacana Media, ISBN: 978-602-318-365-4
  10. Rusminiati, N.N., I Wayan Karyasa,I Nyoman Suardana, Komparasi Peningkatan Pemahaman Konsep Kimia Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Antara Yang Dibelajarkan Dengan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Discovery Learning, e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan IPA , 2015, 5 : 1-11.
  11. Dinni, H.N., HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika, Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA) Vol 1, 2018, Semarang 21 Oktober 2017, Hal 170-176.
  12. Afandi, M., Evi Chamalah, dan Oktarina Puspita Wardani, Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah, 2013, Semarang, Unissula Press, ISBN 978-602 - 7525-64-1
  13. Irmi, Penerapan Model Discovery Learning Melalui Game Gets Lucky Pada Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi Dalam Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA 2
  14. SMAN Unggul Aceh Timur, Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2018, 2(1): 15-20.
  15. Sakti, Abdul Hadjranul Fatah, dan Maya Erliza Anggraeni, Analisis Materi Ajar Konsep Laju Reaksi Pada Buku Teks Kimia SMA/MA, Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang , 2020, 11(1): 78-91.
  16. Kusuma Wardany, Sajidan, dan Murni Ramli, Penyusunan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill Pada Materi Ekosistem SMA Kelas X, Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015, Surakarta November 2015, 12(1): Hal 538-543
  17. Munthe, A.P., Pentingnya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat, Scholaria, 2015, 5(2): 1 - 14
  18. Sudjana, N., Penilaian Hasil Proses Belajar .Mengajar , 2017, Cetakan ke 21, Bandung : Remaja Rosdakarya, ISBN : 979-514-000-0
  19. Solichin, M., Analisis Daya Beda Soal, Taraf Kesukaran, Validitas Butir Tes, Interpretasi Hasil Tes Dan Validitas Ramalan Dalam Evaluasi Pendidikan, Dir?s?t:Jurnal Manajemen &Pendidikan Islam , 2017, 2(2): 192-213
  20. Fatimahm, L.U., dan Khairuddin Alfath, Analisis Kesukaran Soal, Daya Pembeda Dan Fungsi Distraktor, Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, 2019, 8 (2): 37-64.