Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media video pembelajaran pada materi pengenalan alat-alat laboratorium di kelas X IPA SMA N 8 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang terdiri dari sepuluh langkah, yaitu : 1) identifikasi masalah, 2) mengumpulkan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, dan 10) pembuatan produk massal. Penelitian yang akan dilakukan dibatasi sampai pada tahap revisi produk setelah dilakukan uji coba pemakaian terhadap produk yang dikembangkan. Sampel dalam penelitian ini, yaitu 12 siswa kelas X IPA 2 untuk tahap uji coba produk dan 31 siswa X IPA 1 SMA Negeri 8 Kota Bengkulu untuk tahap uji pemakaian. Data penelitian ini diperoleh dari hasil angket validasi ahli media dan ahli materi untuk penilaian kelayakan produk dan angket respon siswa untuk penilaian respon siswa terhadap media video pembelajaran yang dikembangkan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa media video pembelajaran yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pengenalan alat-alat laboratorium. Hasil akhir penilaian dari ahli media didapatkan bahwa media video yang dikembangkan memperoleh persentase 88,5% sedangkan hasil validasi ahli materi diperoleh persentase 95,55%. Hasil validasi ahli media dan ahli materi diperoleh skor dengan kriteria “ sangat layak”. Hasil angket respon siswa terhadap media video pembelajaran pada tahap uji coba produk sebesar 87,5% dan hasil respon siswa pada uji pemakaian yaitu sebesar 82,8%. Hasil uji respon siswa pada uji coba produk dan uji pemakaian yang diperoleh berada dalam kategori “setuju” terhadap video pembelajaaran yang dikembangkan.

Article Details

How to Cite
Yana, M., Elvinawati, E., & Amir, H. (2021). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PENGENALAN ALAT-ALAT LABORATORIUM DAN IMPLEMENTASINYA PADA APLIKASI GOOGLE CLASSROOM. ALOTROP, 5(2), 183–190. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.17140

References

  1. Sudjana, N., Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. , 2009, Bandung: Sinar Baru Algensindo. ISBN : 9789798482731
  2. Santoso,H.B.,dan Subagyo, Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (PBL) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas XI Di SMK Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016, Jurnal Taman Vokasi , 2017, 5(1): 40-45.
  3. KH.L.G.M.Z., Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19, Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam , 2020, 1 (1): 82-93.
  4. Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. ISBN : 9786028545167
  5. Umar, Media Pendidikan: Peran dan Fungsinya dalam Pembelajaran, Jurnal Tarbawiyah , 2014, 11 (1): 131-144.
  6. Sapriyah, Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa , 2019, 2 (1): 470 - 477
  7. Yuanta, F., Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar, Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar , 2019, 1(2): 91-100
  8. I Wayan Subagia, Paradigma Baru Pembelajaran Kimia SMA, Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNDIKSHA IV Tahun 2014, Singaraja 11 Oktober 2014, Hal 152-163.
  9. Putri, G.K., dan Yuli Ani Setyo Dewi, Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom, Al
  10. Fikrah , 2019, 2 (1): 60-79.
  11. Irawati, R.K., Pengaruh Pemahaman Konsep Pengenalan alat-alat laboratorium terhadap Konsep Hidrolisis Garam Mata Pelajaran Kimia SMA Kelas XI, Jurnal Thabiea, 2019,2(1):1-6
  12. Mirdayanti R., dan Murni, Kajian Penggunaan Laboratorium Virtual Berbasis Simulasi Sebagai Upaya
  13. Mengatasi Ketidak-Sediaan
  14. Laboratorium, Jurnal Visipena ,2017, 8 (2) : 323-330.
  15. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta. ISBN : 9798433640
  16. Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta. ISBN: 9789795180180
  17. Ulya, S F, Y.L, Sukestiyarno dan
  18. Putriaji Hendikawati, Analisis Prediksi Quick Count dengan Metode Stratified Random Sampling dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. UNNES Journal of Mathematics , 2018, 7(1) : 108-119.
  19. Budiastuti D., dan Agustinus Bandur, Validitas Dan Reliabilitas Penelitian Dengan Analisis dengan NVIVO, SPSS dan AMOS, 2018, Jakarta, Penerbit Mitra Wacana Media, ISBN: 978-602-318-365-4
  20. Akhmad Busyaeri, A., Tamsik Udin, dan A. Zaenuddin, Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di MIN Kroya Cirebon, Al Ibtida, 2016, 3 (1): 116-137.
  21. Nugroho, P.A., Y. D. Puspitasari, Pengembangan Modul Praktikum Pencemaran Lingkungan Berbasis Inkuiri Terbimbing Berkolaborasikan Video Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Dan Hasil Belajar Mahasiswa, Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2019, 3(2): 42-61.