Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon siswa terhadap alat evaluasi pembelajaran kimia berbasis komputer menggunakan Wondershare Quiz Creator yang telah dikembangkan dan mengetahui keefektifan alat evaluasi ini dalam mengukur hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4D menurut Sugiyono yang dibatasi pada tahap develope. Tahapan dalam penelitian ini meliputi tahap define yang terdiri dari analisis awal dan akhir, analisis peserta didik, analisis materi, analisis tugas dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design yang terdiri dari pemilihan media, pemilihan format dan menentukan rancangan awal dan tahap develop atau tahapan pengembangan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil angket validasi ahli materi dan media, dan angket respon siswa pada uji coba produk. Hasil validasi ahli media dan ahli materi didapatkan bahwa alat evaluasi pembelajaran kimia yang dikembangkan memperoleh persentase kevalidan masing-masing yaitu 89,47% dan 90,62% dengan kategori sangat valid. Sedangkan hasil analisis respon siswa pada uji coba terbatas dan uji coba lapangan memperoleh persentase masing-masing yaitu 81,82% dan 83,26% dengan kategori sangat menarik. Analisis hasil belajar siswa memperoleh persentase kelulusan sebesar 83,33%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi pembelajaran kimia berbasis komputer menggunakan wondershare quiz creator yang telah dikembangkan efektif digunakan dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran karena mampu mengukur keberhasilan pembelajaran yang dilakukan oleh guru serta dapat digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Febriani, A., Elvia, R., & Handayani, D. (2021). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS KOMPUTER MENGGUNAKAN WONDERSHARE QUIZ CREATOR PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. ALOTROP, 5(2), 191–197. https://doi.org/10.33369/atp.v5i2.17141

References

  1. Arifin, Z., 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ISBN: 979-692-956-2
  2. Mardapi, D., 2012. Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika. ISBN 978-602-71325-7-3
  3. Idrus, L., Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2019, 9(2) : 922-935.
  4. Salamah, U., Penjaminan Mutu Penilaian Pendidikan, Evaluasi. , 2018 , 2(1): 274-293.
  5. Nurmasyitah, dan Hudiyatman, Kendala Guru Dalam Merumuskan Instrumen Penilaian Pada Pembelajaran IPS Sesuai Dengan Ranah Afektif Di Gugus I SD Negeri Uteun Pulo Seunagan Timur Nagan Raya, Jurnal Pesona Dasar,2016 , 2 (4): 48 -62
  6. Saguni,F., Penerapan Teori Konstruktivis Dalam Pembelajaran, Jurnal Paedagogia , 2019, 8 (2): 19-32.
  7. Purnamasari, A., dan Rochmawati, Pengembangan Alat Evaluasi
  8. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Sistem Penilaian Persediaan. Jurnal Pendidikan Akutansi., 2015, 3 (2): 210-216
  9. Rahayu, E.E, dan Agung Listiyadi, Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Information and Communication Technologies (ICT) pada Materi Mengelola Dokumen Transaksi. Jurnal Pendidikan Akutansi, 2014, 2 (2) : 1-7
  10. Lestari, D., Akhmad Arif Musadad, dan Sri Wahyuni, Penggunaan Computer Based Test (CBT) Sebagai Sarana Evaluasi Dan Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Penilaian Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016, Jurnal Candi , 2019, 19 (1): 29-39.
  11. Rudini, M., Efektivitas Analisis Butir Soal Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Di SDN Sabang, Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2020, 2(1): 17 - 27.
  12. Mulianah, S., dan Wahyu Hidayat, Pengembangan Tes Berbasis Komputer, Kuriositas, 2013, 6(2): 27-43.
  13. Khaldun, I., Latifah Hanum dan Shinta Dita Utami, Pengembangan Soal Kimia Higher Order Thinking Skills Berbasis Komputer Dengan Wondershare Quiz Creator Materi Hidrolisis Garam Dan Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2019, 7 (2): 132-142
  14. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta. ISBN:979-8433-37-X
  15. Rochmad, Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika, Jurnal Kreano, 2012, 3(1): 59-72.
  16. Nurulshifa , A.M., Suharto Linuwih, dan Parmin, Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Bertingkat Berdasarkan Taksonomi Bloom Untuk Mengetahui Kemampuan Berpikir Siswa Pada Tema Cahaya, Unnes Science Education Journal, 2014, 3(1): 403-409.
  17. Iqbal, W.M.G., Raudhatul Fadhilah dan Dini Hadiarti, Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator Pada Materi Koloid Kelas XI Di Sma Koperasi Pontianak. Jurnal Ilmiah Ar-Razi, 2018, 6 (1): 11-19
  18. Sarwono, J., Memadu Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif: Mungkinkah?, Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 2009, 9 (2): 119- 132
  19. Ernawati, I., dan Totok Sukardiyono, Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server, Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2017, 2( 2): 204-210.
  20. Sari, Y., Ade Ismayani, dan Zulfadli, Penerapan Media Pembelajaran Kartu Kimia Pada Materi Koloid Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Darussalam Aceh Besar, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia (JIMPK) , 2019, 4 (4) : 59-65.