Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian development research yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kelayakan dan respon peserta didik terhadap e-module yang dikembangkan. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu DDE (design, development and evaluation), pada tahap pengembangan e-module digunakan metode 4S TMD yang dibatasi sampai tahap strukturisasi. E-module berbasis Knowledge Building Environment (KBE) yang dikembangkan mengandung nilai-nilai perhatian, keingintahuan, menghargai kesehatan, dan menghargai lingkungan. Tingkat kelayakan e-module yang ditinjau dari segi media dan materi memenuhi kriteria sangat layak, dengan persentase masing-masing yaitu 95,38% dan 89,24% sehingga dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Adapun respon siswa terhadap e-module yang dikembangkan juga sangat baik dengan persentase sebesar 86,15%. Oleh karena itu e-module berbasis KBE yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan belajar dan bahan mengajar di sekolah.

Keywords

E-module Knowledge Building Environment 4S TMD Laju Reaksi.

Article Details

How to Cite
Verasanti, D., Ginting, S. M., & Handayani, D. (2022). PENGEMBANGAN E-MODULE BERBASIS KNOWLEDGE BUILDING ENVIRONMENT MENGGUNAKAN METODE 4S TMD PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI. ALOTROP, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.33369/atp.v6i1.20302

References

  1. Nuryasana ,E., dan Noviana Desiningrum , Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa , Jurnal Inovasi Penelitian , 2020, 1 (5): 967-974.
  2. Arsanti, M., Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, Unissula, Jurnal Kredo, 2018, 1(2): 71-90.
  3. Ahmad,K.,dan Ika Lestari, Pengembangan Bahan Ajar
  4. Perkembangan Anak Usia SD Sebagai Sarana Belajar Mandiri Mahasiswa, Perspektif Ilmu Pendidikan , 2010, 22: 183 - 193.
  5. Masruroh, D., Yuli Agustina, E?modul berbasis Android sebagai pendukung pembelajaran daring dan upaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta
  6. Didik, Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Pendidikan, 2021, 1(6): 559-568
  7. Ariyanti, I., Albertus Djoko Lesmono, dan Bambang Supriadi, Kelayakan E-Modul Flow Virtual Simulation Berbasis
  8. Macromedia Flash, Jurnal Pembelajaran Fisika, 2019, 8 (3): 215-221
  9. Safitri, N.C., Euis Nursa’adah, dan Imas Eva Wijayanti, Analisis Multipel Representasi Kimia Siswa Pada Konsep Laju Reaksi, EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan), 2019, 4(1): 1-12.
  10. Yuliani, E., Hayuni Retno Widarti, dan Darsono Sigit, Identifikasi kemampuan makroskopik, mikroskopik dan simbolik siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Karangan Trenggalek pada materi larutan penyangga Tahun Ajaran 2018/2019, Jurnal MIPA dan Pembelajarannya, 2021, 1(6) : 407–425
  11. Zidny, R., Wahyu Sopandi, dan Ali Kusrijadi, Gambaran Level Submikroskopik Untuk Menunjukkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Kimia Dan Stoikiometri, Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA (JPPI), 2015, 1(1): 42-59
  12. Herawati, R.F., Sri Mulyani, dan Tri Redjeki, Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMA Negeri I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2013. 2 (2): 38-43.
  13. Rusianti, S., Abdul Hadjranul Fatah, dan Mulawi, Analisis Kesesuaian Konsep Ikatan Kimia Pada Buku Kimia Kelas X SMA/MA Terhadap Silabus Kurikulum 2013 Dan Penyusunan Makro Wacana,
  14. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang , 2019, 10(2): 184-200
  15. Basar, A.M., Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi), Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan , 2021, 2 (1): 208-218.
  16. Anwar, S., Noviyanti., and Hendrawan. Analisis Kelayakan Buku Teks Kimia SMA/MA Kelas X Materi Reaksi Redoks Berdasarkan Kriteria Tahap Seleksi 4S TMD, Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 2017, 4(2) : 97-104.
  17. Ashri N., dan Lilik Hasanah, Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu
  18. pada Tema Energi dan Lingkungan, Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), Bandung, Indonesia, 8 dan 9 Juni 2015, Hal 469-472.
  19. Wulandari, F., Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Anak Sekolah Dasar (Kajian Literatur), Journal Of Educational Review And Research, 2020, 3(2): 105 – 110
  20. I Aisah, S Anwar and O Sumarna, Development of Knowledge Building Environment (KBE) - based colloidal system learning materials to develop student's environmental literacy: An environmental analysis, IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 1469 (2020) 012109.
  21. C Oktasari, S Anwar, G Priscylio, N R Agustina, O Lestari and W S Wahyuni , How to develop hydrocarbon e-textbook of chemistry based knowledge building environment with 4S TMD models?,
  22. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1469 , 2020, Hal 1-11.
  23. Silalahi, A., Development Research (Penelitian Pengembangan) Dan
  24. Research & Development (Penelitian & Pengembangan) Dalam Bidang Pendidikan / Pembelajaran, Seminar & Workshop Penelitian Disertasi Program Doktoral Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan , Medan 3-4 Pebruari 2017, Hal 1-13.
  25. Mawardi, Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2019, 9 (3): 292-304
  26. Khasanah, K., Peta Konsep Sebagai Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar, Jurnal EduTrained , 2019, 3 (2): 152-164.
  27. Windayani, N., Ika Hasanah, dan Imelda Helsy, Analisis Bahan Ajar Senyawa Karbon Berdasarkan Kriteria Keterhubungan Representasi Kimia,
  28. JTK: Jurnal Tadris Kimiya , 2018, 3 (1): 83-93
  29. Isnaini , M., dan Wiwid Pungki Ningrum, Hubungan Keterampilan Representasi Terhadap Pemahaman Konsep Kimia Organik, Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia , 2018, 2(2): 12-25.
  30. Sari, P., Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media
  31. Yang Tepat Dalam Pembelajaran, Mudir (Jurnal Manajemen Pendidikan) , 2019, 1(1): 42-57.
  32. Mujakir, Pemanfaatan Bahan Ajar Berdasarkan Multi Level Representasi Untuk Melatih Kemampuan Siswa Menyelesaikan Masalah Kimia Larutan, Lantanida Journal, 2017, 5 (2): 93-196
  33. Puspitasari, A.D., Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak Dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Fisika , 2019, 7(1): 17-25