Main Article Content

Abstract

Penerapan sistem pembelajaran student center learning (SCL) merupakan salah satu upaya untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna (meaningfull learning).Akan tetapi penerapan SCL ini terkadang juga menimbulkan permasalahan seperti terjadinya miskonsepsi.Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang dialami mahasiswa dalam mata kuliah kimia sekolah II pada materi asam basa.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Sampel penelitian adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah kimia sekolah II kelas B dengan jumlah 26 mahasiswa.Pengumpulan data menggunakan tes tertulis yang disertai dengan certainty of response index (CRI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 46,15% mahasiswa yang paham konsep, 34,61% mahasiswa yang tidak paham konsep dan 19,23% mahasiswa yang mengalami miskonsepsi pada konsep-konsep asam basa yang diujikan. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa miskonsepsi paling banyak terjadi pada konsep hidrolisis garam.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi yang dialami mahasiswa dalam mata kuliah kimia sekolah II pada materiasam basa termasuk kategori rendah.

Keywords

Miskonsepsi Asam Basa Certainty of Response Index

Article Details

How to Cite
Elvinawati, E., Rohiat, S., & Solikhin, F. (2022). IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MAHASISWA DALAM MATA KULIAH KIMIA SEKOLAH II PADA MATERI ASAM BASA. ALOTROP, 6(1), 10–14. https://doi.org/10.33369/atp.v6i1.20303

References

  1. Nugroho, D.M., Suryadi Budi Utomo dan Budi Hastuti. Identifikasi Miskonsepsi Pada Materi Asam Basa Menggunakan Tes Diagnostik Two-Tier Dengan Model Mental Pada Siswa Kelas XII MIPA SMAN I Sragen Tahun Ajaran 2018/ 2019, Jurnal Pendidikan Kimia, 2019, 8 (2): 244-250
  2. Islami, D., Siti Suryaningsih dan Evi Sapinatul Bahriah. Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Ikatan Kimia Menggunakan Tes Four-Tier Multiple – Choice (4TMC), Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 2019, 9 (1): 21-29
  3. Jannah, M., Purnama Ningsih dan Ratman, Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Banawa Tengah Pada Pembelajaran Larutan Penyangga Dengan CRI (Certainty Of Response Index), Jurnal Akademika Kimia, 2016, 5 (2): 85-90
  4. Izza, R. I., Nurhamidah dan Elvinawati. Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Esai Berbantuan CRI (Certainty of Response Index) Pada Pokok Bahasan Asam Basa, Alotrop, 2021, 5(1): 55- 63
  5. Suparno, P., 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Cet.2, Jakarta: PT Grasindo, ISBN : 978-979-081-965-8
  6. Parastuti, W.I., Suharti dan Suhadi Ibnu, Miskonsepsi Siswa Pada Materi Larutan Buffer, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2016, 1(12): 2307—2313
  7. Usu, N., Rahmanpiu dan Muh. Alim Marhadi. Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Jurnal Pendidikan Kimia FKIP Universitas HaluOleo. 2019, 4 (3): 226-237
  8. Yuniarti, E., Amrul Bahar, dan Elvinawati, Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Konsep Redoks Menggunakan Certainty Of Response Index (CRI) Di SMA Negeri 9 Kota Bengkulu, Alotrop, 2020, 4(1): 69- 82
  9. Al Qadri, A.R., Panji Mujahid Alhaq, ,Nurul Muthmainnah, Mirna Ayu Irpadilla, Herlina,Nur Aulia S, dan Aviva R Scholten, Analisis Miskonsepsi Peserta Didik Kelas XI SMAN 1 Gowa pada Materi Larutan Penyangga Menggunakan Instrumen Three Tier
  10. Diagnostic Test, Jurnal Nalar Pendidikan, 2019, 7 (1): 46-52
  11. A’yun, Q. , Harjito dan Murbangun Nuswowati,. Analisis Miskonsepsi Siswa Menggunakan Tes Diagnostik Multiple Choice berbantuan CRI (Certainty Of Response Index). Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia., 2018, 12 (1) : 2108-2117
  12. Astuti, F., Tri Redjeki dan Nanik Dwi Nurhayati, Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebabnya pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/ 2016 pada Materi Pokok Stoikiometri. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 2016, 5 (1): 10-17
  13. Sugiyono. 2006. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta ISBN: 9789798433108
  14. Zayyinah, Fatimatul Munawaroh dan Irsad Rosidi, Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP dengan CRI pada Konsep Suhu dan Kalor.Natural Science Education Research, 2018, 1(2): 78-89
  15. Saheb, W.A., Bambang Supriadi dan Trapsilo Prihandono , Identifikasi Miskonsepsi Materi Usaha Dan Energi Menggunakan CRI Pada Siswa SMA Di Bondowoso, FKIP e-Proceeding , 2018, 3(1): 6-13
  16. Christian, G. D. Analytical Chemistry (6th Edition), 2004, USA:John Wiley and Sons, ISBN-13: 978-0471214724
  17. Masterton, W.L and Cecile Nespral Hurley , 2015, Chemistry: Principles and Reactions, 7 th edition , USA: Saunders College Publishing, ISBN-13: 978-1111427108
  18. Mentari, L., I Nyoman Suardana dan I Wayan Subagia, Analisis Miskonsepsi Siswa SMA Pada Pembelajaran Kimia Untuk Materi Larutan Penyangga, Kimia Visvitalis, 2014, 2 (1): 76-87.