Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada matakuliah Kimia Dasar melalui penerapan pendekatan SAVI (Somatic, audiotory, Visual, Intellectual) dengan alat peraga “RTL” (Rimbang-Terung-Lidi) sebagai media pembelajaran inovatif pengganti Molymod. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Materi penelitian yang dilaksanakan adalah Ikatan Kimia. Subyek penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia yang mengambil mata kuliah Kimia Dasar pada semester ganjil TahunAkademik 2013/2014 yang berjumlah 33 orang. Adapun instrument penelitian yang digunakan adalah Satuan Acara Perkuliahan (SAP), soal tes berupa essay, lembar aktivitas dosen dan mahasiswa, dan lembar angket tentang penggunaan alat peraga “RTL” sebagai media pembelajaran inovatif pengganti Molymod yang digunakan. Adapun teknikan alisis data yaitu dengan menghitung nilai rata-rata tes mahasiswa, daya serap, dan ketuntasan belajar secara klasikal. Data observasi dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dengan menghitung jumlah skor yang diperoleh dengan kategori baik, cukup dan kurang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada terdapat kenaikan nilai rata-rata tes mahasiswa tiap siklus yaitu 67,3; 85,2; dan 90,2. Begitu juga dengan hasil observasi aktivitas dosen dan mahasiswa semakin meningkat dalam kategori baik. Penerapan pendekatan SAVI dengan alat peraga “RTL” sebagai media pembelajaran inovatif pengganti Molymod dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Bengkulu.
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Pane, A., dan Muhammad Darwis Dasopang, Belajar Dan Pembelajaran , Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman , 2017 , 3 (2): 333-352
- Rusman, Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan, 2017, Jakarta, Kencana, ISBN 978-602-422-063-1
- Asrori, M., Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran, Madrasah, 2013, 5(2): 163-188.
- Nurhayati, S., dan Tjahyo Subroto, Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kimia Dasar II Dengan
- Menggunakan Peta Konsep Berorientasi
- Chemoentrepreneurship (CEP), Jurnal Penelitian Pendidikan, 2012, 29 (1): 34-42
- Hidayat, H.S., Sistem Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, Al Qalam , 2002, 19 (93): 109-132.
- Turdjai, Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Eksperimental Pada Program Pasca sarjana Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu), Triadik , 2016, 15 (2): 17-29
- Sari, A.P., Ashadi, dan Agung Nugroho CS, Studi Komparasi Model Pembelajaran STAD Dengan Menggunakan Media Animasi Macromedia Flash Player Dan Molymod Pada Pembelajaran Kimia Materi Pokok Ikatan Kovalen Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas X SMAN 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2013,2 (2) : 110-116.
- Ramadhan, R.F., Y. Manoppo, dan S. Unwakoly, Pengaruh Penggunaan Media Molymod Pada Praktikum Kimia Organik II Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Unpatti, Science Map Journal , 2019, 1(1): 43-49
- Meier, D., The accelerated learning handbook : panduan kreatif dan efektif merancang program pendidikan dan pelatihan, penerjemah, Rahmani Astuti penyunting, Hernowo, Bandung : Kaifa, 2002. ISBN 979-9452-22-8
- Ginting, S.M., dan Hermansyah Amir, Penerapan Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Komputer untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisika II, Exacta, 2012, 10(1): 98-105.
- Milawati, T. Peningkatan Kemempuan Anak Memahami Drama dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatis Audiotori Visual Intelektual (SAVI). Jurnal Penelitian Pendidikan: PGSD UPI Kampus Sumedang. 2011, (8) : 270-278.
- Miaz , Y., Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dan Dosen, Penerbit UNP Press Padang, 2015, ISBN: 978-602-1178-09-6
- Purnomo, B.H., Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Pengembangan Pendidikan, 2011, 8 (1): 251-256.
- Kamelia, L. PerkembanganTeknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Jurnal Istek, 2015 (9) 1; 238-253
References
Pane, A., dan Muhammad Darwis Dasopang, Belajar Dan Pembelajaran , Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman , 2017 , 3 (2): 333-352
Rusman, Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan, 2017, Jakarta, Kencana, ISBN 978-602-422-063-1
Asrori, M., Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran, Madrasah, 2013, 5(2): 163-188.
Nurhayati, S., dan Tjahyo Subroto, Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kimia Dasar II Dengan
Menggunakan Peta Konsep Berorientasi
Chemoentrepreneurship (CEP), Jurnal Penelitian Pendidikan, 2012, 29 (1): 34-42
Hidayat, H.S., Sistem Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, Al Qalam , 2002, 19 (93): 109-132.
Turdjai, Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa (Studi Eksperimental Pada Program Pasca sarjana Teknologi Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu), Triadik , 2016, 15 (2): 17-29
Sari, A.P., Ashadi, dan Agung Nugroho CS, Studi Komparasi Model Pembelajaran STAD Dengan Menggunakan Media Animasi Macromedia Flash Player Dan Molymod Pada Pembelajaran Kimia Materi Pokok Ikatan Kovalen Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Kelas X SMAN 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2011/2012, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2013,2 (2) : 110-116.
Ramadhan, R.F., Y. Manoppo, dan S. Unwakoly, Pengaruh Penggunaan Media Molymod Pada Praktikum Kimia Organik II Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Kimia FKIP Unpatti, Science Map Journal , 2019, 1(1): 43-49
Meier, D., The accelerated learning handbook : panduan kreatif dan efektif merancang program pendidikan dan pelatihan, penerjemah, Rahmani Astuti penyunting, Hernowo, Bandung : Kaifa, 2002. ISBN 979-9452-22-8
Ginting, S.M., dan Hermansyah Amir, Penerapan Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Komputer untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisika II, Exacta, 2012, 10(1): 98-105.
Milawati, T. Peningkatan Kemempuan Anak Memahami Drama dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatis Audiotori Visual Intelektual (SAVI). Jurnal Penelitian Pendidikan: PGSD UPI Kampus Sumedang. 2011, (8) : 270-278.
Miaz , Y., Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru dan Dosen, Penerbit UNP Press Padang, 2015, ISBN: 978-602-1178-09-6
Purnomo, B.H., Metode Dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Pengembangan Pendidikan, 2011, 8 (1): 251-256.
Kamelia, L. PerkembanganTeknologi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Jurnal Istek, 2015 (9) 1; 238-253