Main Article Content
Abstract
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Elvinawati., Sumpono., Hermansyah Amir., Lessons Study Pada Mata Kuliah Kimia Sekolah I Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Pem-bangunan Karakter (Character Building), Exacta, 2012:10(2):156-159.
- Clorawati,A.R., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir., Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia di SMA Negeri Sekota Bengkulu, Alotrop, 2017:1(2): 132-135.
- Arifin, Zainal. 2011. Konsepdan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. ISBN 978 – 979 – 692 – 047 – 1
- Winda , N, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2016:1(1): 87-94.
- Buhungo, R.A., Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013 Pada Madrasah Aliyah, Tadbir Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2015:3(1):105-113.
- Nurmadiah, Kurikulum Pendidikan Islam, Jurnal Al-Afkar, 2014:3(2):41-54
- Lestari, D.A., Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Me-ningkatkan Ketrampilan Bertanya Siswa, Widyagogik, 2015:3 (1):66-79.
- Wijayati, E.C., I Nyoman Sudana De-geng, Sumarmi, Kesulitan –kesulitan Da-lam Implementasi Kurikulum Mata Pela-jaran IPS SMP, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2016 :1 (11): 2241—2247.
- Lestari, I.A, Hermansyah Amir, Salastri Rohiat Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia, Alotrop, 2017:1(2):113-116.
- Waluyo, M.E., Parmin., Pengembangan Panduan Praktikum IPA Terpadu Ber-basis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis Untuk Menumbuhkan Ketram-pilan Kerja Ilmiah Siswa SMP, Unnes Science Education Journal, 2014:3(3): 677-684.
- Simanjuntak, N,D,P, Salastri Rohiat, Elvinawati., Hubungan Antara Sarana LaboratoriumTerhadap Ketrampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA 5 Di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu , Alotrop .2017:1(2):102-105.
- Dina, A., Venissa Dian Mawarsari, Rohmat Suprapto., Implementasi Kurikulum 2013 Pada Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pendekatan Scientific Terhadap Kemam-puan Komunikasi Matematis Materi Geo-metri SMK, JKPM, 2015:2 (1) :22-31.
- Nahampun, J., Efek Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal Pendidikan Fisika, 2014:3(2):60-68.
- Ginting, S.M., Hermansyah Amir., Penerapan Model PembelajaranSomatis, Au-ditori, Visual danIntelektual (SAVI) Ber-bantuan Media Komputer Untuk Mening- katkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisik II, Exacta, 2012:10(1):98-105.
- Wiwit., Hermansyah.Amir, Dody Dori Putra, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan dan Tanpa Media Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Exacta, 2012: 10(1):71-78.
- Uno, Hamzah B. 2014. MenjadiPeneliti PTK yang Profesional. Jakarta :Bumi Aksara. ISBN 978 – 602 – 217 – 046 – 4
- Arikunto, Suharsini., 2010, Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik (EdisiRevisi 2010 Cetakan 14) Jakarta : PT Rineka Cipta. ISBN 9789800000000
- Purnomo, B.H., Metode dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Pengembangan Pendidikan, 2011:8(1):251-256.
- Suryawati , Yulfikar, KualitasTes dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2011/2012, Jurnal Peluang, 2012:1(1):71-80.
- Zamsir, Kualitas Tes Buatan Guru Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Kota Kendari, Value, Jurnal Evaluasi & Asesmen Pendidikan, 2012:1(1):49-65.
- Amri, R.F., Triani Ratnawuri, Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Pe-ningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Hasil Belajar Kewira-usahaan Siswa Kelas XI Semester Genap SMK Muhammadiyah 2 Metro T.P 2015/2016, Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 2016 :4 (1):46-54.
- Suprihatin, S., Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 2015:3(1):73-82
- Hardiani, I.N., Naniek Sulistya Wardani, Pengembangan Instrumen Penilaian Si-kap Sosial Pembelajaran IPS Kelas IV SD, e-jurnal Mitra Pendidikan, 2017:1 (6):615-628.
- Hermawati, L., Sukirman, Elvia Ivada, Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi Dengan Strategi Pembelajaran ARIAS Terintegrasi Dengan Pembelajaran Aktif Learning Tournament Pada Siswa Kelas X AK 2 SMK N 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/ 2014, Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe) UNS, 2013:2(3):273-283.
- Winarni, Slamet Santosa, Murni Ramli, Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Oral Activities Siswa SMA, Bioedukasi, 2016:9(2):55-61.
- Nur’aeni , R.S., Asep Kurnia Jayadinata , Ani Nur Aeni, Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Bunyi, Jurnal Pena Ilmiah, 2017:2(1) : 611-620.
References
Elvinawati., Sumpono., Hermansyah Amir., Lessons Study Pada Mata Kuliah Kimia Sekolah I Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Pem-bangunan Karakter (Character Building), Exacta, 2012:10(2):156-159.
Clorawati,A.R., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir., Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia di SMA Negeri Sekota Bengkulu, Alotrop, 2017:1(2): 132-135.
Arifin, Zainal. 2011. Konsepdan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. ISBN 978 – 979 – 692 – 047 – 1
Winda , N, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2016:1(1): 87-94.
Buhungo, R.A., Implementasi dan Pengembangan Kurikulum 2013 Pada Madrasah Aliyah, Tadbir Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2015:3(1):105-113.
Nurmadiah, Kurikulum Pendidikan Islam, Jurnal Al-Afkar, 2014:3(2):41-54
Lestari, D.A., Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Me-ningkatkan Ketrampilan Bertanya Siswa, Widyagogik, 2015:3 (1):66-79.
Wijayati, E.C., I Nyoman Sudana De-geng, Sumarmi, Kesulitan –kesulitan Da-lam Implementasi Kurikulum Mata Pela-jaran IPS SMP, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2016 :1 (11): 2241—2247.
Lestari, I.A, Hermansyah Amir, Salastri Rohiat Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia, Alotrop, 2017:1(2):113-116.
Waluyo, M.E., Parmin., Pengembangan Panduan Praktikum IPA Terpadu Ber-basis Inkuiri Terbimbing Tema Fotosintesis Untuk Menumbuhkan Ketram-pilan Kerja Ilmiah Siswa SMP, Unnes Science Education Journal, 2014:3(3): 677-684.
Simanjuntak, N,D,P, Salastri Rohiat, Elvinawati., Hubungan Antara Sarana LaboratoriumTerhadap Ketrampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA 5 Di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu , Alotrop .2017:1(2):102-105.
Dina, A., Venissa Dian Mawarsari, Rohmat Suprapto., Implementasi Kurikulum 2013 Pada Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Pendekatan Scientific Terhadap Kemam-puan Komunikasi Matematis Materi Geo-metri SMK, JKPM, 2015:2 (1) :22-31.
Nahampun, J., Efek Model Discovery Learning Berbantuan Multimedia dan Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik, Jurnal Pendidikan Fisika, 2014:3(2):60-68.
Ginting, S.M., Hermansyah Amir., Penerapan Model PembelajaranSomatis, Au-ditori, Visual danIntelektual (SAVI) Ber-bantuan Media Komputer Untuk Mening- katkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisik II, Exacta, 2012:10(1):98-105.
Wiwit., Hermansyah.Amir, Dody Dori Putra, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan dan Tanpa Media Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Exacta, 2012: 10(1):71-78.
Uno, Hamzah B. 2014. MenjadiPeneliti PTK yang Profesional. Jakarta :Bumi Aksara. ISBN 978 – 602 – 217 – 046 – 4
Arikunto, Suharsini., 2010, Prosedur Penelitian :Suatu Pendekatan Praktik (EdisiRevisi 2010 Cetakan 14) Jakarta : PT Rineka Cipta. ISBN 9789800000000
Purnomo, B.H., Metode dan Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), Pengembangan Pendidikan, 2011:8(1):251-256.
Suryawati , Yulfikar, KualitasTes dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2011/2012, Jurnal Peluang, 2012:1(1):71-80.
Zamsir, Kualitas Tes Buatan Guru Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri Kota Kendari, Value, Jurnal Evaluasi & Asesmen Pendidikan, 2012:1(1):49-65.
Amri, R.F., Triani Ratnawuri, Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Pe-ningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) Terhadap Hasil Belajar Kewira-usahaan Siswa Kelas XI Semester Genap SMK Muhammadiyah 2 Metro T.P 2015/2016, Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 2016 :4 (1):46-54.
Suprihatin, S., Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 2015:3(1):73-82
Hardiani, I.N., Naniek Sulistya Wardani, Pengembangan Instrumen Penilaian Si-kap Sosial Pembelajaran IPS Kelas IV SD, e-jurnal Mitra Pendidikan, 2017:1 (6):615-628.
Hermawati, L., Sukirman, Elvia Ivada, Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar Akuntansi Dengan Strategi Pembelajaran ARIAS Terintegrasi Dengan Pembelajaran Aktif Learning Tournament Pada Siswa Kelas X AK 2 SMK N 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/ 2014, Jurnal Pendidikan Ekonomi (Jupe) UNS, 2013:2(3):273-283.
Winarni, Slamet Santosa, Murni Ramli, Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Oral Activities Siswa SMA, Bioedukasi, 2016:9(2):55-61.
Nur’aeni , R.S., Asep Kurnia Jayadinata , Ani Nur Aeni, Penerapan Model Pembelajaran Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Bunyi, Jurnal Pena Ilmiah, 2017:2(1) : 611-620.