Main Article Content
Abstract
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Clorawati,A.R., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir., Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia Di SMA Negeri Sekota Bengkulu, Alotrop, 2017 :1(2): 132-135.
- Sanjaya, W., 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan ,.Jakarta : Kencana, ISBN 9793925736.
- Ginting, S.M., Hermansyah Amir., Penerapan Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Komputer Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisik II, Exacta,2012:10(1): 98-105.
- Agustin,R., Z.A.,I. Supardi., Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Kemampuan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalianget, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika(JPF),2014: 3(2):14-19.
- Wiwit., Hermansyah.Amir, Dody Dori Putra, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan dan Tanpa Media Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Kimia SiswaSMA Negeri 9 Kota Bengkuly. Exacta, 2012: X (1) : 71-78
- Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. ISBN 978 – 979 – 692 – 047 – 1
- Nurmadiah, Kurikulum Pendidikan Islam, Jurnal Al-Afkar, 2014: 3(2): 41-54
- Elvinawati., Sumpono., Hermansyah Amir., Lessons Study Pada Mata Kuliah Kimia Sekolah I Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Pembangunan Karakter (Character Building), Exacta, 2012: 10(2): 156-159.
- Buhungo, R.A., Implementasi Dan Pengembangan Kurikulum 2013 Pada Madrasah Aliyah, Tadbir Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2015: 3(1): 105 - 113.
- Winda , N, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2016: 1(1): 87-94.
- Kadir, A., Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah, Dinamika Ilmu, , 2013: 13(3): 17-38.
- Matalang, U.K.A., I NyomanMurdiana, Mustamin, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Pembina Liang Pada Pokok Bahasa Luas Segitiga Melalui PendekatanKontekstual, Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2014: 2 (2): 182-190.
- Wahyuni, N.D, Amrul Bahar, Dewi Handayani, Perbandingan Hasil Belajar Kimia Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Think Talk Write ,Alotrop, 2017: 1(2) : 144-147.
- Gafur, A., Penerapan Konsep Dan Prinsip Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning ) Dan Desain Pesan Dalam Pengembangan Pembelajaran Dan Bahan Ajar , Cakrawala Pendidikan, , 2003 : 22(3): 273-289.
- Oviyanti, F., Inovasi Pembelajaran PAI Dengan Pengembangan Model Constructivism Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah,TA’DIB, 2013: 18 (1): 107-134.
- Wasis, Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Sains-Fisika SMP, Cakrawala Pendidikan, 2006 : 25(1): 1-16.
- Nababan, L.M., Zulkifli Matondang, Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning ) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Bahan Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Lintongnihuta , Jurnal Educational Building, 2015: 1(2): 185-195,
- Hamruni.,Konsep Dasar Dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2015: 12 (2): 177-187.
- Agustina, D.A., Model Pembelajaran Untuk Mengenalkan Kewirausahaan Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah, Bangun Rekaprima, 2017 : 3(2) : 43-56.
- Pramono, N.W.E., Pembelajaran Kontekstual dalam Membangkitkan Kepemimpinan transformative, Jurnal Penelitian, 2015 :9 (2): 233-254.
- Hutabarat,A.D., Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri 084085 Sibolga , Jurnal LPPM UGN, 2017 : 7 (3): 28-37.
- Sudibyo,T., Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual Berwawasan Sets Dalam Meningkatkan Peran Serta Dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X2 SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 2016: 26 (2): 24-36.
- Zulaiha,S., Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI, Belajea : Jurnal Pendidikan Islam, 2016: 1(1): 41-60.
- Sihono, T., Contextual Teaching And Learning (CTL) Sebagai Model Pembelajaran Ekonomi Dalam KBK, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2004: 1(1): 63-83.
- Hasnawati, Pendekatan Contextual Teaching and Learning Hubungannya Dengan Evaluasi Pembelajaran ,Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2006:3 (1): 53-62.
- Witarto, Joko Widodo, Wasino, Pengembangan Bahan Ajar Pokok Bahasan Perencanaan Usaha Berbasis Contextual Teaching And Learning, Journal of Educational Social Studies (JESS), 2013 : 2 (1): 53-58.
- Pukjiwati ,Upaya Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Kelas IV SDN Sumur 03, Jurnal Refleksi Edukatika, 2017: 7 (2): 85-94.
- Arikunto, Suharsini., 2010, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010 Cetakan 14) Jakarta : PT RinekaCipta. ISBN 9789800000000
- Puspitaningrum,D.K.T.,LindaPurnamasari, Analisis Prediktor Delisting Terbaik (Perbandingan Antara Model Zmijewski, Model Altman, Model Springate), Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 2016: 21(1): 38-47.
- Husain, F.A., Survei Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Di Sekolah Dasar Sekecamatan Brangsong Kabupaten Kendal, Active , Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2014: 3(11): 1389-1395.
- Sudirtha, I.G., Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Dasar Tata Rias ,JPTK, Undiksha,2 014 : 11 (2) : 63 – 74.
- Putra, Z.F.S., Mohammad Sholeh ,Naniek Widyastuti, Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode WEBQUAL 4.0, Jurnal Jarkom, 2014 : 1 (2) : 174-184.
- Sholihin , I.N., Mustafid , Diah Safitri, Analisis Faktor Konfirmatori Strategi Positioning Pasar Modern Indomaret (StudiKasus Wilayah Tembalang Kota Semarang), Jurnal Gaussian, 2014: 3 (3): 431 – 440.
- Aristianto ,H., Musyawari Waluyo, Setya Rahayu, Kontribusi VO2 Maks , Panjang Tungkai Dan Power Otot Tungkai Terhadap Hasil Lari Sprint 100 Meter, , Journal of Sport Sciences and Fitness (JSSF), 2013: 2 (2): 40-46.
- Rosyadi, I., Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar PKN, Journal of Elementary Education (JEE), 2013: 2 (2): 45-50.
References
Clorawati,A.R., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir., Implementasi Kurikulum 2013 Bagi Guru Kimia Di SMA Negeri Sekota Bengkulu, Alotrop, 2017 :1(2): 132-135.
Sanjaya, W., 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan ,.Jakarta : Kencana, ISBN 9793925736.
Ginting, S.M., Hermansyah Amir., Penerapan Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual (SAVI) Berbantuan Media Komputer Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisik II, Exacta,2012:10(1): 98-105.
Agustin,R., Z.A.,I. Supardi., Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Kemampuan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMAN 1 Kalianget, Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika(JPF),2014: 3(2):14-19.
Wiwit., Hermansyah.Amir, Dody Dori Putra, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan dan Tanpa Media Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Kimia SiswaSMA Negeri 9 Kota Bengkuly. Exacta, 2012: X (1) : 71-78
Arifin, Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : PT Remaja Rosdakarya. ISBN 978 – 979 – 692 – 047 – 1
Nurmadiah, Kurikulum Pendidikan Islam, Jurnal Al-Afkar, 2014: 3(2): 41-54
Elvinawati., Sumpono., Hermansyah Amir., Lessons Study Pada Mata Kuliah Kimia Sekolah I Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Pembangunan Karakter (Character Building), Exacta, 2012: 10(2): 156-159.
Buhungo, R.A., Implementasi Dan Pengembangan Kurikulum 2013 Pada Madrasah Aliyah, Tadbir Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2015: 3(1): 105 - 113.
Winda , N, Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 2016: 1(1): 87-94.
Kadir, A., Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah, Dinamika Ilmu, , 2013: 13(3): 17-38.
Matalang, U.K.A., I NyomanMurdiana, Mustamin, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Pembina Liang Pada Pokok Bahasa Luas Segitiga Melalui PendekatanKontekstual, Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2014: 2 (2): 182-190.
Wahyuni, N.D, Amrul Bahar, Dewi Handayani, Perbandingan Hasil Belajar Kimia Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Think Talk Write ,Alotrop, 2017: 1(2) : 144-147.
Gafur, A., Penerapan Konsep Dan Prinsip Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching And Learning ) Dan Desain Pesan Dalam Pengembangan Pembelajaran Dan Bahan Ajar , Cakrawala Pendidikan, , 2003 : 22(3): 273-289.
Oviyanti, F., Inovasi Pembelajaran PAI Dengan Pengembangan Model Constructivism Pada Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah,TA’DIB, 2013: 18 (1): 107-134.
Wasis, Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Pembelajaran Sains-Fisika SMP, Cakrawala Pendidikan, 2006 : 25(1): 1-16.
Nababan, L.M., Zulkifli Matondang, Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning ) Terhadap Hasil Belajar Ilmu Bahan Bangunan Siswa Kelas X Program Keahlian Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 1 Lintongnihuta , Jurnal Educational Building, 2015: 1(2): 185-195,
Hamruni.,Konsep Dasar Dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual, Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2015: 12 (2): 177-187.
Agustina, D.A., Model Pembelajaran Untuk Mengenalkan Kewirausahaan Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah, Bangun Rekaprima, 2017 : 3(2) : 43-56.
Pramono, N.W.E., Pembelajaran Kontekstual dalam Membangkitkan Kepemimpinan transformative, Jurnal Penelitian, 2015 :9 (2): 233-254.
Hutabarat,A.D., Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri 084085 Sibolga , Jurnal LPPM UGN, 2017 : 7 (3): 28-37.
Sudibyo,T., Penerapan Metode Pembelajaran Kontekstual Berwawasan Sets Dalam Meningkatkan Peran Serta Dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X2 SMA Negeri Karangpandan Tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 2016: 26 (2): 24-36.
Zulaiha,S., Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Implementasinya Dalam Rencana Pembelajaran PAI MI, Belajea : Jurnal Pendidikan Islam, 2016: 1(1): 41-60.
Sihono, T., Contextual Teaching And Learning (CTL) Sebagai Model Pembelajaran Ekonomi Dalam KBK, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2004: 1(1): 63-83.
Hasnawati, Pendekatan Contextual Teaching and Learning Hubungannya Dengan Evaluasi Pembelajaran ,Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2006:3 (1): 53-62.
Witarto, Joko Widodo, Wasino, Pengembangan Bahan Ajar Pokok Bahasan Perencanaan Usaha Berbasis Contextual Teaching And Learning, Journal of Educational Social Studies (JESS), 2013 : 2 (1): 53-58.
Pukjiwati ,Upaya Meningkatkan Aktivitas Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Kelas IV SDN Sumur 03, Jurnal Refleksi Edukatika, 2017: 7 (2): 85-94.
Arikunto, Suharsini., 2010, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi 2010 Cetakan 14) Jakarta : PT RinekaCipta. ISBN 9789800000000
Puspitaningrum,D.K.T.,LindaPurnamasari, Analisis Prediktor Delisting Terbaik (Perbandingan Antara Model Zmijewski, Model Altman, Model Springate), Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 2016: 21(1): 38-47.
Husain, F.A., Survei Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Penjasorkes Pada Siswa Di Sekolah Dasar Sekecamatan Brangsong Kabupaten Kendal, Active , Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2014: 3(11): 1389-1395.
Sudirtha, I.G., Pengembangan Instrumen Asesmen Kinerja Dasar Tata Rias ,JPTK, Undiksha,2 014 : 11 (2) : 63 – 74.
Putra, Z.F.S., Mohammad Sholeh ,Naniek Widyastuti, Analisis Kualitas Layanan Website BTKP-DIY Menggunakan Metode WEBQUAL 4.0, Jurnal Jarkom, 2014 : 1 (2) : 174-184.
Sholihin , I.N., Mustafid , Diah Safitri, Analisis Faktor Konfirmatori Strategi Positioning Pasar Modern Indomaret (StudiKasus Wilayah Tembalang Kota Semarang), Jurnal Gaussian, 2014: 3 (3): 431 – 440.
Aristianto ,H., Musyawari Waluyo, Setya Rahayu, Kontribusi VO2 Maks , Panjang Tungkai Dan Power Otot Tungkai Terhadap Hasil Lari Sprint 100 Meter, , Journal of Sport Sciences and Fitness (JSSF), 2013: 2 (2): 40-46.
Rosyadi, I., Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar PKN, Journal of Elementary Education (JEE), 2013: 2 (2): 45-50.