PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENCARI PASANGAN DAN BERTUKAR PASANGAN DALAM KELOMPOK DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI IPA MAN 1 KOTA BENGKULU

Sella Aprianika(1), Amrul Bahar(2), Salastri Rohiat(3),
(1) Universitas Bengkulu, Indonesia
(2) Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


This study aims to determine differences in student learning outcomes using a model of learning make a match with a model partner switch the subject matter colloidal system class XI IPA MAN 1 Bengkulu City in the academic year 2017/2018. The research population of all classes XI IPA amounted to 4 classes with a total population of 151 students. The sampling of the research was done by normality test and homogeneity test before the study population. Obtained a sample of research that consists of 2 classes of class XI IPA 1 as an experimental class I that apply the model make a match and class XI IPA 2 as an experimental class II using a model parten switch. Student learning outcomes are seen from the postest score. Students' learning outcomes in the make a match class had an average of 82.714 while in the partner switch the average pair was 77.5. This shows that the model of make a match is more effectively used in the process of learning in class than the model of partner switch. From the t test-t test on both experiment classes is obtained tcount and ttable = 1.707> 1.666 (? = 0,05). The results show that H0 is rejected and Ha is accepted which means that there is a significant difference between the learning result of the students using make a match model and the learning model partner switch on the material of the colloidal system.


Full Text:

PDF

References


Muhardi, Kontribusi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Bangsa Indonesia, Mimbar, 2004: 20(4): 478-492.

Muhson, A., Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan, Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 2004: 2 (1): 90-98.

Medianty, S.U., Amrul Bahar, Elvinawati , Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMAN 1 Kota Bengkulu , Alotrop, 2018: 2(1): 58-65

Suhandi, A., Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Sains Di Sekolah Dasar, Gentala Pendidikan Dasar, 2017: 2(2): 1-17.

Hanafy, M.S., Konsep Belajar Dan Pembelajaran, Lentera Pendidikan, 2014: 17(1): 66-79.

Rozikin, S., Hermansyah Amir, Salastri Rohiat, Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang,Alotrop, 2018: 2(1): 78-81.

Simanjuntak , N,D,P, Salastri Rohiat, Elvinawati, Hubungan Antara Sarana Laboratorium Terhadap Ketrampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIPA 5 Di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu , Alotrop .2017: 1(2): 102-105.

Lestari, I.A, Hermansyah Amir, Salastri Rohiat Hubungan Persepsi Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Sekota Bengkulu Tahun Ajaran 2016/2017 Tentang Variasi Gaya Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Kimia, Alotrop, 2017:1(2): 113-116.

Gusti, N, Amrul Bahar, Dewi Handayani .Studi Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Media Chemical Domino Card Dan Flash Card , Alotrop .2017: 1(2): 85-88.

Ginting, S.M., Hermansyah Amir., Penerapan Model Pembelajaran Somatis, Auditori, Visual danIntelektual (SAVI) Berbantuan Media Komputer Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia Fisik II, Exacta,2012:10(1): 98-105

Wahyuni., N.D, Amrul Bahar, Dewi Handayani, Perbandingan Hasil Belajar Kimia Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Think Talk Write , Alotrop , 2017: 1(2) : 144-147

Sari, Y.A, Amrul Bahar, Salastri Rohiat., Studi Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Media Kartu Pintar Dan Kartu KemudiPintar, Alotrop .2017: 1(1): 44-48

Viani, D.S, Amrul Bahar, dan Elvinawati. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Chemopoly Game Dan Tournament Question Card. Alotrop . 2017: 1(1): 55-59

Nurhasanah, S., A. Sobandi., Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2016: 1(1): 128-135

Rahmayanti, V., Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Di Depok , Jurnal SAP , 2016: 1 (2): 206-216.

Elvinawati., Sumpono., Hermansyah Amir., Lessons Study Pada Mata Kuliah Kimia Sekolah I Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Pembangunan Karakter (Character Building), Exacta, 2012: 10(2): 156-159.

Wiwit., Hermansyah.Amir, Dody Dori Putra, Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dengan dan Tanpa Media Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Exacta, 2012: 10 (1) : 71-78

Rosita, I., Leonard., Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Jurnal Formatif , 2015: 3(1): 1-10.

Lestina, M., H. Mashudi, Okianna Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2014: 3 (3) : 1-10.

Marsantika , Muhammad Zulfajri., Efektivitas Peningkatan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Sistem Koloid dengan Menggunakan Model Pembelajaran Partner Switch, J.Edu. Kim, 2017 : 2(1), 72-78

Syofiana,N., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir.,Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match (MM) Dan Team Games Tournament (TGT) Pada Mata Pelajaran Kimia Di Kelas X IPA MAN 1 Kota Bengkulu, Alotrop, 2018 : 2(2): 122-131.

Zalyana., Perbandingan Konsep Belajar, Strategi Pembelajaran dan Peran Guru (Perspektif Behaviorisme dan Konstruktivisme), Jurnal Al-hikmah , 2016: 13(1): 71-81.

Amir,H., Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri Dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Bengkulu, Manajer Pendidikan, 2016: 10(4): 336-342.

Masdiyo, Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Pada Siswa Kelas SDN Batokerbuy 5 Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal Sportif, 2016: 2 (1): 59-64.

Novela, M, Amrul Bahar, Hermansyah Amir , Perbandingan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Index Card Match Dan Bamboo Dancing, Alotrop , 2017: 1(2) : 123-126.

Meilan, W., Salastri Rohiat,Hermansyah Amir. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Call Card Dan Truth And Dare , Alotrop. 2017: 1(1): 39-43.

Saputri,R.J., Sumpono,Rina Elvia.,

Perbandingan Hasil Dan Minat Belajar Kimia Siswa Kelas X IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Dan Talking Stick Pada Kurikulum 2013 Di SMAN 10 Kota Bengkulu, Alotrop, 2018: 2(2): 166-174.

Mutaqwiyati,I.,Nurhamidah, Hermansyah Amir, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based

Instruction (PBI) Dengan Menggunakan Media Audio -visual Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA N 09 Kota Bengkulu , Alotrop, 2018: 2(2): 184-190.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo. ISBN : 979-421-495-7

Ricardo, Rini Intansari Meilani., Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2017: 1(1): 79-92

Yunita, A., Salastri Rohiat, Hermansyah Amir , Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Kimia Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Kepahiang , Alotrop, 2018: 2(1): 33-38

Ismail, M.I., Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran , Lentera, 2010: 13(1): 44-63.

Faruqi, D., Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas, Evaluasi, 2018: 2(1): ,294-310.




DOI: https://doi.org/10.33369/atp.v3i1.9048

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Alotrop



Alotrop indexed by :

           

ALOTROP

Program Studi Pendidikan Kimia Gedung Dekanat FKIP UNIB Lantai 2
Jl WR Supratman Kandang Limun Bengkulu
Telp/Fax (0736) 21170
e-mail : alotrop.fkip@unib.ac.id

View My Stats