Main Article Content

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan Untuk melihat apakah ada pengaruh slogan kampanye pasangan calon terhadap persepsi para pemilih. Tipe penelitian ini merupakan tipe penelitian eksperimental ( experimental research ) dengan pendekatan kuantitatif . Metode pengumpulan data dilakukan melalui uji variabel bebas ( Variabel X ) dan varibel terikat ( Variabel Y ) untuk melihat pengaruh variabel X secara langsung terhadap variabel Y. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Universitas Muhamaddiyah dan Universitas Dehasen yang telah memenuhi syarat memilih serta berhak memilih. Sampling penelitian adalah Mahasiswa Komunikasi di dua Perguruan Tinggi Swasta di Kota Bengkulu, yaitu Universitas Muhammadiyah dan Universitas Dehasen. Hasil peneltian menunjukan bahwa: (1) tidak banyak yang mengetahui bunyi slogan kampanye pasangan calon walikota (2) Media yang paling banyak dikonsumsi oleh para responden adalah media Televisi dan media sosial. (3) Responden tidak begitu tertarik dengan Slogan Kampanye Pasangan Calon. (4) Slogan Kampanye yang bunyinya terlalu abstrak. (5) Responden dalam menentukan pilihannya pada pilwakot yang lalu tidak terlalu dipengruhi oleh Slogan Kampanye Pasangan Calon.

Keywords

Slogan Kampanye Persepsi Pemilih dalam Pemilu

Article Details

How to Cite
Marwan, A., & Hafizah, E. (2019). PENGARUH SLOGAN KAMPANYE PASANGAN KANDIDAT CALON WALIKOTA BENGKULU TERHADAP PERSEPSI PARA PEMILIH. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 3(1), 60–71. https://doi.org/10.33369/jkaganga.3.1.60-71

References

  1. Effendi, Sofian.2012.Metode Penelitian
  2. Survei.Jakarta:LP3ES
  3. Effendy, Onong Uchjana. 2009. Ilmu
  4. Komunikasi Teori dan Praktek.
  5. Cetakankedua puluh dua.
  6. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  7. Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi
  8. Suatu Pengantar. Bandung : PT
  9. Remaja Rosdakarya
  10. Mulyana, Deddy. 2011.Ilmu Komunikasi.
  11. Bandung: PT. Rosdakarya.
  12. Rakhmat, Jalaludin. 1998. Psikologi
  13. Komunikasi.Bandung : Remaja
  14. Rosda Karya.
  15. Singarimbun, Masri dan Sofyan Effendi,
  16. Metode Penelitian Survey.
  17. Jakarta: PT. Pustaka LP3ES.
  18. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
  19. Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
  20. Bandung: Alfabeta.CV
  21. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian
  22. Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
  23. Bandung : ALFABETA
  24. Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum.
  25. Bandung: Pustaka Setia.
  26. Walgito, Bimo. 1990. Pengantar Psikologi
  27. Umum. Yogyakarta: Andi Offset.