Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media sosial instagram @visitbengkulu sebagai media promosi pariwisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis deskriptif. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah followers dari akun instagram @visitbengkulu dengan 100 orang followers akun instagram @visitbengkulu sebagai responden yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teori yang digunakan adalah teori Computer Mediated Communication dari Sheizaf Rafaeli yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik penyebaran kuisioner. Teknik analisis data menggunakan bantuan pengukuran dengan skala likert, dan menggunakan rumus Linier sederhana, uji validitas, uji reliabilitas dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Instagram @visitbengkulu berpengaruh terhadap promosi pariwisata Provinsi Bengkulu. Penerapan Instagram @visitbengkulu itu sendiri cukup besar dapat dilihat dari jumlah followers-nya sebesar 68.800 meskipun belum sepenuhnya, dengan jumlah pengaruh sebesar 54,2%. Dan sisanya 45,8% dipengaruhi faktor-faktor lain.

Keywords

instagram promosi wisata teori Computer Mediated Communication

Article Details

How to Cite
Nurrahman, R., & Yuliati. (2019). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @VISITBENGKULU SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA PROVINSI BENGKULU. Jurnal Kaganga: Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 3(1), 24–35. https://doi.org/10.33369/jkaganga.3.1.24-35

References

  1. Andrew F. Wood & Mattew J. Smith. (2005). Online Communication : Linking Technology, Identity dan Culture. New Jersey : Lawrrence Erlbaum Associates Inc.
  2. Anggoro, M. Toha, dkk. 2007. Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Terbuka.
  3. Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2005. Komunikasi Massa suatu pengantar. Bandung : Simbiosa Rektama Media.
  4. Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta : Media Kita.
  5. Dewdney Andrew, Ride Peter. 2005. The New Media Handbook. New York : Routledge
  6. Efendy, Onong Uchjana. 1993. Dinamika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  7. Juju, Dominikus. Sulianta, Feri. 2010. Hitam Putih Facebook. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
  8. ------------------------------------------. 2010. Branding Promotion with Social Networking. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
  9. Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenanda Media Group : Jakarta.
  10. Littlejohn, Stephen W. Foss, Karen A. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta : Salemba Humanika.
  11. Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  12. --------------------. 2012. Komunikasi Antar Budaya: Di era Budaya Cyber. Jakarta : Kencana
  13. Nurudin, 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
  14. Severin, W. J dan Tankard, J. W. 2007. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode dan Terpaan di Dalam Media Massa. Jakarta : Kencana
  15. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.
  16. Suyanto, B. (2013). Sosiologi Ekonomi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
  17. Terry Flew. 2005. New Media an Introduction. Second Edition. New York : Oxford Univercity Press.
  18. Usman, Husaini. Akbar, Setiady purnomo. 2004. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : PT Bumi Aksara.
  19. Zarella, D. 2010. The social media marketing book. Jakarta : PT Serambi ilmu semesta anggota IKAPI. Jakarta.