EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @VISITBENGKULU SEBAGAI MEDIA PROMOSI PARIWISATA PROVINSI BENGKULU

Rolan Nurrahman(1), Yuliati Yuliati(2),
(1) , 
(2) , 

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media sosial instagram @visitbengkulu sebagai media promosi pariwisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis deskriptif. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah followers dari akun instagram @visitbengkulu dengan 100 orang followers akun instagram @visitbengkulu sebagai responden yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Teori yang digunakan adalah teori Computer Mediated Communication dari Sheizaf Rafaeli yang digunakan untuk menganalisis hasil penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik penyebaran kuisioner. Teknik analisis data menggunakan bantuan pengukuran dengan skala likert, dan menggunakan rumus Linier sederhana, uji validitas, uji reliabilitas dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa Instagram @visitbengkulu berpengaruh terhadap promosi pariwisata Provinsi Bengkulu. Penerapan Instagram @visitbengkulu itu sendiri cukup besar dapat dilihat dari jumlah followers-nya sebesar 68.800 meskipun belum sepenuhnya, dengan jumlah pengaruh sebesar 54,2%. Dan sisanya 45,8% dipengaruhi faktor-faktor lain.

Keywords


instagram, promosi wisata, teori Computer Mediated Communication

Full Text:

PDF

References


Andrew F. Wood & Mattew J. Smith. (2005). Online Communication : Linking Technology, Identity dan Culture. New Jersey : Lawrrence Erlbaum Associates Inc.

Anggoro, M. Toha, dkk. 2007. Metode Penelitian. Jakarta : Universitas Terbuka.

Ardianto, Elvinaro dan Lukiati Komala Erdinaya. 2005. Komunikasi Massa suatu pengantar. Bandung : Simbiosa Rektama Media.

Atmoko, Bambang Dwi. 2012. Instagram Handbook. Jakarta : Media Kita.

Dewdney Andrew, Ride Peter. 2005. The New Media Handbook. New York : Routledge

Efendy, Onong Uchjana. 1993. Dinamika Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Juju, Dominikus. Sulianta, Feri. 2010. Hitam Putih Facebook. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

------------------------------------------. 2010. Branding Promotion with Social Networking. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknis Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenanda Media Group : Jakarta.

Littlejohn, Stephen W. Foss, Karen A. 2011. Teori Komunikasi. Jakarta : Salemba Humanika.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

--------------------. 2012. Komunikasi Antar Budaya: Di era Budaya Cyber. Jakarta : Kencana

Nurudin, 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Severin, W. J dan Tankard, J. W. 2007. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode dan Terpaan di Dalam Media Massa. Jakarta : Kencana

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA.

Suyanto, B. (2013). Sosiologi Ekonomi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Terry Flew. 2005. New Media an Introduction. Second Edition. New York : Oxford Univercity Press.

Usman, Husaini. Akbar, Setiady purnomo. 2004. Metode Penelitian Sosial. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Zarella, D. 2010. The social media marketing book. Jakarta : PT Serambi ilmu semesta anggota IKAPI. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33369/jk.3.1.25-32

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rolan Nurrahman, Yuliati Yuliati

Statistik Jurnal KAGANGA View MyStat

Indeksasi :

 

Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Bengkulu
Jl. WR. Supratman, Kandang Limun, Bengkulu 38371
Tel / fax : (0736) 211 70 / 218 84 / (0736) 210 38
e-mail : jkaganga@unib.ac.id

Lokasi :