Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Model Problem Based Learning (PBL) di SMP

Authors

  • Elin Novita Sari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ristontowi Ristontowi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.11504

Keywords:

Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesignifikan antara pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 27 Seluma yang berjumlah 30 orang. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional, dalam penelitian ini istrumen yang digunakan berupa angket motivasi belajar dan lembar tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, analisis korelasi, analisis regresi sederhana dan persentase determinasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kretif matematis siswa dalam model pembelajaran problem based learning di Kelas VII SMP Negeri 27 Seluma.

References

Abdurrozak, R. 2016. Pengaruh Model PBL terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Vol. 1. Diambil dari: http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3580. Pada tanggal 25 september 2019.

Ali Hamza dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Aris Sohimin. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Eftafiyana. S,dkk.2018. Hubungan Antara Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa SMP Yang Menggunakan Pendekatan Creative Problem Solving. Vol 2. http://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/1070.

Fathurrohman, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: AR – RUZZ MEDIA.

Fitriarosa. N. 2016. Pengembangan Instrument Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa SMP. [online]. Vol 1 tahun 2016. http://repository.unikama.ac.id/840/30/243-250%20PENGEMBANGAN%20INSTRUMEN%20BERFIKIR%20KREATIF%20MATEMATIS%20UNTUK%20SISWA%20SMP.pdf.

Herawaty, D., Gede, W., Umam, K., Nugroho, Z., Anggoro, F. D., Dewarif, S., & Anggoro, T. (2020). Students ’ cognitive processes in understanding the application of derivatives. Annals of Mathematical Modeling, 2(1), 29–36.

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). The Ability To Solve Mathematical Problems Through Youtube Based Ethnomathematics Learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 1232–1237.

PERMENDIKBUD.2016. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republic Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standard Isi Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Rindi Antika. 2015. Pembelajaran matematika kontekstual untuk meningkatkan Literasi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMP. http://repository.upi.edu/21235/10/T_MTK_1302416_Appendix1.pdf.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu . Bandung : Rajawali Pers

Saputra, R., Dewarif, S., & Anggoro, T. (2020). The Influence of the Connected Mathematics Project ( CMP ) Model with an Ethnomatic Approach on Problem Solving Ability. Journal of Mathematics, Science, Technology and Education, 1(1), 21–25.

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Uno, H.B.s 2014. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widada, W., & Herawaty, D. (2017). Dekomposisi Genetik tentang Hambatan Mahasiswa dalam Menerapkan Sifat-sifat Turunan. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 136–151. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i2.9216

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The Scheme Characteristics for Students at the Level of Trans in Understanding Mathematics During Etno-Mathematics Learning. 3rd Asian Education Symposium, 8(Aes 2018). https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.95

Widada, W., Nugroho, K. U. Z., & Sari, W. (2018). The Ability of Mathematical Representation through Realistic Mathematics Learning Based on Ethnomathematics. Semin. Adv. Math. Sci. Eng. Elem. Sch. Mercur. Hotel Yogyakarta, 16.

Downloads

Published

2020-10-19

How to Cite

Sari, E. N., & Ristontowi, R. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa dalam Model Problem Based Learning (PBL) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 53–62. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.11504