Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Model Pembelajaran Everyday Mathematics dan Connected Mathematics Project

Authors

  • Ayu Ziana Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ristontowi Ristontowi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.11505

Keywords:

Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa, Model Pembelajaran Everday Mathematics, Connected Mathematics Project

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah aplikasi komunikasi matematika. Di SMP Negeri 1 Seluma, kegiatan pembelajaran matematika rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa masih tergolong rendah karena masih menggunakan pembelajaran konvensional. Oleh karena itu, guru perlu berinovasi menggunakan Everday Mathematics dan   Connected Mathematics Project . Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah ada perbedaan antara kemampuan komunikasi matematika siswa pada model Everday Mathematics , Connected Mathematics Projectdan konvensional. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2020. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seluma. Sampel penelitian ini dipilih secara acak dengan mengundi, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan Everday Mathematics , VIII D sebagai kelas eksperimen 2 dengan menggunakan Connected Mathematics Project, dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan tes komunikasi matematika. Data dianalisis dengan Anava. Berdasarkan hasil analisis ada perbedaan aplikasi komunikasi matematika siswa pada kelas eksperimen I, eksperimen 2 dan kontrol. Berdasarkan uji BNT (Beda Nyata Terkecil) perlakuan bahwa perlakuan yang memberikan hasil yang berbeda adalah perlakuan model Everday Mathematics dengan konvensional dan Connected Mathematics Project dengan konvensional. Sedangkan perlakuan   Everday Mathematics dan Connected Mathematics Project tidak memberikan hasil kemampuan komunikasi matematika siswa yang berbeda. Proyek Matematika Everday dan Matematika Terhubungmemberikan hasil yang lebih baik bila dibandingkan dengan konvensional.

References

Andriani, D., Widada, W., Herawaty, D., Ardy, H., Nugroho, K. U. Z., Ma’rifah, N., … Anggoro, A. F. D. (2020). Understanding the number concepts through learning Connected Mathematics (CM): A local cultural approach. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1055–1061. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080340

Brodie K. 2010. Teaching Mathematical Reasoning In Secondary School Classroom. New York : Springer.

Dewi. Dkk. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran CMP (CMP) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawan. Jurnal Pendidikan Matematika UNDIKSHA.

Herawaty, D, Gusri, S. A., Saputra, R., Liana, E., & Aliza, F. (2019). The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong The mathematics communication of students in learning based on ethnomathematics Rejang Lebong. Journal of Physics: Conference Series PAPER, 1318(012074), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012074

Herawaty, Dewi, Gede, W., Umam, K., Nugroho, Z., Anggoro, F. D., Dewarif, S., & Anggoro, T. (2020). Students ’ cognitive processes in understanding the application of derivatives. Annals of Mathematical Modeling, 2(1), 29–36.

Herawaty. D, Rusdi, & Efrida. E. 2016. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Matematika Realistik Dan Konflik Kognitif Siswa. Jambi: Artikel Dimuat Dalam Prosiding Jambi Internasional Seminar On Education 3-5 April 2016.

Kasiram. M. 2008. Metodelogi Penelitian. Malang: UIN-Malang Press.

Lappan, et al. 2002.Getting To Know Connected Mathematics: An Implementation Guide. Illionis: Prentice Hall.

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). The Ability To Solve Mathematical Problems Through Youtube Based Ethnomathematics Learning. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 1232–1237.

Pambudi, G.A. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Everyday Mathematics dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMAN 4 Seluma. Tesis. UNIB

Saputra, R., Dewarif, S., & Anggoro, T. (2020). The Influence of the Connected Mathematics Project ( CMP ) Model with an Ethnomatic Approach on Problem Solving Ability. Journal of Mathematics, Science, Technology and Education, 1(1), 21–25.

Syafriafdi, N., Fauzan, A., Arnawa, I. M., Anwar, S., & Widada, W. (2019). The Tools of Mathematics Learning Based on Realistic Mathematics Education Approach in Elementary School to Improve Math Abilities. Universal Journal of Educational Research, 7(7), 1532–1536. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.070707

Widada, W, Nugroho, K. U. Z., Sari, W. P., & Pambudi, G. A. (2019). The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics The ability of mathematical representation through realistic mathematics learning based on ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1318(012073), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1318/1/012073

Widada, W. Dkk. 2017. The Students' Mathematical Communication Ability in Learning Ethomathematics-Oriented Realistic Mathematics. International Journal of Science and Research (IJSR). Volume 7 Issue 9, September 2018 www.ijsr.net.

Widada, W., & Herawaty, D. (2017). Dekomposisi Genetik tentang Hambatan Mahasiswa dalam Menerapkan Sifat-sifat Turunan. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 136–151. https://doi.org/10.24815/jdm.v4i2.9216

Widada, W., Herawaty, D., Nugroho, K. U. Z., & Anggoro, A. F. D. (2019). The Scheme Characteristics for Students at the Level of Trans in Understanding Mathematics During Etno-Mathematics Learning. 3rd Asian Education Symposium, 8(Aes 2018). https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.95

Widada, W., Nugroho, K. U. Z., & Sari, W. (2018). The Ability of Mathematical Representation through Realistic Mathematics Learning Based on Ethnomathematics. Semin. Adv. Math. Sci. Eng. Elem. Sch. Mercur. Hotel Yogyakarta, 16.

Widada, W. (2002). Teori APOS sebagai suatu alat analisis dekomposisi genetik terhadap perkembangan konsep matematika seseorang. Journal of Indonesian Mathematicel Society (MIHMI), 8.

Widada, W. (2017). Beberapa Dekomposisi Genetik Siswa dalam Memahami Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(1), 44–54.

Published

2020-10-19

How to Cite

Ziana, A., & Ristontowi, R. (2020). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Pada Model Pembelajaran Everyday Mathematics dan Connected Mathematics Project. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 44–52. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.11505