Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Calon Guru Matematika Melalui Aplikasi E-Learning Zoom pada Mata Kuliah Microteaching di Universitas Bengkulu

Authors

  • Dita Yustika Septiyani Saleh Haji Program S-2 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu
  • Wahyu Widada

DOI:

https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.13063

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui metode pembelajaran Inkuiri dengan menggunakan aplikasi zoom pada mata kuliah micro-teaching di Universitas Bengkulu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah 10 orang mahasiswa semester VI Program Studi S-1 pendidikan matematika FKIP UNIB tahun akademik 2019/2020. Data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa meningkat setelah diberikan pembelajaran Inkuiri dengan aplikasi zoom. Pada pra siklus, nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis mahasiswa adalah 59,5 dengan kelulusan klasikal sebesar 40%. Pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 70,4 dengan kelulusan klasikal sebesar 70%. Meningkat lagi pada siklus II, yaitu nilai rata-rata menjadi 83,2 dengan kelulusan klasikal sebesar 100%.

References

Andriani, D., Widada, W., Herawaty, D., Ardy, H., Nugroho, K. U. Z., Ma’rifah, N., … Anggoro, A. F. D. (2020). Understanding the number concepts through learning Connected Mathematics (CM): A local cultural approach. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1055–1061. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080340

Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Guru SD, SLB, TK. Bandung : CV. Yrama Widya

Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/

Herawaty, D., Widada, W., Adhitya, A., Sari, R. D. W., & Novianita, L. (2020). Students ’ ability to simplify the concept of function through realistic mathematics learning with the ethnomathematics approach. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012031 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012031, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012031

http://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-pembelajaran-inkuiri-inquiry-learning/

http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/article/viewFile/1074/893

http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPBM/article/viewFile/5733/4187

http://repository.upi.edu/9304/4/t_mtk_0907715_chapter3.pdf

https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/5738/5104

Jumri, R., Widada, W., & Herawaty, D. (2018). Improving the Innovation of Mathematics Education Undergraduate through Cooperative Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(2), 2016–2019. https://doi.org/10.21275/ART201818

Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ratnaningsih, N. 2007. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi. UPI Bandung

Sanjaya, Wina. 2013. “Penelitian Pendidikan”. Prenada Media group. Jakarta.

Sugiyono.2012. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: Alfabeta

Widada, W., Efendi, S., Herawaty, D., & Nugroho, K. U. Z. (2020). The genetic decomposition of students about infinite series through the ethnomathematics of Bengkulu , Indonesia. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012078 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012078, 1470, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012078.

Downloads

Published

2020-10-27

How to Cite

Saleh Haji, D. Y. S., & Widada, W. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Calon Guru Matematika Melalui Aplikasi E-Learning Zoom pada Mata Kuliah Microteaching di Universitas Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 74–83. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.13063