Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Calon Guru Matematika Melalui Aplikasi E-Learning Zoom pada Mata Kuliah Microteaching di Universitas Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i3.13063Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa melalui metode pembelajaran Inkuiri dengan menggunakan aplikasi zoom pada mata kuliah micro-teaching di Universitas Bengkulu. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah 10 orang mahasiswa semester VI Program Studi S-1 pendidikan matematika FKIP UNIB tahun akademik 2019/2020. Data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa meningkat setelah diberikan pembelajaran Inkuiri dengan aplikasi zoom. Pada pra siklus, nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis mahasiswa adalah 59,5 dengan kelulusan klasikal sebesar 40%. Pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata menjadi 70,4 dengan kelulusan klasikal sebesar 70%. Meningkat lagi pada siklus II, yaitu nilai rata-rata menjadi 83,2 dengan kelulusan klasikal sebesar 100%.
References
Andriani, D., Widada, W., Herawaty, D., Ardy, H., Nugroho, K. U. Z., Ma’rifah, N., … Anggoro, A. F. D. (2020). Understanding the number concepts through learning Connected Mathematics (CM): A local cultural approach. Universal Journal of Educational Research, 8(3), 1055–1061. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080340
Aqib, Z., Jaiyaroh, S., Diniati, E., & Khotimah, K. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Guru SD, SLB, TK. Bandung : CV. Yrama Widya
Chandrawati, Sri Rahayu. 2010. Pemanfaatan E-learning dalam Pembelajaran. No 2 Vol. 8. http://jurnal.untan.ac.id/
Herawaty, D., Widada, W., Adhitya, A., Sari, R. D. W., & Novianita, L. (2020). Students ’ ability to simplify the concept of function through realistic mathematics learning with the ethnomathematics approach. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012031 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012031, 1470, 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012031
http://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-pembelajaran-inkuiri-inquiry-learning/
http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/prismasains/article/viewFile/1074/893
http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPBM/article/viewFile/5733/4187
http://repository.upi.edu/9304/4/t_mtk_0907715_chapter3.pdf
https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/viewFile/5738/5104
Jumri, R., Widada, W., & Herawaty, D. (2018). Improving the Innovation of Mathematics Education Undergraduate through Cooperative Learning. International Journal of Science and Research (IJSR), 7(2), 2016–2019. https://doi.org/10.21275/ART201818
Kunandar. (2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Ratnaningsih, N. 2007. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Serta Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. Disertasi. UPI Bandung
Sanjaya, Wina. 2013. “Penelitian Pendidikan”. Prenada Media group. Jakarta.
Sugiyono.2012. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: Alfabeta
Widada, W., Efendi, S., Herawaty, D., & Nugroho, K. U. Z. (2020). The genetic decomposition of students about infinite series through the ethnomathematics of Bengkulu , Indonesia. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 1470 (2020) 012078 Doi:10.1088/1742-6596/1470/1/012078, 1470, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012078.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia oleh https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International .