Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengkaji rasionalisasi para mahasiswa di Kota Denpasar yang terjun ke dunia wirausaha. Status mereka sebagai mahasiswa aktif yang masih berkuliah tentu memerlukan berbagai pertimbangan khusus (rasionalisasi) sebelum mereka memutuskan untuk berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan teori habitus Pierre Bourdieu, teori motif tindakan sosial Max Weber, serta teori pilihan rasional James Coleman. Melalui penelitian yang dilakukan terhadap tujuh belas informan, dilema atau hambatan rasional ditemui pada sembilan informan, sementara delapan informan cenderung memiliki rasionalisasi yang kuat dalam berwirausaha. Adapun motif tiga belas informan dalam berwirausaha terkategori dalam rasionalitas instrumental, tiga informan dalam kategori rasionalitas nilai, dan satu sisanya dalam kategori rasionalitas afeksi. Dari ketujuh belas informan penelitian, ditemui delapan informan penelitian yang menggunakan prinsip-prinsip pilihan rasional dalam mengoptimalkan kegiatan wirausaha di sela-sela kesibukan kuliahnya.
Kata Kunci : Wirausaha Muda, Rasionalisasi Usaha, Wirausaha Denpasar
Article Details
The Copyright noticeof the Jurnal Sosiologi Nusantara (JSN) is as follows :
The author who submits the manuscript must understand and agree that the copyrights published are held by Jurnal Sosiologi Nusantara. Copyright includes rights to reproduce, distribute and sell every part of journal articles in all forms and media. This is for download the copyright transfer form for signed by the corresponding author. All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
Jurnal Sosiologi Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Then, you are free to:
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format
- Adapt — remix, transform, and build upon the material
for any purpose, even commercially. The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
References
- Barthes, R. 2018. Mitologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
- Baswir, R. 2003. Pembangunan tanpa Perasaan: Evaluasi Pemenuhan Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya. Jakarta: ELSAM.
- Baudrillard, J.1994. Simulacra and Simulations (The Body in Theory: Histories of Cultural Matrealism). Michigan: University of Michigan Press.
- Don. 2019. Pemerintah terus Mendorong Munculnya Usahawan Muda. https://ekbis.sindonews.com/berita/1427552/34/pemerintah-terus-mendorong-munculnya-usahawan-muda. Diakses Maret 13, 2021.
- Endah, A. 2019. Ciputra The Enterpreneur: The Passion of My Life. Jakarta: Gramedia.
- Felder, A., Nugroho, W. B., & Gayatri, L. 2016. 1001 Dosa Orangtua pada Anak: Seri Revolusi Mental Pendidikan Keluarga Enterprenuership. Jakarta: Herya Media.
- Harker, R., Mahar, C., & Wilkes, C. 2005. (Habitus x Modal) + Ranah = Praktik, Pengantar Paling Komprehensif kepada Pemikiran Pierre Bourdieu. Yogyakarta: Jalasutra.
- Kemenparekraf. 2020. Kemenparekraf Mendorong Wirausaha Kuliner menjadi Food Startup. https://www.kemenparekraf.go.id/rumah-difabel/Kemenparekraf-Mendorong-Wirausaha-Kuliner-Menjadi-Food-Startup. Diakses pada Maret 13, 2021.
- Marcuse, H. 2016. Manusia Satu Dimensi. Yogyakarta: Narasi.
- Mubyarto Institute. 2016. Menuju Ekonomi Pancasila.
- Munib.2019. Pemerintah Stimulasi Jumlah Wirausaha Muda di Industri Kreatif. https://kemenperin.go.id/artikel/20882/Pemerintah-Stimulasi-Jumlah-Wirausaha-Muda-di-Industri-Kreatif. Diakses pada Maret 13, 2021
- Nugroho, W. B. 2019. Memahami Kembali Marx, Marxisme dan Perkembangannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Prasetyo, A. G. 2013. Hagemoni Kerja Imaterial sebagai Peluang Resistensi terhadap Kapitalisme dalam Perspektif Autonomia. Jurnal Filsafat Dan Teologi Diskursus STF Driyakara, 2(02), 217–252.
- Ritzer, G.2009. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Rajawali Pers.
- Shutt, H. 2005. Runtuhnya Kapitalisme. Jakarta Selatan: Teraju.
- Sianturi, E. R.2019. Berkenalan dengan 7 Stafsus Milenial Jokowi, Siapa Mereka?. https://www.cnbcindonesia.com/news/20191123175317-16-117487/berkenalan-dengan-7-stafsus-milenial-jokowi-siapa-mereka. Diakses Maret 13, 2021.
- Unud.2019. Gelar Festival Wirausaha, Unud Targetkan 117 Wirausaha Muda setiap tahun. https://www.unud.ac.id/in/berita2597-GELAR-FESTIVAL-WIRAUSAHA-UNUD-TARGETKAN-117-WIRAUSAHA-MUDA-SETIAP-TAHUN.html. Diakses Maret 13, 2021.
- Yuswohady.2014. Marketing to the Middle Class Muslim. Jakarta: Gramedia.
- Zeitlin, I. M. 1995. Memahami Kembali Sosiologi: Kritik terhadap Teori Sosiologi Kontemporer. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
References
Barthes, R. 2018. Mitologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Baswir, R. 2003. Pembangunan tanpa Perasaan: Evaluasi Pemenuhan Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya. Jakarta: ELSAM.
Baudrillard, J.1994. Simulacra and Simulations (The Body in Theory: Histories of Cultural Matrealism). Michigan: University of Michigan Press.
Don. 2019. Pemerintah terus Mendorong Munculnya Usahawan Muda. https://ekbis.sindonews.com/berita/1427552/34/pemerintah-terus-mendorong-munculnya-usahawan-muda. Diakses Maret 13, 2021.
Endah, A. 2019. Ciputra The Enterpreneur: The Passion of My Life. Jakarta: Gramedia.
Felder, A., Nugroho, W. B., & Gayatri, L. 2016. 1001 Dosa Orangtua pada Anak: Seri Revolusi Mental Pendidikan Keluarga Enterprenuership. Jakarta: Herya Media.
Harker, R., Mahar, C., & Wilkes, C. 2005. (Habitus x Modal) + Ranah = Praktik, Pengantar Paling Komprehensif kepada Pemikiran Pierre Bourdieu. Yogyakarta: Jalasutra.
Kemenparekraf. 2020. Kemenparekraf Mendorong Wirausaha Kuliner menjadi Food Startup. https://www.kemenparekraf.go.id/rumah-difabel/Kemenparekraf-Mendorong-Wirausaha-Kuliner-Menjadi-Food-Startup. Diakses pada Maret 13, 2021.
Marcuse, H. 2016. Manusia Satu Dimensi. Yogyakarta: Narasi.
Mubyarto Institute. 2016. Menuju Ekonomi Pancasila.
Munib.2019. Pemerintah Stimulasi Jumlah Wirausaha Muda di Industri Kreatif. https://kemenperin.go.id/artikel/20882/Pemerintah-Stimulasi-Jumlah-Wirausaha-Muda-di-Industri-Kreatif. Diakses pada Maret 13, 2021
Nugroho, W. B. 2019. Memahami Kembali Marx, Marxisme dan Perkembangannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prasetyo, A. G. 2013. Hagemoni Kerja Imaterial sebagai Peluang Resistensi terhadap Kapitalisme dalam Perspektif Autonomia. Jurnal Filsafat Dan Teologi Diskursus STF Driyakara, 2(02), 217–252.
Ritzer, G.2009. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Rajawali Pers.
Shutt, H. 2005. Runtuhnya Kapitalisme. Jakarta Selatan: Teraju.
Sianturi, E. R.2019. Berkenalan dengan 7 Stafsus Milenial Jokowi, Siapa Mereka?. https://www.cnbcindonesia.com/news/20191123175317-16-117487/berkenalan-dengan-7-stafsus-milenial-jokowi-siapa-mereka. Diakses Maret 13, 2021.
Unud.2019. Gelar Festival Wirausaha, Unud Targetkan 117 Wirausaha Muda setiap tahun. https://www.unud.ac.id/in/berita2597-GELAR-FESTIVAL-WIRAUSAHA-UNUD-TARGETKAN-117-WIRAUSAHA-MUDA-SETIAP-TAHUN.html. Diakses Maret 13, 2021.
Yuswohady.2014. Marketing to the Middle Class Muslim. Jakarta: Gramedia.
Zeitlin, I. M. 1995. Memahami Kembali Sosiologi: Kritik terhadap Teori Sosiologi Kontemporer. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.