Main Article Content

Abstract

Fokus penelitian ini adalah pengkajian mengenai kepuasan mahasiswa terhadap layanan pendidikan dan kemahasiswaan Jurusan Sosiologi. Penelitian ditujukan kepada mahasiswa Sosiologi aktif. Mereka diminta untuk menilai bagaimana layanan pendidikan Jurusan Sosiologi baik pada dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola jurusan yang meliputi : keandalan, daya tanggap, kepastian/jaminan, empati dan kecukupan fasilitas serta aksesibilitas. Pendekatan yang digunakan dalam  penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi seluruh mahasiswa aktif angkatan 2012-2019 yang berkuliah di Jurusan Sosiologi Universitas  Bengkulu yang berjumlah 336 Mahasiswa. Berdasarkan jumlah populasi, maka jumlah sampel dalam penelitian ini jika ditentukan berdasarkan tabel yang dikembangkan oleh Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 5% adalah sebesar 172 sampel. Hasil hitung nilai rata-rata variabel aspek terkait layanan pendidikan Jurusan Sosiologi kepada pengguna (mahasiswa) pada kategori bagus. Aspek –aspek tersebut adalah : Keandalan, meliputi : Kemampuan dosen sebagai pengajar, nilai mean 6,56 = bagus), Kemampuan dosen sebagai pembimbing akademik, nilai mean 6,27 = bagus), Kemampuan dosen sebagai pembimbing penyusunan skripsi, nilai mean 6,26 = bagus) Keandalan staf, nilai mean 6,62 = bagus Keandalan pengelola jurusan, nilai mean = 6,96 Daya tanggap, nilai mean 6,80 = bagus. Kepastian, nilai mean 6,65 = bagus Empati, nilai mean 7,12 = bagus. Tangible, nilai mean 6,70 = bagus. Berdasarkan hasil hitung nilai rata-rata variabel pada poin 1 yang keseluruhannya pada kategori penilaian bagus serta  penilaian responden yang mayoritas sangat baik terhadap semua pernyataan yang berkaitan dengan kepuasan pengguna terhadap layanan yang diberikan institusi, maka dapat disimpulkan bahwa mahasiswa merasa puas dengan layanan pendidikan yang diberikan oleh Jurusan Sosiologi

Kata Kunci: Kepuasan Mahasiswa, Layanan, Pendidikan

 

                 

Article Details

Author Biographies

Diyas Widiyarti, Jurusan Sosiologi, Universitas Bengkulu

UNIVERSITAS BENGKULU

Heni Nopianti, Jurusan Sosiologi, Universitas Bengkulu

UNIVERSITAS BENGKULU
How to Cite
Widiyarti, D., Nopianti, H., & Himawati, I. P. (2021). KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN PENDIDIKAN JURUSAN SOSIOLOGI. Jurnal Sosiologi Nusantara, 7(2), 311–330. https://doi.org/10.33369/jsn.7.2.311-330

References

  1. Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : PT Gelora Aksara Pratama.
  2. Ilyas . 2014. Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Dosen Pendidikan Agama Islam (Penelitian Pada Mahasiswa Semester II Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPP/article/view/5700
  3. Islamy, M. A., Wahyudin, D., & Margana, H. H. (2016). Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Tentang Kualitas Layanan Perpustakaan Dengan Menggunakan Metode Libqual+ (Studi Deskriptif Di Perpustakaan Pusat Institut Teknologi Bandung). Edulib, 1(1), 1–11. http://eprints.rclis.org/2/antologijurnal_Mabdillah_1206396_edulb.pdf
  4. Mardikawati, woro dan Naili Farida. 2013. “Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan, Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Pelanggan Bus Efisiensi Studi Po Efisiensi Jurusan Yogyakarta-Cilacap)”, Jurnal Administrasi Bisnis, (Vol. 2, No. 1, Maret/2013)
  5. Nafidah, N. 2015. Pengaruh kinerja pustakawan terhadap kepuasan pemustaka pada perpustakaan universitas indonesia. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  6. Parasuraman, A., Zeithaml V. A., dan Berry L. L. 1994. “Servqual: Alternative Scales for Measuring Service Quality?AComparative Assessment Based on Psychometric and Diagnostic Criteria.” Journal of Retailing, Vol. 70, No. 1, hal. 193-199.
  7. Rahayuningsih, F. 2015. Mengukur Kepuasan Pemustaka : Menggunakan Metode Libqual (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu
  8. Silalahi, Ulber . 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung : PT Refika Aditama
  9. Sopiatin, Popi. 2010. Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Ghalia
  10. Sudirman, Rio. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa dan Citra Perguruan Tinggi. Diperoleh dari http://untag-banyuwangi.ac.id/attachments/article/347/ANALISIS%20%20 PENGARUH%20%20KUALITAS%20 PELAYANAN%20TERHADAP%20 KEPUASAN%20.pdf.
  11. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RD. Bandung : Alfabeta
  12. Sukanti. 2009. Analisis Kepuasan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fise Uny. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VIII. No. 1 – Tahun 2009 Hal 23 – 34