Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan disfungsi keluarga pada pendidikan formal anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian adalah para orang tua yang memiliki anak usia sekolah kelas 2,3, dan 4 Sekolah Dasar dengan umur berkisar 8-10 tahun. Informan penelitian berdasarkan sumber data yang dimintai informasinya sesuai dengan masalah penelitian. Data dianalisis secara kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian menghasilkan kesimpulan yakni penyebab terjadinya disfungsi keluarga sebagai kelompok sosial di mana terjadi kekacauan peran dan fungsi antar anggota keluarga yaitu pada pendidikan formal anak dikarenakan kesibukan orang tua dalam bekerja, kurangnya pengetahuan orang tua tentang pendidikan, dan rendahnya pendidikan orang tua. Sehingga anak menjadi malas, ketinggalan pelajaran di sekolah dan sering tidak naik kelas.

 

Kata Kunci : Disfungsi, Keluarga, dan Pendidikan

Article Details

How to Cite
Talopo, R., Pribadi, H., & Topan, A. (2019). DISFUNGSI KELUARGA DALAM PENDIDIKAN FORMAL ANAK (Studi Kasus Desa Durian Mas Kecamatan Kota Padang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu). Jurnal Sosiologi Nusantara, 4(1), 10–19. https://doi.org/10.33369/jsn.4.1.10-19