PERAN KELOMPOK USAHA GEROBAK BARANG BEKAS (KUGERBAS) DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS ANGGOTA : (Studi Kasus di Kelurahan Jalan Gedang, Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu)

Liyah Syari Khalifah(1), Hajar G Pramudyasmono(2), Asep Topan(3),
(1) , Indonesia
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu, Indonesia
(3) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bengkulu, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kelompok usaha gerobak barang bekas (Kugerbas) sebagai pengorganisir usaha gerobak barang bekas yang dijalankan anggota Kugerbas. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Jalan gedang, Kecamatan Gading Cempaka, karena Kugerbas di wilayah ini merupakan perintis terbentuknya Kugerbas di Kota Bengkulu dan daerah tersebut merupakan sekretariat Kugerbas. Kugerbas memiliki peran kelompok dengan kegiatan-kegiatan seperti simpan pinjam, arisan, pengajian, gotong royong dalam membangun solidaritas anggota dan untuk membantu anggota dalam meningkatkan status sosial dalam masyarakat atau menghilangkan pandangan negatif masyarakat terhadap para pengumpul barang bekas, terutama para anggota Kugerbas, serta dalam meningkatkan ekonomi anggota.

Pemilihan informan dilakukan berdasarkan teknik purposive sampling. Informan penelitian ini adalah pengurus sekaligus pendiri kelompok usaha gerobak barang bekas dan anggota Kugerbas berjumlah sembilan orang. Masing-masing anggota Kugerbas tinggal dalam satu wilayah, di Gang Rawa Indah, sehingga dalam menyimpan atau menyortir barang bekas, mereka kumpulkan dalam satu tempat penyimpanan, yang mereka sebut gudang bersama. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi, yang telah dilaksanakan kurang lebih selama satu tahun. Kugerbas merupakan jenis Kelompok dengan Solidaritas Mekanik, tetapi temuan di lapangan Kugerbas juga merupakan kelompok dengan Solidaritas Organik, jadi kelompok tersebut merupakan kelompok dengan istilah Kuasi Organik (Soldaritas Organik semu) karena mereka merupakan kelompok Jenis Solidaritas Mekanik yang memiliki kesadaran Kolektif, akan tetapi mereka juga menggunakan Struktur atau Solidaritas Organik sebagai formalitas kelompok untuk mendapat pengakuan sebagai organisasi. Peran Kugerbas dalam meningkatkan status sosial anggota dan membangun solidaritas anggota adalah dengan memperhatikan kohesi/persatuan pada kelompok, motif atau dorongan anggota untuk tetap bertahan dalam kelompok, struktur keanggotaan Kugerbas, kepemimpinan dalam kelompok serta perkembangan kelompok usaha gerobak barang bekas.

 

Kata Kunci: Peran Kelompok, Kelompok Usaha Gerobak Barang Bekas(KUGERBAS),

       Solidaritas Sosial


Full Text:

PDF

References


Soemarwoto, Otto.2001. Pengelolaan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: University Press.

Utami, Wani Sri. 2015. Solidaritas Kelompok Waria. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.

Yuslindawati. 2015. Solidaritas Masyarakat Pasemah dalam Tradisi Pantauan (Mangkal Luae) di Kedurang. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu




DOI: https://doi.org/10.33369/jsn.3.1.12-18

Article Metrics

 Abstract Views : 0 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Liyah Syari Khalifah, Hajar G Pramudyasmono, Asep Topan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Location of Jurnal Sosiologi Nusantara Secretariat:

Department of Sociology, Faculty of Politic And Social Science, University of Bengkulu, Indonesia

Jalan WR Supratman No 38 A, Kandang Limun, Bengkulu, Kode Pos 38371 A, Indonesia

      

 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.