Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menggali lebih dalam keputusan orang tua menyekolahkan anaknya di TKIT Auladuna Kota Bengkulu. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi dan menambah wawasan berkaitan dengan keputusan orang tua dalam memilih TKIT Auladuna sebagai pendidikan prasekolah bagi anaknya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data diperoleh secara primer dan sekunder. Informan dalam penelitian ini adalah orangtua yang menyekolahkan anaknya di TKIT Auladuna Kota Bengkulu. Teknik analisa data dilakukan dengan menggunakan teknik analisa data secara deskriptif kualitatif. Diputuskannya TKIT Auladuna karena dipengaruhi oleh lingkungan di dalam keluarga, keselarasan visi dan misi sekolah dengan harapan orang tua, pertimbangan jarak dan biaya, pertimbangan kualitas yang dimiliki oleh sekolah, kesibukan orang tua di luar rumah, serta kesepakatan di dalam rumah. Hasil belajar yang ditunjukkan anak adalah berupa pembiasaan kehidupan sehari-hari dengan nilai-nilai agama. Seperti halnya anak sudah mulai menjalankan sholat Jumat berjamaah, sudah mulai bersikap mandiri di dalam rumah, sudah mampu menjalankan kewajibannya untuk berpuasa, mempengaruhi orang tua terhadap perilaku baik yang sesuai dengan anjuran agama, dan lain sebagainya.

 

Kata Kunci: Keputusan Orang tua, TKIT Auladuna, Pendidikan Prasekolah.

Article Details

How to Cite
Lestari, S. P., Sunaryanto, H., & Nopianti, H. (2019). KEPUTUSAN DALAM MEMILIH TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU DARI PERSPEKTIF ORANG TUA (Studi pada Orang Tua yang Menyekolahkan Anaknya di TKIT Auladuna, Kota Bengkulu). Jurnal Sosiologi Nusantara, 3(1), 19–36. https://doi.org/10.33369/jsn.3.1.19-36

References

  1. Harian Rakyat Bengkulu, 22 Februari 2015. Artikel “Orang Tua Sibuk Kirim Anak ke Pesantren dan Sekolah IT”.
  2. Suhartini. 2012. Studi Keberagaman dari Masa ke Masa. Jurnal Sosiologi Islam 2(1) April 2012.
  3. Sutarmin Seniati, Darmiati Zuchdi, Partini Siti Suardiman. Penanaman Nilai-Nilai Dasar Humanis Religius Anak Usia Dini Keluarga Perkotaan Di TK Islam Terpadu. Jurnal Pembangunan Pendidikan 2(2). FKIP Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa dan Universitas Negeri Yogyakarta. 2014.
  4. Utami, Sri Wani. 2015. Solidaritas Kelompok Waria. Skripsi. Bengkulu: Universitas Bengkulu.