Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami peran peergroup dalam membentuk perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, dan untuk memahami perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisis pemasalahan penelitian ini adalah teori cermin diri dari Charles Horton Cooley, yang menjelaskan bahwa seseorang bertindak berdasarkan penilaian atau persepsi orang lain. Dari penelitian ini diketahui bahwa latar belakang terbentuknya peer group yakni adanya perkembangan proses sosialisasi, kebutuhan untuk menerima penghargaan dari lingkungannya, dan kesamaan hobi. Peran yang ada di dalam peer group mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya sebagai konformitas, yaitu meniru tindakan teman di dalam kelompoknya. Perilaku konsumtif yang dilakukan oleh mahasiswa yakni dengan menggunakan barang-barang bermerek untuk dapat menunjang status dan gaya hidup mereka. Perilaku konsumtifnya ditunjukkan dengan beberapa hal berikut : a) membeli barang bermerek hanya untuk kesenangan; b) membeli barang bermerek untuk bersaing dalam hal penampilan; c) penggunaan barang bermerek untuk menunjang rasa percaya diri; d) membeli barang-barang bermerek di luar kebutuhan (boros).

 

Kata Kunci : Peer Group Mahasiswa, Perilaku Konsumtif,  Teori Cermin Diri

 

Article Details

Author Biographies

Jhulia Destisya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya

Yoyok Hendarso, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya

Yusnaini Yusnaini, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya
How to Cite
Destisya, J., Hendarso, Y., & Yusnaini, Y. (2019). PERAN PEER GROUP DALAM MEMBENTUK PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI, UNIVERSITAS SRIWIJAYA. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(2), 126–139. https://doi.org/10.33369/jsn.5.2.126-139

References

  1. Bagong, Suyanto. 2013. Sosiologi Ekonomi Kapitalisme dan Konsumsi di Era Masyarakat Post-Modenisme.
  2. Baron, Robert A., Byrne, Donn. 2005. Psikologi Sosial Edisi 10. Jakarta: Erlangga
  3. Bugin, Burhan. 2010. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
  4. Bugin, Burhan. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja GrafindoPersada.
  5. Creswell, John W. 2012. Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Damsar. 1997.Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Rajawali Press.
  7. Damsar. 2002. Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  8. Forum HEDS. 2007. Bidang Ilmu Sosiologi. Jakarta: Forum HEDS.
  9. Gerungan, W A. 2010. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
  10. Henslin, James M. 2007. Sosiologi Dengan Pendekatan Membumi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  11. Hurlock, Elisabeth B. 2001. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
  12. Lury, Celia. 2001. Budaya Konsumen. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
  13. Mappiare, A. 1982.Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.
  14. Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
  15. Purnama, Dadang H. 2004. Modul Ajar Metode Penelitian Kualitatif. Palembang: Jurusan Sosiologi Universitas Sriwijaya.
  16. Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi Dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  17. Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  18. Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  19. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  20. Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualiitatif. Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  21. Tambunan, R. 2001. Remaja dan Perilaku Konsumtif. Jakarta: Raja Grafindo.
  22. Usman, Husainidan Akbar, S. Purnomo. 2008. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta:BumiAksara.
  23. Sofianita, Sania dan Harti. 2013. Pengaruh Teman Sebaya (Peer Group) Terhadap Imitation Behavior Pembelian Aksesoris pada Remaja (Studi Pada Siswi SMA Negeri 11 Surabaya.Jurnal. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. (Diakses pada tanggal 5 Mei 2016).
  24. Tresna, Trigita Ardikawati Java. 2013.Perilaku Konsumtif Di Kalangan Mahasiswa FIS UNY Pada Klinik Kecantikan”.Jurnal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. (Diakses pada tanggal 5 Mei 2016).
  25. Wahyudi. 2013. Tinjauan Tentang Perilaku Konsumtif Remaja Pengunjung Mall Central Plaza Samarinda. Jurnal Sosiologi. Samarinda: Universitas Mulawarman. (Diakses pada tanggal 5 Mei 2016).
  26. www.kompasiana.com Diakses pada tanggal 9 April 2017
  27. Zaldiansyah, M. 2005. Hubungan antara Beberapa Karakteristik Kelompok Teman Sebaya denga Motivasi Belajar Siswa Kelas dua SMA Karya Sejati.Jurnal. Palembang: STIPSI Widya Dharma. (Diakses pada tanggal 5 Mei 2016).