Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional III Palembang sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang transportasi darat. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk menganalisis pengaruh motivasi diri terhadap pengambilan keputusan pegawai dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (2) untuk menganalisis pengaruh pemberian beasiswa terhadap pengambilan keputusan pegawai dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, (3) untuk menganalisis pengaruh motivasi diri dan pemberian beasiswa terhadap pengambilan keputusan pegawai dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Analisis data dilakukan dengan pengujian hipotesis dengan analisis regresi berganda yaitu uji t dan uji f untuk melihat besarnya pengaruh variabel  dan terhadap variabel Y baik secara parsial maupun secara simultan. Responden dalam penelitian ini terdiri atas 100 orang pegawai yang sedang melanjutkan dan telah selesai melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah : (1) variabel motivasi diri berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pegawai dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 < ? (0,05) dan memberikan pengaruh sebesar 32% terhadap variabel Y, (2) variabel pemberian beasiswa berpengaruh terhadap variabel pengambilan keputusan pegawai dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,025 < ? (0,05) dan memberikan pengaruh sebesar 10,2 % terhadap variabel Y, (3) variabel  dan  berpengaruh terhadap variabel Y, hasil ini ditunjukkan dengan signifikansi sebesar 0.000 <  (0,05) dan memberikan pengaruh sebesar 42.2 % terhadap variabel Y.

Kata Kunci: Motivasi Diri, Pemberian Beasiswa, Pengambilan Keputusan Pegawai

Article Details

Author Biographies

Adetia Wulindari, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya

Yoyok Hendarso, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya

Yunindyawati Yunindyawati, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sriwijaya
How to Cite
Wulindari, A., Hendarso, Y., & Yunindyawati, Y. (2019). PENGARUH MOTIVASI DAN PEMBERIAN BEASISWA TERHADAP KEPUTUSAN PEGAWAI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(2), 140–156. https://doi.org/10.33369/jsn.5.2.140-156

References

  1. Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
  2. Idi, Abdullah dan Safarina. 2011. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
  3. Wiyani, Novan Ardi.(2013).Desain Pembelajaran Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruz Media.
  4. Martono, Nanang. 2012. Sosiologi Perubahan Sosial:Perspektif Klasik, Modern, Posmodern dan Poskolonial. Jakarta:Rajawali Pers.
  5. Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara.