Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran dengan model Problem Solving Fisika (PSF) terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas X MIA di SMAN 4 Kaur. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design untuk meneliti pengaruh model PSF terhadap prestasi belajar dan one group pretest posttest design untuk meneliti pengaruh model PSF terhadap kemampuan berpikir kritis. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X MIA 1 berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan tes prestasi belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan analisis data menggunakan uji-T dua sampel independen menunjukkan bahwa 1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model PSF terhadap prestasi belajar dengan nilai < yaitu (1,23< 2,00), dengan effect size sebesar 0,32 yang berada dalam kategori rendah.  2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model PSF terhadap kemampuan berpikir kritis diketahui dengan adanya selisih antara skor rata-rata posttest dengan skor rata-rata pretest  sebesar 36,78, dengan effect size sebesar 3,21, yang berada dalam kategori kuat. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan model Problem Solving Fisika terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 4 Kaur dan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 4 Kaur. 

 

Kata Kunci: Model Problem Solving Fisika, prestasi belajar, Kemampuan Berpikir Kritis

 

ABSTRACT

This study aimed to examine the effect of learning used the Problem Solving Fisika (PSF) learning Model on the learning achievement and critical thinking Skills of students of SMAN 4 Kaur. This research used nonequivalent control group design to examine the effect of the PSF learning model on learning achievement and one group pretest posttest design to examine the effect of the PSF learning model on Critical Thinking Skills. Samples in this research were taken by using purposive sampling. Data analysis which used the T-test two independent samples showed that 1) there was no significant effect of learning with the PSF learning model on the learning achievement with a value that was tcount<ttable (1.23 <2.00), with effect size of 0,31 which were in the low category. 2) there was a significant effect of learning with the PSF model on critical thinking skills known by the difference between the average Posttest score and average Pretest score (O2-O1) of 36,78, with effect size of 3,21, meant that the Problem Solving Fisika learning model had an effect of  98% and was in the High category. The conclusion of this study shows that there is no significant effect of learning using the Problem Solving Fisika learning model on the learning achievement and a significant effect of learning using the Problem Solving Fisika learning model on thecritical thinking skills.

Keywords: Model Problem Solving fisika, learning achievements, critical thinking ability

Article Details

How to Cite
Angellena, M., Switoro, E., & Putri, D. H. (2020). PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA (PSF) TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 83–90. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.83-90

References

  1. Sabar Budi Raharjo. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. J Pendidik dan Kebud. 2010;16(3):229–38.
  2. Sinambela. kurikulum 2013 , guru , siswa , afektif , psikomotorik , kognitif. 2013;17–29.
  3. Sunarti, Rahmawati. Penelitian Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: , C.V Andi Offset; 2014.
  4. P SMPNST, Syahputri R. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII. J Inpafi. 2014;2(4):1–9.
  5. Warimun. Pengembangan Kemampuan Problem Solving Melalui Pembelajaran Topik Optika Fisis Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Pros Semirata BKS-PTN MIPA 2012. 2012;4:389–393.
  6. Veronica T, Swistoro E, Hamdani D. Pengaruh Pembelajaran dengan Model Problem Solving Fisika terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Lebong. J kumparan Fis. 2018;1:31–9.
  7. Handayani MW, Swistoro E, Risdianto E. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Fisika terhadap Kemampuan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu. J kumparan Fis. 2018;1:36–44.
  8. Warimun. Pengembangan Kemampuan Problem Solving melalui Pembelajaran Topik Optika Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. In: disertasi. bandung: tidak di terbitkan; 2010.
  9. Sijabat, Motlan, Derlina. Pengaruh Model Pembelajaran Model Problem Solving Dan Pemahaman Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. J Pendidik Fis. 2010;(20):1–12.
  10. Yeni L, Eko S, Andik P. Pengaruh Pembelajaran dengan Model Problem Solving Fisika terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Lebong. J kumparan Fis. 2019;1:31–9.
  11. Haryani D, Palangkaraya U. PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PEMECAHAN MASALAH. Pros Semin Nas penelitian, Pendidik dan penerapan MIPA Univ negeri Yogyakarta. 2011;121–6.
  12. Jihad, Haris. evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Multi Presindo; 2012.
  13. Sugiono. metode peneltian pendidikan. bandung: Alfabeta; 2010.
  14. Sugiono. metode penelitian pendidikan. bandung: alfabeta; 2012.
  15. Syahputri R. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIPISPIS T.P. 2012/2013. J Inpafi. 2014;1–9.
  16. Arthur L, Costa AL. Revised Edition , Volume 1 Edited by. alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development; 1991.
  17. Warimun, Murwaningsih. Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. J Pendidik Mat Dan Sains. 2013;11:26–8.